Pengertian, Manfaat dan Macam Asbabun Nuzul Dalam Islam

Tuesday, May 23rd 2017. | Ajaran Islam

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebelum membahas tentang Macam Asbabun Nuzul, ada baiknya bagi kalian sebagai seorang Muslim Muslimah untuk mengetahui tentang Pengertian Asbabun Nuzul didalam Ajaran Islam karena Asbabun Nuzul menurut Bahasa terdiri dari Dua Kata yakni Asbabun dan Nuzul. Yang mana Pengertian Asbabun yaitu Sebab (Karena) dan untuk Pengertian Nuzul sendiri yaitu turun sehingga dengan melihat dari arti kedua kata tersebut maka Pengertian Asbabun Nuzul Menurut Bahasa ialah sebab musebab turunnya Ayat Suci Al Qur’an.

Sedangkan didalam Pengertian Asbabun Nuzul menurut Istilah adalah Suatu Hal atau Sebab – Sebab Ayat Al-Qur’an diturunkan dengan tujuan untuk menerangkan suatu hukum pada suatu masa hal itu terjadi, yang baik itu berupa Peristiwa maupun Sebuah Pertanyaan. Adapun salah satu contoh Sebab Ayat Al Qur’an diturunkan karena Peristiwa ialah kisah turunnya Surat Al Lahab dan Sebab Turunnya Ayat Al Qur’an karena sebuah pertanyaan ialah jika Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai sesuatu hal, maka turunlah Al-Qur’an yg akan menjelaskan hukumnya.

Contohnya ketika Khaulah binti Sa’labah mendapatkan perkataan Zihar oleh Suaminya Aus bin Tsamit dan Khaulah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW mengenai Hukum Zihar tersebut, maka turunlah Surat Al Mujadalah Ayat 3 yang jelaskan tentang Hukum Zihar Kepada Istri. Namun tidak semua Ayat Al Qur’an itu diturunkan karena adanya suatu Pertanyaan dan Peristiwa, karena ada Ayat – Ayat Al Qur’an yg diturunkan sebagai permulaan tanpa sebab seperti menerangkan Kewajiban Seorang Muslim, menerangkan Syari’at dan Akidah Allah SWT. Adapun untuk Macam dan Pembagian Asbabun Nuzul sendiri dibagi menjadi Dua yang antara lain Asbabun Nuzul Karena Peristiwa dan Asbabun Nuzul Karena Pertanyaan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Macam Asbabun Nuzul Dalam Bentuk Peristiwa

Untuk Macam Asbabun Nuzul Dalam Bentuk Peristiwa terbagi menjadi 3 dan Yang Pertama adalah Asbabun Nuzul Akibat Peristiwa Pertengkaran, seperti contohnya saat terjadinya perselisihan (Permusuhan) antara Suku Aus dan Suku Khasraj yang dikompori (Dihasut) oleh Orang2 Yahudi sehingga Kedua Suku tersebut menjadi bermusuhan. Akibat Peristiwa tersebut turunlah Ayat Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 100 yg berbunyi, ” Hai Orang – Orang yg beriman, jika km mengikuti sebagian dari orang – orang yg diberi Al-Kitab, niscaya mereka akan mengembali-kan kamu menjadi Orang Kafir setelah km beriman (QS. Ali Imran Ayat : 100) ”.

Macam Asbabun Nuzul Akibat Peristiwa Yang Kedua adalah Peristiwa berupa Kesalahan yg serius, seperti salah satu contohnya saat adanya peristiwa seseorang yg mengimami Shalat saat seseorang tersebut dalam keadaan Mabuk sehingga ia salah membaca Surat Al Kafirun. Akibat Peristiwa Kesalahan Serius tersebut maka Turunlah Surat Al Qur’an Surat An Nisa Ayat 43 yang berbunyi, ” Hai Orang – Orang yg beriman, janganlah km Sholat ketika kamu sedang dalam keadaan Mabuk, sehingga km mengerti apa yg km ucapkan (QS. An Nisa Ayat : 43) ”.

Macam Asbabun Nuzul Akibat Peristiwa Yang Terakhir atau Yang Ketiga ialah Peristiwa Berupa Cita – Cita dan Keinginan, seperti salah satu contohnya saat Keinginan Umar bin Khattab yang dikemukakan (Disampaikan) kepada Nabi Muhammad SAW tentang Makam Nabi Ibrahim sebagai tempat Sholat. Maka turunlah Ayat Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 125 yang berbunyi, ” Dan Jadikanlah Sebahagian Makam Ibrahim tempat Shalat. Dan tlah kami perintah-kan kpd Ibrahim dan Ismail ” Bersihkanlah Rumahku untuk Orang – Orang yang Thawaf, yang I’tikaf, yang Ruku dan yang Sujud (QS. Al Baqarah Ayat : 125) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Macam Asbabun Nuzul Dalam Bentuk Pertanyaan

Kemudian untuk Macam – Macam Asbabun Nuzul Dalam Bentuk Pertanyaan terbagi menjadi 3 dan Yang Pertama adalah Asbabun Nuzul Karena Pertanyaan Yang Berhubungan Dg Sesuatu Yg Sudah Berlalu, salah satu contohnya seperti pertanyaan tentang Zulkarnain maka Turunlah Ayat Al Qur’an Surat Al Kahfi Ayat 83 yang berbunyi, ” Mereka akan bertanya kepada mu (Nabi Muhammad SAW) tentang Dzulkarnain. Katakanlah : Aku akan bacakan kepadamu cerita tentangnya (QS. Al Kahf Ayat : 83) ”.

