Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari dan Keutamaannya

Tuesday, August 15th 2017. | Puasa Sunah
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari – Setelah dipertemuan sebelumnya telah saya bahas tentang Hukum Membaca Suratan Pendek disaat mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu maka sekarang tiba saatnya bagi saya untuk menjelaskan kepada kalian semua para pembaca di laman Rukun Islam tentang Puasa Sunnah di Bulan Syawal selama 6 hari berturut – turut, yang tentunya akan dibahas secara lebih dalam dan detail kepada kalian semua Umat Muslim di Indonesia.

Langsung saja untuk Pengertian Puasa 6 Hari di Bulan Syawal didalam Ajaran Islam adalah Puasa Sunnah yang bisa kalian kerjakan di Bulan Syawal dalam Kalender Hijriyah dan Waktu Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal ini sendiri dapat dikerjakan dan dilakukan pada tanggal 2 Syawal sampai 7 Syawal dalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam) karena pada tanggal 1 Syawal (Hari Raya Idul Fitri) merupakan hari dimana dilarang dan tidak diperbolehkan untuk Berpuasa sehingga Puasa Sunnah 6 Hari Syawal ini dimulai pada tanggal 2 Bulan Syawal.

Adapun untuk Hukum Mengerjakan Puasa 6 Hari Bulan Syawal tentunya Sunnah, bukan Wajib sehingga kalian sebagai seorang Muslim yang tidak mengerjakan Puasa Sunnah di Bulan Syawal ini tidak akan mendapatkan Dosa. Hanya saja perlu ditekankan disini bahwa salah satu Keutamaan Puasa 6 Hari Bulan Syawal adalah akan mendapatkan Pahala Berpuasa Sunnah yang sangat banyak sehingga sangatlah merugi jika kalian sebagai seorang Muslim tidak melakukan Puasa Sunnah Syawal 6 hari ini karena akan melewatkan Pahala yang banyak.

Keutamaan Puasa Syawal 6 Hari yang banyak tersebut pun telah dijelaskan di beberapa Hadist Shahih seperti didalam Hadist Shahih Riwayat Muslim, Ibnu Majah dan At Tirmidzi yang menerangkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda yang berbunyi, ” Barangsiapa yang mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan dan diikuti (Diteruskan) dengan mengerjakan Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal maka pahalanya seperti mengerjakan Puasa 1 Tahun penuh (Hadist Shahih Riwayat Muslim, At Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah) ”.

Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari dan Terjemahannya

Dibawah ini telah saya tuliskan Bacaan Lafadz Niat Mengerjakan Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal secara lengkap karena telah dituliskan dengan Terjemahan Latin dan Artian dalam Bahasa Indonesia agar bisa memudahkan kalian dalam membaca dan menghafalkannya.

Niat Puasa Syawal 6 Hari dalam Islam


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Diatas merupakan Niat Puasa Syawal 6 Hari yang bisa kalian bacakan jika kalian sebagai seorang Muslim berniat untuk mengerjakan Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal didalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam). Dan tentunya kalian sebagai seorang Muslim bisa membaca Niat Puasa Sunnah Syawal 6 Hari dengan bacaan Bahasa Indonesia karena didalam mengerjakan Puasa Sunnah yang terpenting ialah Niatnya sehingga boleh membaca Niat Puasa Sunnah dengan Bahasa Arab maupun dengan Bahasa Indonesia.

Tata Cara Puasa Syawal 6 Hari Yang Benar

Untuk Tata Cara Mengerjakan Puasa Sunnah Syawal 6 Hari yang diawali pada tanggal 2 Syawal sampai 7 Syawal dalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam) ini sangatlah mudah dan gampang sekali karena mengerjakan Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal masih sama seperti mengerjakan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan maupun Puasa Sunnah yang lainnya seperti Puasa Sunnah Senin Kamis, yakni dengan menahan Makan, Menahan Minum dan Menahan Nafsu Syahwat serta tidak melakukan hal – hal dapat menyebabkan Puasa Batal yang dimulai dari Waktu Imsak sampai Masuknya Waktu Shalat Maghrib.

Adapun untuk masalah Sahur didalam Puasa Sunnah Syawal ini bisa kalian lakukan ataupun bisa kalian tidak dilakukan karena perkara Sahur didalam Puasa Sunnah dan Puasa Wajib Ramadhan merupakan Perkara Sunnah didalam Puasa. Hanya saja Manfaat Sahur sebelum Berpuasa sangatlah penting karena setidaknya bisa memberikan asupan makanan agar kalian bisa lebih mudah dan kuat saat mengerjakan Puasa Sunnah Syawal 6 Hari maupun Puasa Sunnah lainnya seperti Puasa Sunnah Senin Kamis yang banyak manfaatnya.

Demikianlah pembahasan tentang Tata Cara dan Niat Puasa Syawal 6 Hari didalam Ajaran Islam dan semoga saja ulasan tentang Puasa Sunnah 6 Hari ini bisa berguna dan menambahkan ilmu kepada kalian para pembaca Muslim karena saya pribadi sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang belum mengenal dan mengetahui secara lebih dalam tentang Puasa Sunnah 6 Hari di Bulan Syawal ini, padahal Puasa Sunnah ini sangatlah banyak Keutamaannya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , ,