Cara, Keutamaan dan Niat Puasa Bulan Rajab

Niat Puasa Bulan Rajab – Pengertian Bulan Rajab ialah bulan ke tujuh dari bulan Hijriah ( Kalender Islam ) yg termasuk kedlm Bulan Muharram yg terbagi antara Bulan Dzulqa’dah, Bulan Dzulhijjah, Bulan Muharram dan Bulan Rajab dg artian sebagai bulan yang dimuliakan oleh Alloh Swt sehingga dibulan Rajab (Bulan Muharram atau Haram) ini diharamkan atau dipantang untuk melakukan peperangan dan pertumpahan darah. Oleh karna itu anda sebagai seorang muslim untuk semakin giat beribadah saat masuk Bulan Muharram seperti lebih taat mengerjakan Shalat Wajib, Shalat Sunah Malam, semakin banyak Berdzikir, Berpuasa dan lain lain sebagainya.

Khusus untuk Puasa di Bulan Rajab sendiri sudah sangat dianjurkan karena Hukum Mengerjakan Puasa Rajab termasuk kedalam Puasa sunah yg artinya akan mendapatkan Pahala besar dan tidak akan mendapatkan dosa bagi mereka yg tak mengerjakannya. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa Perintah Mengerjakan Puasa Rajab sendiri hanya boleh dikerjakan beberapa hari saja sebagai contoh di hari Senin atau Kamis karena pada dasarnya tidak ada Hadist Shahih yg memerintahkan Puasa di Bulan Rajab satu bulan penuh. Nabi Muhammad Saw bersabda yg berbunyi, ” Puasalah pd Bulan – Bulan Muharram atau Haram (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad) ”.

Diriwayatkan didlm Hadist Shahih Imam Muslim, Nabi Muhammad Saw bersabda, ” Seutama – utama puasa selain atau setelah Puasa Ramadhan ialah puasa yg dikerjakan di bulan2 Al Muharram ( Bulan Dzulqa’dah, Bulan Dzulhijjah, Bulan Muharram dan Bulan Rajab) ”. Sehingga jika melihat Sabda Nabi Muhammad Saw pada Hadist Imam Muslim dan Abu Dawud diatas menjadikan Hukum Puasa Bulan Rajab itu sunnah atau sdh diperintahkan untuk dikerjakan karena Bulan Rajab termasuk kedalam salah satu Bulan Al Muharram Bulan yg dimuliakan oleh Alloh Swt, tetapi tidak ada Hadist yg memerintahkan untuk mengerjakan Puasa Rajab satu bulan penuh.

Cara dan Niat Puasa Bulan Rajab di Ajaran Islam

Cara Mengerjakan Puasa Rajab di islam

Untuk Cara Mengerjakan Puasa Bulan Rajab sendiri tentunya dilakukan pada Bulan Rajab pada kalender Islam dan tidak ditentukan oleh tanggal berapa dan hari berapa di Bulan Rajab sehingga bisa dikatakan Puasa Bulan Rajab bisa dilakukan tanggal berapa saja, asal tidak dikerjakan selama satu bulan penuh karena pada intinya puasa rajab dilakukan di Bulan Rajab pada Kalender Islam. Sedangkan Cara Puasa Bulan Rajab dilakukan seperti mengerjakan Puasa Wajib Ramadhan dan Puasa Sunnah lainnya yg dilakukan dg menahan makan, minum dan menahan hawa nafsu dari masuknya waktu imsak atau terbitnya Matahari sampai terbenamnya Matahari dn pd saat terbenam Matahari maka anda sdh bisa berbuka puasa.

Lalu anda jangan lupakan membaca Niat Puasa Rajab yang dibaca sebelum masuknya waktu imsak karena segala sesuatunya tergantung kepada niat kita sendiri sehingga Puasa Rajab yg dilakukan oleh kalian dapat berkah dan diterima oleh Alloh Swt. Adapun untuk aktivitas Makan Sahur sebelum waktu imsak bisa kalian terapkan ataupun tidak karena hal tersebut hanya sebuah Sunnah dalam Berpuasa sehingga untuk kesimpulan dari semuanya bahwa Waktu Puasa Bulan Rajab dilakukan hanya dibulan Rajab (Kalender Islam) yg dapat dilakukan ditanggal berapa saja asalkan dibulan Rajab dan tidak sebulan penuh serta dikerjakan dari Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari dlm menahan makan, minum, hawa nafsu dan menjauhi segala hal yg dapat membatalkan puasa.

Bacaan Niat Puasa Bulan Rajab di Islam

Bacaan Niat Puasa Bulan Rajab di Ajaran Islam

Kemudian perlu kalian ketahui bahwa Niat Puasa Bulan Rajab di atas harus dibacakan sebelum masuk waktu imsak dan Niat Mengerjakan Puasa Rajab pun bisa dibacakan dengan bahasa Indonesia karena segala sesuatu harus dilakukan atau didasari dengan niat yang tulus, Alloh Swt Maha Mendengar dan Maha Mengetahui sehingga bacaan niat puasa bulan rajab bahasa arab ataupun bahasa indonesia bisa didengar oleh Alloh Swt asalkan dengan niat yang tulus dan ikhlas.

Adapun Keutamaan Puasa Bulan Rajab yg bisa kalian dapatkan antara lain akan mendapatkan pahala yg besar karena sudah diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam Sabdanya, akan diberikan keberhakan karena termasuk kedlm Bulan Muharram dan Kelebihan Puasa Bulan Rajab selanjutnya sangat bagus untuk kesehatan anda karena dg berpuasa maka sistem pencernaan kita bisa beristirahat dalam mencerna makanan didalam perut. Untuk itu mulai dari sekarang jika masuk Bulan Rajab dikalender Islam maka usahakan untuk melakukan Puasa Sunah Rajab dan jangan lupa untuk lebih taat dalam beribadah serta berdzikir memohon perlindungan dan ridho Alloh Swt karena Bulan Rajab merupakan salah satu Bulan yg dimulaikan oleh Alloh Swt.

loading...