Bacaan Doa dan Niat Berqurban di Ajaran Islam

Thursday, July 28th 2016. | Qurban
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Niat Berqurban – Pembahasan dan Pengertian Qurban ialah salah satu Ibadah di Ajaran Islam yang dapat dilakukan oleh semua Muslim di seluruh belahan dunia dan Qurban sendiri dilakukan di Bulan Dzulhijjah dalam Sistem Kalender Hijriah (Kalender Islam) atau lebih tepatnya dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah sampai 13 Dzulhijjah. Untuk Pengertian Qur’ban dalam Bahasa Arab mempunyai artian Dekat dan dapat disebut juga dengan Dhahiyyah atau Udhhiyah yang berarti Binatang yang disembelih ditanggal 10 – 13 di Bulan Dzulhijjah (Kalender Hijriah) dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt.

Adapun Hewan Yang Boleh Dikurbankan antara lain Hewan Sapi, Kambing, Unta serta Kerbau dan Waktu Menyembelih Hewan Qurban sendiri dapat dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan Waktu Berqurban selain tanggal 10 Dzulhijja tersebut bisa dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah. Hanya saja Waktu Qurban paling baik yakni di tanggal 10 Dzulhijjah setelah Shalat Idul Adha Dua Raka’at dan Khutbah Shalat Idul Adha karena Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, ” Barangsiapa yg menyembelih Hewan Kurban setelah melaksanakan Shalat Idul Adha maka Sembelihan nya tlah sempurna dan dia sesuai dg Sunnah kaum Muslimin (Hadist Riwayat Bukhari no 5545) ”.

Kemudian untuk Hukum Berqurban sendiri ialah Sunnah Muakkad atau Hukum Sunnah yang diutamakan karna jika kalian Berqurban maka akan mendapatkan Pahala dan akan memperoleh Keutamaan Berqurban, tetapi jika belum mampu untuk berqurban maka tidak akan mendapatkan Dosa karena sekali lagi Hukum Melakukan Qurban ialah Sunnah Muakkad. Hanya saja Qurban telah diperintahkan oleh Alloh Swt dlm Firman nya yg terkandung pada Surat Al Kautsar Ayat 2, ” Maka dirikanlah Sholat untuk Robbmu dan Berqurbanlah untuk Robbmu (QS. Al Kautsar Ayat 2) ”. Lalu di dlm Surat Al An’am Ayat 62 Alloh Berfirman, ” Katakanlah : Sesungguhnya Shalatku, Ibadah (Qurban) ku, Hidupku dan Matiku hanya lah untuk Alloh Swt, Robb Semesta Alam (Qs. Al An’am Ayat 62) ”.

Bacaan Doa Berqurban dan Niat Berqurban di Islam

doa dan niat qurban

Sebelum membaca Doa dan Niat Kurban, ada baiknya jika kalian mengetahui Keutamaan Berkurban yang begitu istimewa karena Keistimewaan Berqurban ini telah disampaikan langsung oleh Nabi Muhammad Saw dalam Sabda. Dari Aisyah ra bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Tak ada suatu Amalan (Ibadah) pun yg dilaksanakan oleh Manusia pada hari raya Qurban (Hari Raya Idul Adha) yg lebih dicintai oleh Alloh Swt daripada menyembelih Hewan Qurban.

Sesungguhnya Hewan Qurban tersebut kelak akan datang beserta tanduk2 nya, bulu2 nya dan kuku2 nya pada hari Kiamat kelak, dan sesungguhnya sebelum darah Hewan Qur’ban tersebut menyentuh tanah, ia (Pahalanya) tlah diterima disisi Alloh Swt. Maka beruntunglah kalian semua dg Pahala Qurban itu (Hadist Riwayat Tirmidzi) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat Berqurban dan Terjemahannya

niat berqurban

Bacaan Niat Berkurban diatas bisa kalian bacakan dan amalkan sebelum Hewan Qurban anda akan disembelih dan jika kalian kesulitan dalam menghafalkan Bacaan Doa Qurban Arab diatas maka kalian bisa membaca Lafadz Niat Qurban menggunakan Bahasa Indonesia nya saja yang diawali dengan mengucapkan Bismillah diawal niatnya.

doa berqurban

Lalu untuk Doa Berkurban diatas bisa kalian amalkan dan bacaan saat akan menyembelih Hewan Qurban kalian sendiri dan perlu kalian ingat juga bahwa membaca Doa Menyembelih Hewan Qurban juga bisa menggunakan Bahasa Indonesia karena tidak harus menggunakan Bahasa Arab dan perlu kalian ingatkan bahwa membaca Bismillah atau Basmallah sebelum menyembelih hewan qurban jangan sampai lupa.

Kemudian sebagai tambahan saja bahwa Hukum Membaca Niat Berqurban sendiri wajib dibacakan karena niat merupakan salah satu Syarat Sah Berqurban dan Qurban merupaken Ibadah sehingga harus dilakukan dengan adanya Niat. Adapun membaca Niat Melakukan Qurban bisa dibacakan didalam hati maupun secara lisan baik menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Indonesia dan Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, ” Segala Amal (Ibadah) itu tergantung niatnya dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya (HR. Bukhari no 1 dan Muslim no 1907) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,