5 Macam Shalat Sunnah dan Manfaatnya Lengkap

Macam Shalat Sunnah dan Manfaatnya – Ibadah Shalat didalam Ajaran islam secara garis besar terbagi menjadi Dua Macam yakni Shalat Wajib Lima Waktu dan Shalat Sunnah. Adapun Pengertian Shalat Wajib Lima Waktu sendiri adalah Ibadah Shalat yang wajib dan harus dikerjakan (Fardhu Ain) oleh setiap Muslim – Muslimah di Setiap Harinya sehingga akan mendapatkan Pahala dan Keutamaannya bagi Setiap Umat Mukmin yg mengerjakan Shalat Wajib, tetapi akan mendapatkan Dosa Besar bagi Setiap Mukmin yg meninggalkan dan tidak mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu di setiap harinya.

Sedangkan untuk Pengertian Shalat Sunnah sendiri adalah Ibadah Shalat yang boleh dikerjakan dan boleh tidak dikerjakan sehingga akan mendapatkan Pahala dan Keutamaannya bagi setiap Muslim – Muslimah yang menunaikan Shalat Sunnah, tetapi tidak akan mendapatkan Dosa bagi Setiap Muslim yang tidak mengerjakan Shalat Sunnah karena sekali lagi Hukum Shalat Sunnah ini adalah Sunnah, bukanlah Wajib. Hanya saja kalian (Umat Muslim) akan kehilangan Keutamaan Shalat Sunnah yang begitu banyak karena salah satu Keutamaannya adalah akan mendapatkan Pahala banyak dan sebagai menutup kekurangan Shalat Wajib Lima Waktu.

Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ” Barangsiapa yg menghidupkan 1 Sunah dari sunah-sunahku, dan diamalkan oleh Manusia, maka dia akan memperolehkan Pahala seperti pahala orang-orang yg mengamalkan-nya, dg tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun (HR. Ibnu Majah, NO. 209) ”. Selain itu didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ” Sesungguhnya Amalan Manusia yg pertama kali dihisab di Hari Kiamat kelak adalah Shalat,

Allah Azza Wa Jalla berkata kepada Malaikatnya dan dia lah yg lebih tahu, ” Lihatlah pada Sholat hamba ku. Apakah Sholat nya sempurna ataukah tidak ?, jika Sholatnya sempurna maka akan dicatat baginya Pahala yg sempurna. Tetapi jika dlm Sholatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman : ” Lihatlah, apakah hambaku mempunyai amalan Sunnah. Jika hamba ku mempunyai amalan Sunnah, Allah Berfirman : ” sempurnakan kekurangan yg ada pada Amalan Wajib dengan amalan Sunnahnya ”. Lalu Amalan lainnya akan diperlukan seperti ini (Hadits Riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah) ”.

5 Macam Shalat Sunnah dan Pengertiannya Lengkap

macam shalat sunnah dan manfaatnya

Dengan melihat Kedua Hadits Shahih tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Shalat Sunnah mempunyai keutamaan yang banyak. Oleh sebab itu dikesempatan ini Saya Penulis dari Laman Rukun Islam akan memberikan informasi dan penjelasan kepada kalian beberapa Macam Sholat Sunnah yang bisa kalian amalkan dan kerjakan setiap hari, sebagai suatu Ibadah Tambahan selain mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu bagi kalian Umat Muslim – Muslimah yang ada di Indonesia.

1. Shalat Sunnah Tahajud

Pengertian Shalat Tahajud adalah salah satu Shalat Sunnah yang bisa dikerjakan oleh kalian umat Muslim – Muslimah di Malam Hari dan dikerjakan dengan Jumlah Rakaat Shalat Tahajud Minimal Dua Rakaat dan Maksimal Dua Belas Rakaat. Untuk Waktu Shalat Sunnah Tahajud ini dilakukan Saat Masuk Waktu Shalat Wajib Isya sampai sebelum masuk Waktu Shalat Wajib Subuh (Waktu Imsak).

Adapun salah satu Syarat Mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud ini adalah kalian harus tidur terlebih dahulu sebelum mengerjakannya, walaupun tidurnya hanya seperti saja. Dan Dalil Perintah Mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman : ” Dan pada sebagian Malam hari bersembayang tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagi kamu, mudah – mudahan Tuhan mu mengangkat km ketempat yg terpuji (QS. Al Isra, Ayat : 79) ”.

2. Shalat Sunnah Dhuha

Macam Shalat Sunnah Kedua ialah Shalat Dhuha dan didalam Pengertian Shalat Dhuha adalah Shalat Sunnah didalam Agama Islam yang bisa kalian lakukan dan kerjakan di Pagi Hari yakni ketika Matahari mulai Naik (Meninggi) sampai sebelum masuk Waktu Shalat Wajib Dzuhur. Dan Jumlah Shalat Sunnah Dhuha ini bisa dikerjakan dengan Minimal Dua Raka’at dan Maksimal dikerjakan sebanyak Dua Belas Rakaat, dilakukan dengan masing – masing Dua Rakaat Sekali Salam.

