Macam Sedekah Menurut Nabi Muhammad SAW

Saturday, October 22nd 2016. | Sedekah

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Macam – Macam Sedekah didalam Ajaran Islam, ada baiknya jika kalian mengerti terlebih dahulu tentang Pengertian Sedekah karena Sedekah (Shodaqoh) adalah memberikan sesuatu baik dalam bentuk Uang, Amal atau Perbuatan Baik lainnya dari seorang Muslim dan Muslimah kepada Orang Lain secara Ikhlas dan Sukarela tanpa dibatasi oleh Waktu dan Jumlah tertentu karena memberikan Sedekah boleh dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Lalu perlu kalian ketahui juga bahwa Sedekah berbeda dengan Zakat karena Hukum Mengeluarkan Sedekah ialah Sunnah dan untuk Hukum Mengeluarkan Zakat sendiri ialah Wajib dibayarkan karena Zakat termasuk kedalam Rukun Islam yang ketiga sehingga kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah harus bisa memahami perbedaan antara Sedekah dengan Zakat didalam Islam. Namun untuk Hukum Memberikan Sedekah yang Sunnah tersebut sangatlah baik sekali jika dilakukan oleh tiap – tiap Muslim dan Muslimah karena Bersedekah sangatlah mudah sekali dan Jenis Memberikan Sedekah sendiri bukan hanya Uang semata, tetapi Amal dan Perbuatan Baik seperti memberikan senyum kepada saudara atau sesama Muslim pun sudah termasuk Sedekah.

Oleh karena itu sangat merugi sekali jika kamu selaku Muslim dan Muslimah yang tidak memberikan Sedekah, apalagi Sedekah sudah dianjurkan oleh Allah SWT didalam Firman Allah SWT yang berbunyi, ” Sesungguhnya Orang2 yg bersedekah baik itu Pria maupun Wanita dan meminjamkan kepada Allah SWT pinjaman yg baik. Niscaya akan dilipat gandakan ganjarannya kpd mereka dan bagi mereka pahala yg banyak (QS. Al Hadid Ayat 18) ”. Lalu didalam Firman Allah SWT Surat Al Baqarah Ayat 271 yang berbunyi, ” Jika km menampakkan sedekah kamu maka itu adalah baik sekali dan jika km menyembunyikan nya dan km berikan kpd Orang2 Fakir maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kamu dan Allah SWT akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan2 mu (Dosa) dan Allah SWT mengetahui apa yg km kerjakan (QS. Al Baqarah Ayat : 271) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Macam Sedekah dan Keutamaan Sedekah di Ajaran Islam

macam-sedekah

Di dalam Keistimewaan dan Keutamaan Bersedekah yang dapat diperoleh setiap Muslim Muslimah yang melakukan Sedekah menurut Sabda Nabi Muhammad SAW antara lain Sedekah dapat menghapus Dosa sebagai Air Memadamkan Api (HR. Tirmidzi), Orang yang mengeluarkan Sedekah akan memperoleh dan mendapatkan naungan di hari Akhir. Kelebihan Bersedekah selanjutnya ialah akan memberikan keberkahan pada hartanya, Nabi Muhammad SAW bersabda ” Harta tak akan berkurang dengan bersedekah dan seorang hamba yg pemaaf pasti akan Allah SWT tambahkan kewibawaan bagi dirinya (HR. Muslim no 2588) ”.

Hikmah dan Manfaat Bersedekah selanjutnya ialah Allah SWT akan melipat gandakan pahala orang yg mengeluarkan sedekah dan dalam hal ini Allah SWT berfiman didalam Al Qur’an yg berbunyi, ” Sesungguhnya orang – orang yg bersedekah baik itu Laki maupun Perempuan dan meminjamkan kepada Allah SWT pinjaman yg baik. Niscaya akan dilipat gandakan pahala kepada mereka dan bagi mereka yg pahala yg banyak (QS. Al Hadid Ayat 18) ”. Keutamaan Mengeluarkan Sedekah yang lain antara lain sedekah akan menjadi bukti keimanan seorang Muslim, Sedekah bisa membebaskan dari Siksa Kubur dan Sedekah dapat menjauhkan dari Siksa Api Neraka, ” Jauhilah Api Neraka, walau hanya dg bersedekah sebesar biji kurma. Jika kamu tak punya maka bisa dengan mengucapkan kalimat Thayyibah (HR. Al Bukhari dan Muslim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Macam – Macam Sedekah Dalam Islam

Kemudian untuk Macam – Macam Sedekah dalam Ajaran Islam sendiri sangat lah luas, bukan hanya memberikan Uang saja dan untuk Macam Bersedekah yang pertama ialah membaca Tasbih, Tahlil dan Tahmid atau dengan kata lain membaca Dzikir juga termasuk kedalam Sedekah. Hal ini seperti diterangkan oleh Aisyah Ra bahwasanya Nabi Muhammad Saw pernah berkata, ” Bahwa diciptakan dari setiap Anak Cucu Adam 360 persendian. Maka barang siapa yg membaca Takbir, Tahmid, Tasbih, Beristighfar, Menyingkirkan Duri, Tulang ataupun Batu dari Jalan, Amar Ma’ruh Nahi Mungkar maka akan dihitung sejumlah 360 persendian dan dia sd berjalan pada hari itu, sedangkan dia dibebaskan dirinya dari Siksa Api Neraka (Hadist Riwayat Muslim) ”.

