Pengertian, Ciri dan Macam Akhlakul Karimah Dalam Islam

Macam Akhlakul Karimah – Sebelum membahas tentang Ciri, Contoh dan Macam Macam Akhlakul Karimah secara lebih lengkap dan detail, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu tentang Definisi Akhlakul Karimah didalam Ajaran Islam. Adapun untuk Pengertian Akhlakul Karimah sendiri adalah Budi Pekerti, Akhlak dan Tingkah Laku (Tabiat) yang terpuji, baik dan mulia sesuai dengan Ajaran Islam yang seharusnya dimiliki oleh setiap Muslim dan Muslimah.

Oleh sebab itu kalian sebagai seorang Muslim sangatlah baik sekali untuk Berakhlak Karimah karena salah seorang Penyair yang berasal dari Arab bernama Syauqi pernah mengatakan bahwa ” suatu Bangsa, Negara dan Agama akan berjaya bila Warga dan Umatnya terdiri dari Orang – Orang yang mempunyai Akhlak Mulia (Luhur) dan sebaliknya jika suatu Negara atau Agama bila Warga Negara dan Umatnya mempunyai Akhlak yang Buruk maka Runtuhlah Bangsa dan Agama tersebut ”.

Adapun untuk Dasar – Dasar Berakhlakul Karimah bisa kalian pelajari dan lihat didalam Kitab Suci Al Qur’an dan As Sunnah Nabi Muhammad SAW karena apa yang baik menurut As Sunnah dan Al Qur’an maka itulah yang baik dan menjadi pegangan didalam Kehidupan Sehari – Hari, sebaliknya jika apa yang Buruk menurut As Sunnah dan Al Qur’an maka itu tidak baik dan harus dijauhi. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Qalam Ayat 4 berbunyi, ” Dan sesungguhnya kamu (Nabi Muhammad SAW) benar – benar berbudi pekerti yang Agung (QS. Al Qalam Ayat : 4) ”.

Ciri, Contoh dan Macam – Macam Akhlakul Karimah

 macam - macam akhlakul karimah dalam islam

Ciri – Ciri Akhlakul Karimah dan Perilaku Yang Mencerminkan Akhlakul Karimah didalam Ajaran Islam antara lain berusaha untuk tetap bersikap adil baik dalam kondisi Senang dan Susah baik terhadap Diri Sendiri maupun ke Orang Lain, Menjaga Shalat karena Shalat dapat menghalangi dari Sifat – Sifat Tercela dan Hina, Menjaga Adab Berbicara kepada orang lain seperti jangan memotong pembicaraannya sebelum selesai dan mendustakan ataupun meremehkan ucapan orang lain.

Lalu Ciri Perilaku Akhlak Karimah selanjutnya ialah dengan membaca Kita Suci Al Qur’an dan Merenungkan Isi Kandungnya karena Al Qur’an mengandung petunjuk dan cahaya,  senantiasa menyimpan Rasa Malu karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda didalam Hadist Shahih Ibnu Majah bahwa ” Rasa Malu ialah Cabang dari Keimanan (HR. Ibnu Majah) ”. Ciri – Ciri Berakhlakul Karimah selanjutnya ialah dengan melakukan Puasa baik itu Puasa Sunnah dan Puasa Wajib Ramadhan karena Puasa itu dapat mensucikan Jiwa, Memperbaiki Perilaku, Menumbuhkan Akhlak Mulia dan Mampu Menahan Hawa Nafsu.

Macam – Macam Akhlakul Karimah Dalam Islam

Kemudian Bentuk Akhlakul Karimah pertama ialah Ta’aruh yg mempunyai arti Kegiatan Bersilahturahmi seperti bertatap muka, bertamu ke rumah seseorang Muslim baik itu Teman, Saudara dan Orang Tua kita sebagai cara untuk mempererat Tali Silahturahmi (Ta’aruh). Adapun untuk Keutamaan Bersilahturahmi sangatlah banyak seperti dapat memasukan kita sebagai seorang Muslim kedalam Surga, dapat melapangkan Rejeki, diperpanjangkan Umurnya dan mendapatkan Pahala karena telah menjadi Sunnah Rosul dan sudah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Contoh Akhlakul Karimah yang kedua ialah Ta’awun yang artinya Sikap Tolong Menolong dan saling membantu satu dengan yang lain dalam hal kebaikan, bukan tolong menolong dalam hal perbuatan dosa karena didalam Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 2 yang berbunyi, ” Dan Tolong – Menolonglah kalian dalam hal mengerjakan kebaikaan dan takwa dan janganlah km tolong menolong dalam hal perbuatan dosa dan pelanggaran dan bertakwalah kalian kepada Allah SWT, sesungguhnya Allah SWT amat berat siksa-nya (QS. Al Maidah, Ayat : 2) ”.

Macam – Macam Akhlakul Karimah yang ketiga ialah Khusnudzon yang artinya berprasangka baik terhadap Allah SWT, berprasangka baik terhadap diri sendiri dan berprasangka baik terhadap orang lain karena Manfaat dan Keutamaan Khusnudzon (Berprasangka Baik) juga cukup banyak bagi seseorang seperti akan menentramkan jiwa dan pikiran, menjadi lebih rendah hati, hidup menjadi lebih ringan, dapat memantapkan keimanan seseorang, terhindar dari penyesalan akibat berpuruk sangka, selalu berbahagia dan bisa lebih ikhlas dalam menjalani kehidupan.

Sifat – Sifat Akhlakul Karimah selanjutnya ialah Zuhud yakni meninggalkan sesuatu yg disayangi ataupun disukai oleh mereka yang bersifat Duniawi seperti Harta dan Kemewahan, Sifat Zuhud biasanya lebih mengharapkan sesuatu lebih baik yg bersifat kebahagian akherat. Namun Sifat Zuhud ini bukan berarti melarang Umat Muslim untuk mempunyai Harta dan Kemewahan Dunia, hanya saja harta dan kemewahan tersebut lebih baik digunakan untuk Jalan Kebeneran seperti Zakat, Bersedekah dan harga tersebut tidak melupakan mereka untuk beribadah kepada Allah SWT.

Adapun didalam Contoh – Contoh Akhlakul Karimah yang lainnya antara lain berbuat baik ke orang lain karena kita sebagai Manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, Ikhlas bahwa mengerjakan suatu pekerjaan itu semata – mata mengharapkan Ridho dari Allah SWT, Tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT, Bersabar, Lapang Dada, Jujur, Amanah dan selalu Bersukur atas semua yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai hambanya.

Mungkin seperti itu saja penjelasan dan pembahasan tentang Akhlakul Karimah (Akhlak Mulia) dan semoga saja ulasan ini bisa menjadi pembelajaran kalian sebagai seorang Muslim untuk lebih mengenal Akhlakul Karimah didalam Ajaran Islam dan agar dapat terhindar dari Akhlak dan Perilaku Tercela yang benar – benar harus di tinggalkan oleh setiap Muslim. Sabda Nabi Muhammad SAW didalam Hadis Shahih Riwayat Tirmidzi yang berbunyi, ” Orang Mukmin yg sempurna iman-nya ialah yang terbaik Budi Pekertinya atau Akhlaknya (Hadist Riwayat Tirmidzi) ”.

Pengertian, Ciri dan Macam Akhlakul Karimah Dalam Islam | Rukun | 4.5