Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan di Ajaran Islam

Monday, March 20th 2017. | Berpuasa

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Niat Qadha Puasa Ramadhan – Pengertian Puasa Qadha Ramadhan didalam Ajaran Islam ialah menunaikan Puasa yg dilaksanakan di Luar Bulan Ramadhan, yang dimaksudkan untuk sebagai pengganti Puasa yang ditinggalkannya di Bulan Ramadhan sehingga Jumlah Puasa Qadha ini dikerjakan sesuai dengan Jumlah Puasa Ramadhan yang ditinggalkannya.

Sebagai contoh jika seorang Muslim dan Muslimah tidak mengerjakan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan selama 5 Hari maka ia diwajibkan untuk mengganti Puasa Ramadhan (Qadha Puasa Ramadhan) di Bulan – Bulan Selanjutnya selama 5 Hari pula dan batasnya sebelum datangnya Bulan Ramadhan di tahun depan. Perlu kalian ketahui bahwa untuk Hukum Qadha Puasa Ramadhan wajib hukumnya Sehingga jika kalian sebagai seorang Muslim tidak mengerjakan Puasa Ramadhan maka sudah diwajibkan untuk mengqadha-nya karena Hukum Puasa Ramadhan juga wajib dikerjakan.

Adapun Firman Allah SWT untuk kewajiban mengerjakan Qadha Puasa Ramadhan telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 184 yang berbunyi, ” Barang siapa yg sakit atau dlm perjalanan lalu dia berbuka, maka wajiblah bagi-nya untuk berpuasa sebanyak hari yg ditinggalkan itu pada hari – hari yang lain. Dan Wajib bagi orang2 yg berat menjalankan-nya (Jika mereka tak Berpuasa) maka membayar Fidyah yakni memberikan makan seorang Miskin. Barangsiapa yang dg kerelaan hati menunaikan kebajikan, maka itulah yg lebih baik bagi-nya dan berpuasa lebih baik bagimu jika km mengetahui. (QS. Al Baqarah, Ayat : 184) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan Secara Lengkap

niat qadha puasa ramadhan

Oleh karena itu dengan melihat Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 184 diatas, maka sudah sangat jelas bahwa mengganti (Qadha) Puasa Ramadhan merupakan perkara wajib bagi kalian setiap Muslim Muslimah yang meninggalkan Puasa Ramadhan dan Qadha Puasa Ramadhan bisa diganti dengan memberikan makanan kepada Orang Miskin jika kalian tidak bisa menjalankan Qadha Puasa Ramadhan tersebut, selama banyaknya hari puasa ramadhan yg ditinggalkannya.

Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Terjemahan

niat puasa qadha ramadhan


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan diatas yang telah dibuat secara lengkap dengan Terjemahan Latin dan Bahasa Indonesia, bisa kalian bacakan disetiap akan mengerjakan Puasa Qadha sebagai pengganti Puasa Ramadhan yang ditinggalkan oleh kalian dan untuk Waktu Membaca Niat Qadha Puasa Ramadhan ini bisa kalian lakukan selepas Shalat Isya (Malam Hari) sampai datang Waktu Imsak sebelum Subuh.

Kemudian didalam membaca Niat Qadha Puasa Ramadhan ini bisa kalian bacakan baik secara lisan maupun didalam hati dan dapat dibaca dengan Bahasa Arab, maupun dalam Terjemahan Bahasa Indonesia karena yang terpenting mempunyai Niat Mengerjakan Puasa Qadha karena Allah Ta’alaa.

Mungkin seperti itu saja ulasan tentang Niat Puasa Qadha sebagai pengganti Puasa Ramadhan dan perlu kalian ingatkan sekali lagi bahwa Hukum Mengerjakan Puasa Qadha Ramadhan ialah Wajib dilakukan karena telah diperintahkan oleh Allah SWT yang telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 184 sehingga bagi kalian Muslim Laki – Laki, alangkah baiknya jika kalian tidak meninggalkan Puasa Wajib Bulan Ramadhan agar tidak diwajibkan untuk mengerjakan Puasa Qadha di Hari – Hari berikutnya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...