Bacaan Doa dan Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan

Monday, April 24th 2017. | Bulan Ramadhan

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Niat Makan Sahur  Sebelum membahas secara lebih detail tentang Doa dan Niat Sahur Puasa Ramadhan, ada baiknya bagi kalian seorang Muslim untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Arti Makan Sahur Puasa Ramadhan karena untuk Pengertian Makan Sahur Puasa ialah salah satu Ibadah Sunnah yg bisa kalian lakukan di Bulan Ramadhan, dilakukan dgn cara menyantap makanan dan minuman pada waktu malam dini hari antara jam 1 malam hingga menjelang Waktu Shalat Subuh (Terbitnya Fajar).

Pada umumnya kegiatan Makan Sahur di Bulan Ramadhan ini dilakukan oleh umat muslim yang akan menjalankan ibadah Puasa Ramadhan dan dilakukan agar mereka bisa lebih kuat dalam menjalankan Puasa Ramadhan diesok harinya, serta agar mendapatkan Keberkahan Makan Sahur dan memperoleh Pahala Sunnah karena Kegiatan Makan Sahur merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika beliau masih hidup sehingga sudah sangat baik sekali bagi seorang Muslim untuk melakukan Sunnah Sahur tersebut.

Adapun didalam Hukum Sahur Puasa Ramadhan ialah Sunnah Muakad yang artinya ibadah sunnah yang sangat di anjurkan untuk dikerjakan karena Sahur Puasa Ramadhan sendiri telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilakukan oleh para umatnya. Perintah Nabi Muhammad SAW Untuk Makan Sahur Puasa Ramadhan telah dijelaskan didalam Hadist Bukhari dan Muslim yg berbunyi, ” Makan Sahur-lah kalian karena didalam Sahur itu terdapat Barokah (Hadist Shahih Bukhari dan Muslim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Doa dan Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan

bacaan doa makan sahur ramadhan

Kemudian didalam Waktu Makan Sahur Puasa Ramadhan sebenarnya tidak ada penjelasan secara detail kapan Waktu Melakukan Sahur yang paling baik karena yang telah dijelaskan didalam Ajaran Islam ialah hanya batas berakhirnya waktu sahur itu saja, yang berakhir ketika telah masuk Waktu Masuk Shalat Subuh (Terbitnya Fajar). Hanya saja Waktu Paling Baik Melakukan Sahur Puasa bisa dilakukan di Sepertiga Malam Terakhir, terutama menjelang Waktu Subuh karena pada waktu tersebut Amalan Doa, Hajat dan Ampunan Insa Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalil tentang Waktu Sahur Puasa Terbaik pernah ditanyakan oleh Sahabat Zaid bin Tsabit ra kepada Nabi Muhammad SAW bahwa dari Zaid bin Tsabit ra berkata. ” kami pernah Bersahur bersama Nabi Muhammad SAW dan kemudian Nabi berdiri Shalat. Lalu aku (Zaid bin Tsabit ra) bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, ” Berapa lama jarak antara Adzan dengan Sahur ?, Nabi Muhammad SAW menjawabnya bahwa Jarak Antara Adzan dan Sahur itu sekadar membaca 50 Ayat (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan

Dibawah ini telah kami tuliskan secara lengkap tentang Bacaan Niat Sahur Puasa di Bulan Ramadhan yang telah ada Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia. Hal tersebut agar kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah khususnya yang berada di Tanah Air Indonesia bisa dengan mudah membaca dan menghafalkan Bacaan Niat Makan Sahur Puasa di Bulan Ramadhan.

niat makan sahur puasa ramadhan

Bacaan Niat dan Doa Makan Sahur Puasa Ramadhan diatas bisa kalian bacakan ketika akan melakukan Aktivitas Ibadah Sunnah Makan Sahur di Bulan Ramadhan dan tentunya kalian sebagai seorang Muslim jangan sampai lupa untuk mempunyai Niat Makan Sahur ketika akan melakukan Makan Sahur karena setiap amalan ibadah itu tergantung akan niatnya, apalagi dalam membaca Bacaan Doa Sahur Puasa Ramadhan sangatlah mudah karena bisa dibacakan baik dengan Bahasa Arab maupun dengan Bahasa Indonesia.

Dari Umar Ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda yang telah dijelaskan didalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi, ” Amal Ibadah itu tergantung dari Niat-nya dan seseorang hanya akan mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya (Niatnya) kepada Allah SWT dan Rasul-nya maka ia hijrahnya kepada Allah SWT dan Rasul-nya, dan Barang Siapa yg Hijrahnya karena Dunia dan Wanita yg hendak ia nikahi, maka Hijrahnya itu sesuai kepada niatnya (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Hikmah dan Keutamaan Sahur Puasa Ramadhan

Untuk Keistimewaan Makan Sahur sudah banyak dijelaskan didalam Hadist – Hadist Shahih seperti salah satunya Hadist Shahih dari Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Makan Sahurlah kamu karena didalam Makan Sahur tersebut ada Barokah (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Keutamaan Makan Sahur Puasa Ramadhan lainnya telah dijelaskan didalam Hadist Shahih yang lain Riwayat Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi,

” Sahur ialah Makanan yang Barokah (Berkah), janganlah kamu tinggalkan walaupun hanya dengan Meminum seteguk Air karena Allah SWT dan Rasul-nya memberi Shalawat kepada Orang – Orang Yang Sahur (Hadist Riwayat Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah) ”. Didalam Hadist An Nasa’i dan Ahmad juga menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Sesungguhnya Makan Sahur ialah Berkah yg Allah SWT berikan kepada Kalian maka Janganlah kalian tinggalkan Sahur (Hadist Riwayat An Nasa’i dan Ahmad) ”.

Melihat Hadist – Hadist Shahih diatas maka sudah jelas bahwa Keutamaan dan Pentingnya Makan Sahur Puasa Ramadhan sangatlah banyak sehingga sudah sangat baik sekali bagi kalian sebagai seorang Muslim Muslimah untuk tidak meninggalkan Makan Sahur Ramadhan dan tidak lupa untuk membaca Niat Puasa Ramadhan karena Sahur itu Ibadah Sunnah dan didalam Makan Sahur terdapat Keberkahan sehingga sangatlah rugi jika kalian meninggalkan Makan Sahur Bulan Ramadhan tersebut.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...