Waktu dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban Lengkap

Niat Puasa Nisfu Sya’ban – Pembahasan mengenai Puasa Nisfu Sya’ban di Ajaran Islam ialah salah satu puasa sunnah yang dapat dikerjakan dipertengahan Bulan Sya’ban dalam kalender Hijriah (Kalender Islam) bagi setiap Muslim baik Pria maupun Wanita diseluruh Dunia yg sdh Berakal, Cukup Umur (Baligh) dan memenuhi Syarat Sah untuk mengerjakan Puasa karena tidak bisa dipungkiri bahwa Hukum Mengerjakan Puasa Nisfu Sya’ban ini Sunnah dan Hukum Puasa Nisfu Sya’ban Sunnah ini berarti akan mendapatkan Pahala Puasa Sunnah bagi setiap Muslim yang mengerjakannya dan tidak akan mendapatkan Dosa maupun Pahala bagi mereka yg tidak mengerjakan Puasa Nisfu Sya’ban di Bulan Sya’ban dlm Kalender Islam (Hijriah).

Namun perlu kalian ketahui bahwa Puasa Bulan Sya’ban dan Puasa Nisfu Sya’ban tidak ada perbedaan yang mencolok karena Puasa Bulan Sya’ban dikerjakan diawal Bulan Sya’ban hingga pertengahan Bulan Sya’ban, sedangkan untuk Puasa Nisfu Syaban dikerjakan hanya dipertengahan Bulan Syaban saja yaitu pd tanggal 15 dibulan Syaban. Adapun untuk rujukan mengapa disunnahkan mengerjakan Puasa Syaban dan Puasa Nisfu Syaban karena Nabi Muhammad Saw dahulu sering mengerjakan Puasa di Bulan Sya’ban, Bulan dimana Amal Ibadah bagi setiap Muslim akan diserahkan kpd Allah Swt dan tlah dijelaskan oleh Sabda Nabi Muhammad Saw dlm Hadist Shahih yg berbunyi.

” Bulan Sya’ban ialah Bulan yg sering dilupakan oleh setiap Muslim, letak Bulan Sya’ban diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan serta Bulan Sya’ban merupakan Bulan dimana seluruh amal akan dilaporkan kpd Alloh Swt tuhan semesta alam maka dari itu saya senang saat amal saya dilaporkan, saya dlm keadaaan puasa (HR. Tirmidzi, An Nasai dan Ibnu Khuzaimah menshahihkan Hadist ini) ”. Sedangkan Hadist Ahmad no 26022 menyatakan dari Ummu Salamah Ra mengatakan, ” saya tak melihat Nabi Muhammad Saw melakukan puasa dua bulan secara berurutan kecuali beliau melanjutkan Puasa di Bulan Sya’ban dg Puasa Bulan Ramadhan (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah) ”.

Kemudian Keutamaan Puasa Nisfu Sya’ban antara lain akan mendapatkan Pahala Puasa Sunnah, menjadi lebih beriman kepada Alloh Swt karena selalu mengikuti Sunnah Nabi Muhammad Saw dan Keistimewaan Puasa Nisfu Sya’ban tlah diterangkan didlm Sabda Nabi yg berbunyi, ” Apabila tlah datang malam Nisfu Sya’ban maka km Shalatlah pd malamnya dan kerjakanlah Puasa pd siangnya maka sesungguhnya Alloh akan turun pd malam itu sampai terbenamnya Matahari ke langit dunia, lalu Alloh Swt berfirman : Tidaklah seseorang yg memohon ampun kpdku kecuali aku (Alloh) akan mengampuni dia, tidaklah seorang hamba memohon Rizki kepadaku maka akan aku berikan Rezeki, tidaklah seseorang memohon dihindarkan dari balak kecuali akan ku berikan kesehatan dan tidaklah permohonan ini dan permintaan itu kecuali aku (Alloh) mengabulkannya hingga terbitnya Fajar (HR. Ibnu Majah) ”.

Cara dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban Terlengkap

cara mengerjakan puasa nisfu sya'ban lengkap

Untuk Cara Mengerjakan Puasa Nisfu Sya’ban sendiri sangatlah mudah sekali karena dilakukan seperti mengerjakan Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah lainnya dengan menahan Makan, Minum, Menahan Hawa Nafsu dan hal – hal yang dapat membatalkan Puasa Nisfu Sya’ban dari waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa didalam Puasa Nisfu Sya’ban dengan Puasa di Bulan Sya’ban sekali lagi tidak ada perbedaan karena Puasa Nisfu Sya’ban dikerjakan hanya sekali saja yaitu pada tanggal 15 di Bulan Sya’ban.

Sedangkan didlm Puasa di Bulan Sya’ban boleh dilakukan lebih dari sehari baik di awal bulan Sya’ban sampai pertengahan tanggal di Bulan Sya’ban sehingga untuk Niat Mengerjakan Puasa Nisfu Sya’ban tidak ada bedanya dg Niat Puasa di Bulan Sya’ban. Oleh karena itu sudah bisa dipastikan bahwa untuk Waktu Puasa Nisfu Sya’ban dikerjakan di pertengahan Bulan Sya’ban yaitu tanggal 15 dan didalam Cara Puasa Nisfu Sya’ban tidak ada Shalat Tarawih yg dikerjakan dimalam harinya seperti yg ada didlm Puasa Ramadhan, tetapi km dpt melakukan aktivitas Sahur di malam hari sebelum mengerjakan Puasa Nisfu Sya’ban karena didlm Sahur terdapat keberkahan yg dapat kalian dapatkan.

Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya’ban

bacaan niat puasa nisfu sya'ban di ajaran islam lengkap

Untuk Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya’ban diatas tentunya telah kami buatkan lengkap karena tlah terdapat dua terjemahan baik Terjemahan Bahasa Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia sehingga bisa memudahkan kalian dlm membaca dan menghafalkan nya dirumah yg nanti nya bisa km terapkan dimalam Nisfu Sya’ban. Kemudian Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban tersebut bisa kalian bacakan di malam hari pada tanggal 15 di Bulan Sya’ban setelah mengerjakan Sholat Wajib Maghrib maupun Sholat Wajib Isya sampai sebelum masuk waktu Imsak.

Lalu sebagai tambahan saja bahwa didalam Malam Nisfu Sya’ban atau malam pertengahan Bulan Sya’ban pada Kalender Hijriyah (Kalender Islam) memang mulia atau istimewa dan hal tersebut dibuktikan didalam Hadist Shahih yg Riwayatkan oleh Ibnu Majah yg telah kami tuliskan diatas sehingga selain melakukan Puasa Nisfu Sya’ban, ada baiknya bagi setiap Muslim untuk mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu secara tepat dan berjamaah, menunaikan Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Hajat atau Sholat Sunnah Taubat dan bersedekah serta perbanyak membaca Dzikir Istighfar, Sholawat Nabi dan Dzikir lainnya karena hal tersebut berguna untuk memohon ampunan, perlindungan dan ridho dari Alloh Swt.

Waktu dan Niat Puasa Nisfu Sya’ban Lengkap | Rukun | 4.5