Jenis Asbabun Nuzul Dalam Bentuk Pertanyaan Yang Kedua adalah Asbabun Nuzul Pertanyaan yang berhubungan dg Sesuatu yg sedang terjadi pada saat itu, seperti salah satu contohnya pertanyaan tentang Ruh maka Turunlah Ayat Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 85 yang menjelaskan tentang Ruh berbunyi, ” Dan mereka bertanya kepada-mu tentang Ruh. Katakanlah : Ruh itu termasuk urusan Tuhanku dan tidaklah km diberi pengetahuan melainkan sedikit (QS. Al Isra Ayat : 85) ”.

Lalu Macam Asbabun Nuzul Dalam Bentuk Pertanyaan Yang Ketiga atau Yang Terakhir adalah Pertanyaan yang berhubungan dengan Masa Depan atau Masa Yang Akan Datang, seperti salah satu contoh ialah pertanyaan tentang Hari Kiamat maka Turunlah Ayat Suci Al Qur’an Surat An Nazi’at Ayat 42 yang menjelaskan tentang Kiamat yang berbunyi, ” Orang – Orang Kafir bertanya kepadamu (Nabi Muhammad SAW) tentang Hari Kebangkitan (Kiamat), Kapankah terjadinya ? (QS. An Nazi’at Ayat : 42) ”.

Keutamaan dan Manfaat Mengetahui Asbabun Nuzul

Sedangkan untuk Manfaat Asbabun Nuzul sangatlah besar bagi seorang Muslim dan yang pertama adalah menjadikan seorang Muslim mengetahui sebab Al Qur’an dan Hadist diturunkan sehingga ketika seseorang Muslim akan mempelajari Isi Kandungan Ayat Al Qur’an maka mereka tidak salah dan akan melengkapi pengetahuan mereka yang berkaitan dengan Sebab – Sebab diturunkannya Al Qur’an karena yang perlu kalian ketahui bahwa Al Qur’an diturunkan secara berangsur – angsur dalam kurun waktu kurang lebih 22 Tahun.

pengertian dan macam asbabun nuzul

Keutamaan Mengetahui Asbabun Nuzul Al Qur’an Yang Kedua adalah mengetahui alasan dan memahami tujuan mengapa suatu Hukum Islam diberlakukan yang diterangkan didalam Ayat Al Qur’an sehingga akan menambahkan ilmu yg bisa didapatkan oleh seorang Muslim dan Muslimah tentang Al Qur’an. Selain itu Hikmah Hukum Islam yang ada didalam Kandungan Ayat Al Qur’an bisa membukakan Hati seseorang bahwa ada keibaikan didalam setiap Aturan – Aturan (Hukum) yang ada didalam Ayat Al Qur’an bagi kehidupan seseorang.

Hikmah Mengetahui Asbabun Nuzul Al Qur’an Yang Ketiga ialah bisa mengetahui sasaran objek didalam Ayat Al Qur’an yang diturunkan sehingga tidak terjadi kesamaran didalam pengertiannya karena Ayat – Ayat Al Qur’an bukan hanya memberikan Ilmu dan Hukum Islam, tetapi juga memuat Sejarah Peradaban Islam di Jaman Nabi Muhammad SAW dan disinilah pentingnya Asbabun Nuzul karena dengan adanya Asbabun Nuzul maka tidak terjadi kesalahan Tafsir Ayat Al Qur’an yang menyangkut Isi Kandungan Ayat Al Qur’an tersebut supaya tidak muncul penuduhan terhadap seseorang yang salah.

Faedah Mengetahui Asbabun Nuzul Yang Keempat adalah akan mempermudah seseorang Muslim dan Muslimah dalam mempelajari isi dan makna kandungan Al Qur’an karena dalam memahami Isi Kitab Suci Al Qur’an diperlukan pengetahuan terhadap Sebab – Sebab dari permasalahan yg dikaji oleh Al Qur’an baik itu Kisah – Kisah terdahulu yang memuat banyak petunjuk maupun dalam Hukum Islam didalam Al Qur’an. Oleh karena itu tanpa mempunyai dasar pengetahuan dari Sebab – Sebab Turunnya Ayat Al Qur’an maka seseorang bisa mengalami kesulitan dlam menafsirkan atau mengartikan Isi Ayat Al Qur’an.

Mungkin hanya seperti itu pembahasan tentang Pengertian, Manfaat dan Macam – Macam Asbabun Nuzul Al Qur’an didalam Ajaran Islam, semoga pembahasan tentang Asbabun Nuzul ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian seorang Muslim dan Muslimah yang khususnya berada di Indonesia karena Asbabun Nuzul ini merupakan Pelajaran dan Ilmu yang sangat penting sehingga sudah sangat baik sekali bagi kalian seorang Muslim untuk mengetahui dan memahami tentang Asbabun Nuzul.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...