Pengertian, Tanda dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Thursday, June 18th 2015. | Lailatul Qadar

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Malam Lailatul Qadar – Pengertian Lailatul Qadar di Bulan Puasa Ramadhan yaitu malam ketetapan atau bisa dikatakan satu malam yg sangat penting dan terbaik yg hanya ada atau terjadi pada Puasa di Bulan Ramadhan. Adapun didalam Al – Qur’an Surat Al Qadar ayat ke 97 sendiri sudah sangat jelas diterangkan bahwa Lailatul Qadar merupakan malam yg lebih baik dari seribu bulan dan juga dibarengi dg diperingatinya sebagai malam diturunanya Al Qur’an.

Sedangkan nama Lailatul Qadar sendiri dlm pengertian Etimologi para pakar dan ahli menyebutkan bahwa penggunaan Qadar sebagai ketetapan yg dpt dijumpai di dlm Surat Ad-Dukhan Ayat 3 – 5 yg berbunyi, ” Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Qur’an pd suatu malam dan sesungguh-nya kami lah yg memberi peringatan. Pd Malam tersebut dijelaskan bahwa semua urusan yg penuh hikmah yaitu urusan yg besar disisi kami.

Malam Lailatul Qadar sendiri jg bisa dapat diartikan sebagai suatu malam yg pelimpahan dan keutamaan yg telah dijanjikan oleh Alloh Swt kpd kita sebagai umat beragama Islam yg dihendakinya karena tidak semua umat Muslim mendapatkan atau mengalami Keistimewaan Lailatul Qadar dan hanya orang – orang yg dihendaki oleh Alloh yg dapat mendapatkan Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan tersebut.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keistimewaan dan Tanda Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

pengertian malam lailatul qadar di dalam islam

Pengertian Lailatul Qadar merupakan malam terbaik dari seribu bulan dan jika seorang muslim dapat memperoleh dan mendapatkan Malam Lailatul Qadar ini maka seseorang tersebut sangat beruntung karena telah menikmatika malam dimana sangat teristimewa dan terbaik yg telah diberikan oleh Alloh Swt.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Keistimewaan dan Kelebihan Lailatul Qadar ini seperti di Firmankan oleh Alloh Swt yg berbunyi, ” Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Qur’an di Hari Lailatul Qadar dan Kelebihan Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam tersebut di turunkan nya para malaikat dan malaikat Jibril dg ijin Alloh membawa segala urusan (Surat Al Qadar, Ayat : 1-5).

keistimewaan lailatul qadar terlengkap

kelebihan malam lailatul qadar di islam

Sedangkan untuk Keutamaan Lailatul Qadar selanjutnya ialah diampuni dosa – dosa bagi orang yg menghidupkan Malam Istimewa Lailatul Qadar. Sebuah Hadist dari Abu Hurairah yg berbunyi ” Barang siapa yg melaksanakan Shalat di Malam Lailatul Qodar karena iman dan mengharapkan pahala dari Alloh Swt maka Alloh Swt akan mengampuni dosa – dosa dari mereka semua yg telah berlalu”.

Tanda – Tanda Malam Lailatul Qadar

Kemudian untuk Tanda Datangnya Lailatul Qadar menurut Sabda Nabi Muhammad Saw ialah di malam yg cerah, tidak dingin dan tidak pula panas. Matahari pd hari tersebut bersinar kemerahan lemah (HR. Ibnu Khuzaimah) dan Sesungguhnya aku diperlihatkan Tanda – Tanda dan Ciri – Ciri Lailatul Qadar, ia berada di antara sepuluh malam terakhir puasa di Bulan Ramadhan. Malam tersebut cerah, tidaklah keluar setan hingga terbitnya fajar Matahari ( HR. Ibnu Hibban).

ciri dan tanda malam lailatul qadar

Itulah penjelasan yg bisa kami berikan terkait Pengertian Lailatul Qadar, Tanda – Tanda Lailatul Qadar dan Keistimewaan Lailatul Qadar kepada anda. Kemudian kami ingatkan kepada anda bahwa Cara Mendapatkan Lailatul Qadar ialah sering – seringlah mengerjakan amalan di Bulan Puasa Ramadhan yg antara lain mengerjakan Shalat baik Shalat Wajib 5 Waktu maupun Shalat Sunnah, Membaca Al Qur’an, Berpuasa selama 30 hari, Shalat Tarawih, Bersahur,Berdzikir dan Wirid. Tetapi hal tersebut tidak ada jaminan anda akan mendapatkan Malam Lailatul Qadar karena Alloh lah yg mempunyai Hak untuk memberikan kepada siapapun yg ia kehendaki, tetapi setidaknya kita sudah mendapatkan pahala dan keberkahan yg begitu besar di Bulan Puasa Ramadhan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...