Dan Dalil Perintah Mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abi Zar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Disetiap Pagi ada kewajiban untuk Bersedekah di Setiap Persendian Ruas. Disetiap Tasbih adalah Sedekah, Setiap Tahlil adalah Sedekah, Setiap Takbir adalah Sedekah dan menganjurkan suatu kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah Sedekah. Namun itu semua cukup digantikan dengan mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha Dua Rakaat (Hadits Riwayat Muslim) ”.

3. Shalat Sunnah Istikharah

Pengertian Shalat Sunnah Istikharah adalah Shalat Sunnah yang bisa dikerjakan dan dilakukan oleh Setiap Mukmin di Setiap Harinya dengan Minimal Jumlah Rakaat sebanyak Dua Rakaat dan Maksimal Jumlah Rakaat Shalat Istikharah adalah Dua Belas Rakaat, dilakukan Setiap Dua Rakaat Shalat Istikharah dengan Sekali Salam. Lalu Waktu Shalat Sunnah Istikharah ini boleh dikerjakan di Siang Hari dan Malam Hari karena yang terpenting jangan dikerjakan ketika Masuk Waktu Dilarang Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah.

Adapun Tujuan dan Manfaat Shalat Sunnah Istikharah ini adalah untuk meminta Petunjuk kepada Allah Subhanahu wa ta’ala ketika kalian sedang Bingung dan Bimbang dalam mengambil suatu keputusan. Dalil Perintah Mengerjakan Shalat Istikharah ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Jabir bin Abdullah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Jika salah satu dari kalian bimbang akan suatu keputusan yg akan diambil, maka Shalat Sunnahlah 2 Rakaat dan berdoa…. (HR. Bukhari) ”.

4. Shalat Sunnah Hajat

Macam Shalat Sunnah Keempat ialah Shalat Hajat dan Pengertian Shalat Sunnah Hajat adalah Shalat Sunnah yang dapat dikerjakan dan dilakukan oleh Umat Muslim ketika mempunyai suatu Hajat (Keinginan) yang ingin sekali dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Shalat Sunnah Hajat ini dikerjakan dengan Minimal Rakaat Shalat Hajat sebanyak Dua Rakaat dan Maksimal sebanyak Dua Belas Rakaat, dan dapat dikerjakan di Siang Hari maupun di Malam Hari.

Hanya saja sangat dianjurkan sekali dikerjakan di Malam Hari karena Waktu Mengerjakan Shalat Sunnah yang paling baik adalah di Malam Hari setelah kalian menunaikan Shalat Wajib Isya. Adapun Dalil Perintah Mengerjakan Shalat Sunnah Hajat ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Siapa yg Berwudhu dan sempurna Wudhunya, lalu Shalat Dua Rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna Rakaat nya maka Allah SWT akan memberikan apa yg ia pinta Capat maupun Lambat (HR. Ahmad) ”.

5. Shalat Sunnah Taubat

Pengertian Shalat Sunnah Taubat adalah Shalat Sunnah yang dikerjakan dan dilakukan oleh Umat Muslim dengan tujuan untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas Dosa – Dosa (Kesalahan) yang telah diperbuatnya. Dan Shalat Sunnah Taubat ini bisa dilakukan kapan pun baik Siang Hari maupun Malam Hari, hanya saja sekali lagi sangat dianjurkan untuk dikerjakan di Malam Hari.

Untuk Dalil Perintah Mengerjakan Shalat Sunnah Taubat ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Ali bin Abi Thalib Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ”Tidaklah seseorang melakukan Perbuatan Dosa dan dia Berwudhu (Bersuci) dan Shalat lalu meminta Ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni dosanya itu, Lalu Rasulullah SAW membacakan Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 135 (HR. At Tirmidzi dan Abu Dawud) ”.

Seperti itulah penjelasan tentang Macam Shalat Sunnah yang bisa kalian amalkan setiap hari sebagai Ibadah Shalat Tambahan bagi kalian Semua Umat Muslim, selain Shalat Sunnah diatas sudah tentu masih ada Shalat – Shalat Sunnah lain yang bisa kalian kerjakan seperti Shalat Sunnah Witir, Shalat Sunnah Rawatib, Shalat Sunnah Tasbih dan lain lain. Namun terlepas dari itu semua Kelima Macam Shalat Sunnah yang telah dituliskan diatas merupakan Shalat Sunnah yg sering banyak dicari informasinya oleh Pembaca Muslim sehingga ulasan ini semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi Pembaca Muslim yang belum begitu memahami dan mengetahuinya.

5 Macam Shalat Sunnah dan Manfaatnya Lengkap | Rukun | 4.5