Manfaat Dan Keutamaan Sholat Hajat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Dan Keutamaan Sholat Hajat | Dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya manusia menginginkan sesuatu yang ingin dicapainya baik dalam urusan duniawi maupun akhirat. Sebagai umat muslim sudah semestinya meminta dan memohon sesuatu hanya kepada Allah SWT karena hanya Allah SWT yang dapat mengabulkan segala permohanan hamba-hambaNya. Salah satu cara untuk berkomunikasi tentang segala keinginan dan urusan seorang muslim kepada Allah SWT adalah dengan menunaikan sholat hajat. Seorang muslim disunnahkan untuk sholat hajat apabila dirinya memiliki suatu hajat atau keinginan karena terdapat banyak sekali manfaat dan keutamaan sholat hajat.

Manfaat Dan Keutamaan Sholat Hajat

Shalat hajat ini merupakan sholat sunnah mu’akad yang dilakukan oleh seorang muslim apabila terdapat maksud dan tujuan tertentu yang hendak ia capai baik dalam urusan duniawi maupun akhirat. Allah SWT akan mengabulkan permintaan seorang hambaNya apabila ia meminta dengan khusyuk dan juga tetap bertawakal kepada Allah SWT. Berikut ini merupakan dalil tentang manfaat dan keutamaan sholat hajat sholat hajat dalam surat Al-Baqarah ayat 153 :

Berdasarkan dalil diatas telah disebutkan bahwa manfaat sholat hajat ini akan menjadi sarana agar permintaan seorang muslim dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam kehidupan yang nyata, hajat atau keinginan orang-orang berbeda-beda dan sangat beragam bentuknya. Bahkan untuk hal yang menurut seorang hamba mustahil. Allah SWT dapat dengan mudah untuk mewujudkannya. Manfaat sholat hajat ini juga dapat meminta kepada Allah SWT untuk hajat-hajat kita yang mustahil sekalipun, asalkan kita berdoa dan meminta kepada Allah SWT dengan khusyuk, penuh harap, dan tetap bertawakal.

Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang sama halnya seperti sholat dhuha, tahajjud, dan sunnah lainnya yang memiliki keutamaan-keutamaan khusus yang berbeda. Tahukah anda keutamaan sholat hajat? Salah satu keutamaan dari sholat ini adalah balasan baginya surge Allah SWT. Terdapat hadist yang menyatakan bagi seorang muslim yang hendak mengawali pekerjaan dengan sholat hajat, maka ia akan menerima balasannya berupa surga. Berikut ini merupakan hadistnya :

Terdapat beberapa kisah nyata yang terjadi di masa Rasulullah SAW yang berhubungan dengan sholat hajat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Keledai yang hidup kembali

Berdasarkan hadist riwayat Baihaqi yang ceritanya dinyatakan shahih menyatakan bahwa :

  1. Kisah yang satu ini menytakan bahwa ada seseorang yang meminta sesuatu kepada Utsman bin Affan akan tetapi beliau menolak. Kemudian orang ini bertemu dengan Utsman bin Hunaif untuk mengadukan masalahnya. Utsman bin Hunaif memerintahkan dirinya untuk menunaikan sholat hajat lalu ia pun mengerjakannya. Setelah itu, ia pergi untuk menemui kembali Utsman bin Affan dan tak disangka beliau pun mengabulkan permintaan seseorang tersebut.
  2. Menurut hadist riwayat tirmidzi juga terdapat kisah tunanetra yang sembuh dari penyakitnya setelah ia menunaikan ibadah sholat hajat.

Sholat hajat ini dapat dilakukan minimal 2 raka’at. Apabila anda ingin menambahkan raka’at sholat hajat juga tidak masalah, lebih baik juga anda melebihkan menjadi 4 raka’at, 6 raka’at, 8 raka’at, atau 12 raka’at dimana setiap 2 raka’at diakhiri dengan satu salam. Waktu sholat hajat yang istimewa adalah bersamaan dengan waktu istimewa sholat tahajjud, yaitu pada pukul 01.00 sampai dengan waktu sebelum subuh.

Demikian ulasan mengenai manfaat dan keutamaan sholat hajat yang dapat membantu seorang muslim apabila ia memiliki keinginan atau hajat yang sedang ingin dicapai. Mohon maaf apabia terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan karena kesempurnaan sesungguhnya hanya milik Allah SWT. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda pembaca dan dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.  

Manfaat Dan Keutamaan Sholat Hajat Dalam Kehidupan Sehari-Hari | Rukun Islam | 4.5