Bentuk Sedekah atau Bentuk Bersedekah selanjutnya selain membaca Dzikir ialah melakukan Amar Ma’ruh Nahi Mungkar dan untuk Pengertian Amar Ma’ruh Nahi Mungkar ini adalah sebuah Frasa didalam Bahasa Arab yang memiliki maksud menyuruh atau perintah untuk mengajak (Menyuruh) untuk melakukan Hal – Hal yang baik dan mencegah untuk melakukan Hal – Hal yg buruk bagi Masyarakat. Melakukan Amar Ma’ruh Nahi Mungkar sudah dijelaskan didalam Firman Allah SWT yg berbunyi, ” Hai anakku kerjakan-lah Sholat dan suruh-lah (Manusia) untuk mengerjakan yg baik dan cegah-lah mereka dari perbuatan yg Mungkar dan bersabar-lah terhadap apa yg menimpa km. Sesungguh-nya yg demikian itu termasuk hal – hal yg diwajibkan oleh Allah SWT (QS. Luqman Ayat 17) ”.

Lalu Hubungan Intin Suami dengan Istri juga masuk kedalam Jenis Sedekah atau termasuk Jenis Bersedekah. Suatu ketika Sahabat Nabi Muhammad SAW bertanya kepada Rasulullah SAW, ” Apakah salah seorang diantara kami melampiaskan Syahwat-nya dan dia akan mendapatkan Sedekah ? ”. Lalu Nabi Muhammad SAW dengan bijak menjawab nya yg berbunyi, ” Apa pendapat kamu jika dia melampiaskan Syahwatnya pada tempat yang haram (Bukan Ke Istrinya), apakah dia mendapatkan Dosa ?. Maka demikian pula jika dia melampiaskan pada yg halal (Istrinya), maka dia akan mendapat Pahala ”. Lalu setelah mendengarkan Jawaban Rasulullah SAW yg bijak seperti itu, para sahabat baru menyadari bahwa makna Sedekah sangatlah luas.

Macam Sedekah selanjutnya adalah dengan Bekerja dan Memberikan Nafkah kepada Sanak Keluarganya sehingga bisa dikatakan termasuk kedalam Jenis dan Bentuk Sedekah Sehari – Hari bagi seorang Ayah, Ibu, Suami maupun Istri dan semua Muslim Muslimah yang manafkahkan keluarganya. Hal ini seperti di ungkapkan didalam Hadist Shahih bahwasanya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang berbunyi, ” Tidak-lah ada satu Pekerjaan yg paling mulia yg dikerjakan oleh Seseorang daripada pekerjaan yg dilakukan dari tangan-nya sendiri dan tidak-lah seseorang menafkah-kan hartanya terhadap diri mereka sendiri, menafkahkan terhadap Keluarganya, menafkahkan terhadap Anaknya dan Pembantunya melainkan akan menjadi sedekah (Hadist Riwayat Ibnu Majah) ”.

Sedangkan Contoh Sedekah dan Contoh Bersedekah lainnya seperti Membantu Urusan Orang lain atau berbuat baik terhadap orang lain juga dapat dilakukan oleh kalian semua disetiap Hari karena dalam hal ini telah diterangkan didalam Hadist bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Setiap Muslim harus bersedekah ”, lalu seorang Sahabat bertanya, ” Bagaimana Pendapatmu, wahai Rasulullah SAW jika dia tidak mendapatkan atau mempunyai Harta untuk disedekahkan ?, lalu Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Bekerjalah dengan tangan mu sendiri, lalu dia memanfaatkan nya untuk dirinya dan bersedekah ”. Seorang Sahabat bertanya lagi,

” Bagaimana jika dia tak mampu, Wahai Rasulullah SAW ?. Beliau Nabi SAW menjawab, ” Menolong orang yg membutuhkan lagi teraniaya ”. Lalu Sahabat bertanya kembali, ” Bagaimana jika dia juga tak mampu, Wahai Rasulullah SAW ?, Nabi SAW bersabda kembali, ” Mengajak pada yang Ma’ruh (Kebaikan) ”. Lalu Sahabat bertanya kembali, ” Bagaimana jika dia juga tak mampu, Wahai Rasulullah SAW ?, Nabi Muhammad SAW menjawabnya kembali, ” Dengan menahan diri dari perbuatan buruk itu juga termasuk kedalam Sedekah (Hadist Riwayat Muslim)”.

Jenis dan Macam Sedekah selanjutnya ialah menjenguk orang sakit karena telah dijelaskan oleh Abu Ubaidah bin Jarrah ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Barangsiapa yg menginfakkan kelebihan harta nya di Jalan Allah SWT maka Allah SWT akan melipat gandakan dengan 700 kali lipat dan barang siapa yg berinfak untuk dirinya dan keluarga-nya, atau menjenguk orang sakit ataupun menyingkirkan duri maka akan mendapatkan kebaikan, dan kebaikan itu dilipatkan sebuluh kali. Lalu Puasa itu tameng (pelindung) selama dia tak merusaknya dan barangsiapa yg Allah uji dengan satu ujian pd fisik-nya, maka itu akan menjadi penggugur atas semua dosa – dosanya (Hadist Riwayat Ahmad) ”.

Kemudian Macam – Macam Sedekah yang lain selain Bersedekah Dalam Bentuk Uang, Harta Kekayaan dan yang sudah kami jelaskan diatas antara lain Menginshlah Dua Orang yang sedang beselisih, Memberikan Senyuman atau Berwajah Manis terhadap sesama Muslim dan Berlomba – lomba dalam mengerjakan amalan atau ibadah disetiap harinnya juga termasuk kedalam Sedekah sehingga bisa disimpulkan secara lebih sederhana bahwa Sedekah sangatlah mudah untuk diterapkan dan diamalkan disetiap harinya karena Sedekah memiliki artian yang cukup luas dan tidak memberatkan setiap Muslim Muslimah yang akan melakukan Sedekah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...