Hal – Hal Yang Makruh didalam Shalat

Makruh ShalatPengertian Makruh dalam shalat sendiri mempunyai pengertian perbuatan yg dilakukan oleh seorang muslim dlm melakukan / mengerjakan Shalat yg bertentangan dg sunnah – sunnah yg ada didlm shalat atau meninggalkan perbuatan sunnah itu sendiri yg mengakibatkan khualitas Shalat’nya berkurang tetapi tidak batal shalat-nya. Seperti contoh meninggalkan bacaan Doa iftitah maka hal tersebut termasuk kedalam Makruh shalat karena bacaan doa iftitah tersebut merupakan salah satu sunnah dlm shalat..

Tetapi terkadang kita dlm mengerjakan Shalat sering kali melakukan perbuatan2 yg tanpa kita sadari termasuk kedalam Makruh Shalat sehingga khualitas shalat yg dikerjakan kita akan berkurang. Untuk itu ada baiknya jika anda harus mengingat dan memperhatikan dg betul hal – hal apa saja yg masuk kedalam Makruh Shalat sehingga kita akan berhati – hati dlm melakukan shalat dan dapat melaksanakan shalat dg khusyu. Adapun Perkara Makruh Shalat sudah kami tulis dan jelaskan dibawah ini sehingga anda bisa langsung membaca dan memahaminya

Hal – Hal Makruh didalam Shalat dan Penjelasannya

perkara makruh didlm shalat

Makruh di dalam Shalat

1. Menaruh telapak tangan anda didalam lengan baju ketika sedang Takbiratul iihram, ruku & sujud.

2. Menutup mulutnya rapat – rapat saat mengucapkan “ Alloh hu Akbar “ atau Aminn dan Saat Salam.

3. Bertolak Pinggang

Yang dimaksud disini adalah keadaan Shalat dg tanggan di pinggang, hal ini seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : “ Beliau (Nabi Muhammad Saw) melarang seseorang shalat dg meletakkan tangan-nya pd perutnya / bertolak pinggang (HR Bukhari Muslim) “.

4. Memalingkan Muka baik Kekiri maupun Kekanan

Berdasarkan Hadist Aisyah ra Nabi Muhammad Saw pernah bersabda : “ Aku bertanya  kpd Rasulullah Saw tentang menoleh dlm shalat” Beliau kemudian bersabda : “ Itu adlah pencurian yg dilakukan oleh setan dari shalat seorang hamba (HR Bukhari)”..

5. Memejamkan Mata

6. Mengadah Pandangan Kelangit atau kemanapun

Nabi Muhammad Saw bersabda dalam hal ini yg berbunyi : “ Apa yg membuat orang2 itu mengangkat penglihatan mereka ke langit dlm shalat mereka ? hendak-nya mereka berhenti dari hal itu atau kalau tidak niscaya akan tersambar penglihatan mereka (HR Bukhari)”…

7. Menahan Hadast : Yang dimaksud Hadast disini adalah menahan buang air kecil atau besar atau menahan kentut

8. Melakukan Shalat diatas Kuburan dll

Nabi Muhammad Saw bersabda yg berbunyi : “ Bahwasannya Nabi Muhammad Saw telah melarang shalat ditempat sampah, tempat penjagalan, kuburan, tengah jalan, dijamban, ditempat2 menderum-nya unta dan diatas ka’bah “.

9. Memejamkan Mata dan Berludah saat melakukan Shalat.

Hal – hal yang di sebutkan diatas merupakan Yang Makruh Dalam Shalat sehingga anda harus berhati – hati dan selalu ingat dg apa yg sudah dijelaskan kami diatas sehingga khualitas Shalat yg sedang anda kerjakan tidak berkurang, Tetapi sekali lagi jika anda terpaksa melakukan hal – hal yg diatas maka Shalat anda tidak batal hanya khualitas Shalat anda berkurang.

Kemudian kami selaku penulis dari blog rukun-islam.com mengucapkan banyak terima kasih kpd anda yg telah mengunjung disitus kamii ini dan semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi anda semua para saudara ku yg beriman. Wassalam .. …

Hal – Hal Yang Makruh didalam Shalat | Rukun | 4.5