Cara, Hukum dan Niat Puasa Sya’ban Lengkap

Friday, April 8th 2016. | Puasa Sya'ban

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Niat Puasa Sya’ban – Pengertian Puasa Sya’ban di Ajaran Islam ialah salah satu Puasa Sunnah dibulan Sya’ban dalam kalendar Hijriyah (Kalender Islam) yang dapat ditunaikan oleh setiap Muslim baik Laki – Laki maupun Perempuan yang sudah Baligh, Berakal dan Sehat untuk mengerjakan Puasa, sedang untuk Puasa Nisfu Sya’ban sendiri adalah Puasa yang dapat dilakukan di pertengahan Bulan Sya’ban. Adapun untuk Hukum Mengerjakan Puasa Sya’ban adalah Sunnah dan Hukum Puasa Sya’ban Sunnah ini memiliki pengertian akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Puasa Sya’ban bagi setiap Muslim yang mengerjakan Puasa di Bulan Sya’ban dan tidak akan mendapatkan apa – apa baik Dosa dan Pahala bagi setiap Muslim yang tidak mengerjakan Puasa Sya’ban.

Kemudian untuk rujukan mengapa Hukum Puasa Sya’ban ini Sunnah karena Nabi Muhammad Saw sering mengerjakan Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban dan hal ini dijelaskan didalam Hadist Riwayat Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah yg mengatakan dari Ummu Salamah Ra berkata, ” Aku tidak melihat Nabi Muhammad Saw berpuasa dua bulan secara berurutan kecuali beliau melanjutkan Bulan Sya’ban dg Bulan Ramadhan (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah) ”. Sedangkan didalam Hadist Riwayat Bukhari no 1971 dan Muslim no 1157 dari Ibnu Abbas Ra mengatakan, ” Nabi Muhammad Saw tidak pernah melakukan Puasa sebulan penuh kecuali di Bulan Ramadhan (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Melihat Kedua Hadist Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa Nabi Muhammad Saw memang sering melakukan Puasa di Bulan Sya’ban tetapi tidak penuh dalam satu bulan karena Nabi Muhammad Saw hanya mengerjakan Puasa penuh satu bulan hanya di Bulan Ramadhan saja. Lalu untuk Keutamaan Puasa Sya’ban sendiri tlah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Bulan Sya’ban merupakan Bulan yg sering dilupakan oleh umat Manusia, letaknya diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan (Kalender Islam Hijriyah) dan Bulan Sya’ban adlh bulan dimana seluruh amal dilaporkan kepada Alloh Swt, Tuhan semesta alam. maka dari itu saya senang ketika amal saya dilaporkan dan saya dlm keadaan berpuasa (Hadist Riwayat An Nasai) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sedangkan Manfaat dan Keistimewaan Mengerjakan Puasa Sya’ban selanjutnya telah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw dalam Hadist Shahih yang berbunyi, ” Keutamaan Bulan Sya’ban atas bulan2 yg lain seperti keutamaanku atas semua Nabi dan keutamaan Bulan Ramadhan atas bulan2 yg lain seperti Keutamaan Alloh Swt atas semua Makhluknya ”. Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa Bulan Sya’ban sangatlah Mulia dan didalamnya terdapat Malam Istimewa yaitu Malam Nisfu Sya’ban (Pertengahan Bulan Sya’ban) sehingga sangat disayangkan jika kalian tidak mengerjakan Puasa di Bulan Sya’ban karena Nabi Muhammad Saw juga sering mengerjakan Puasa di Bulan Sya’ban walaupun tidak penuh dalam satu Bulan.

Cara, Waktu dan Niat Puasa Sya’ban di Ajaran islam

waktu mengerjakan puasa sya'ban di ajaran islam

Untuk Cara Mengerjakan Puasa Sya’ban ini masih sama seperti mengerjakan Puasa Bulan Ramadhan ataupun Puasa Sunnah lainnya yang dimulai dari Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari (Masuk Waktu Shalat Maghrib) untuk berpuasa tidak makan, minum, menahan hawa nafsu, emosi dan perkara lainnya yang bisa membuat batal puasa. Namun di dlm Cara Puasa Sya’ban ini tidak ada Shalat Sunnah Tarawih dimalam harinya seperti yg terdapat pd Puasa Bulan Ramadhan, hanya saja untuk Sahur Puasa Sya’ban masih diSunnahkan atau boleh Sahur dan boleh tidak Sahur karena perlu kalian ketahui bahwa didalam Sahur Puasa terdapat keberkahan yg dapat kalian peroleh.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Adapun untuk Waktu Mengerjakan Puasa Sya’ban tentunya dilakukan di Bulan Sya’ban pada Kalander Hijriyah (Kalender Islam) dan perlu kalian mengetahui urutan dalam Kalender Hijriyah tersebut yg pertama Bulan Muharram, Bulan Safar, Bulan Rabiul Awal, Bulan Rabiul Akhir, Bulan Jumadil Awal, Bulan Jumadil Akhir, Bulan Rajab, Bulan Sya’ban, Bulan Ramadhan, Bulan Syawal, Bulan Dzulkaidah dan Bulan Dzulhijjah. Lalu untuk Waktu Puasa Bulan Sya’ban sendiri bisa kalian lakukan di Awal Bulan Sya’ban sampai pertengahan Bulan antara tanggal 13, 14 dan 15 atau paling tidak kalian lakukan pada tanggal 15 karena tanggal tersebut merupakan Hari Nisfu Sya’ban yg sangat mulia dan baik sekali untuk mengerjakan Puasa Sya’ban.

Bacaan Niat Puasa Sya’ban Lengkap

bacaan niat puasa sya'ban di ajaran islam lengkap

Bacaan Niat Puasa Bulan Sya’ban diatas tentunya sudah saya lengkapi dengan terjemahan Bahasa Latin dan Artian dalam Bahasa Indonesia sehingga anda sebagai pengunjung tidak akan mengalami kesulitan dalam membaca dan dapat memudahkan kalian dalam mengahafalkannya untuk diterapkan di Bulan Sya’ban. Adapun untuk Waktu Membaca Niat Mengerjakan Puasa Sya’ban bisa kalian lakukan di malam hari setelah mengerjakan Shalat Maghrib ataupun Shalat Isya sampai sebelum datangnya Waktu Imsak karena Waktu Imsak digunakan sebagai kalian untuk memulai Puasa Sya’ban hingga Matahari tenggelam dan membaca Niat Puasa Sya’ban itu sangatlah penting karena sesuatu hal itu dihitung dari niatannya.

Kemudian sebagai tambahan saja bahwa sebaiknya kalian di Bulan Sya’ban memperbanyak mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah Malam lainnya seperti mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Taubat dan Sholat Sunnah Istikharah serta perbanyaklah membaca Dzikir seperti Dzikir Istighfar, Tahmid, Tahlil dan Dzikir Sholawat Nabi Muhammad Saw karena keutamaan membaca Dzikir bisa berguna untuk mendekatkan diri kpd Allah Swt dan anda jg dapat memberikan sedekah serta mengerjakan Puasa Bulan Sya’ban dengan sungguh – sungguh dan penuh ikhlas karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Bulan Sya’ban merupakan Bulan Istimewa dan Mulia dibawah Bulan Ramadhan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...