Tata Cara dan Niat Sholat Idul Fitri Secara Berjamaah

Monday, June 5th 2017. | Shalat Sunnah

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Niat Sholat Idul Fitri – Sebelum membahas terlebih jauh tentang Tata Cara dan Niat Mengerjakan Sholat Idul Fitri, sangat bijak sekali bagi kalian sebagai seorang Umat Muslim, khususnya yang ada di Indonesia untuk mengetahui apa itu Sholat Idul Fitri (Sholat Id) di dalam Islam. Langsung saja untuk Pengertian Sholat Idul Fitri adalah Sholat Hari Raya Umat Islam yang dilakukan disetiap tanggal 1 Syawal dalam Kalender Hijriah (Kalender Islam) dengan ketentuan yang sudah ditetapkan dan sangat baik sekali untuk dikerjakan oleh setiap Muslim dan Muslimah.

Hal tersebut dikarenakan Sholat Idul Fitri merupakan Sholat Sunnah yang mempunyai banyak keistimewaan didalamnya sehingga sudah sangat baik sekali untuk dikerjakan oleh setiap muslim, apalagi Hukum Mengerjakan Sholat Idul Fitri didalam Islam ialah Sunnah Muakkad. Hukum Sholat Idul Fitri yang Sunnah Muakkad ini mempunyai pengertian sebagai Sholat Sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena didalamnya terdapat banyak Keistimewaan seperti akan mendapatkan Pahala yang banyak bagi setiap Muslim yang mengerjakan Sholat Idul Fitri di 1 Syawal (Kalender Islam).

Dan jika terdapat seorang Muslim yang tidak mengerjakan Sholat Idul Fitri, maka tidak akan mendapatkan Dosa karena sekali lagi Hukum Sholat Id (Sholat Idul Fitri) ialah Sunnah Muakkad bukan Wajib Fardhu Ain. Namun perlu ditekankan disini bahwa sangat disayangkan sekali jika terdapat seorang Muslim yang tidak mengerjakan Sholat Idul Fitri ini karena Sholat Idul Fitri selain telah di Sunnah Muakkad’ kan dan mempunyai Keistimewaan yang banyak, Nabi Muhammad SAW sendiri mengerjakan Sholat Hari Raya Idul Fitri dan memberikan Khutbah disaat datang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hal tersebut seperti diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi, ” Diriwatkan dari Abu Said, bahwa dia berkata : Adalah Nabi Muhammad SAW bahwa pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha beliau keluar ke Musholla (Masjid atau Padang), maka yang pertama Beliau lakukan adalah Sholat, lalu setelah selesai Beliau berdiri menghadap kepada Manusia sedang Manusia masih tetap Duduk Tertib pada Shaf mereka. Kemudian Beliau memberikan Khutbah apabila Beliau hendak mengutus tentara atau ingin memerintahkan sesuatu yg sudah Beliau putuskan, Beliau perintahkan setelah selesai dia pergi (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Sebagai Imam dan Makmum

cara dan niat sholat idul fitri

Setelah kalian mengetahui tentang Pengertian dan Hukum Sholat Hari Raya Idul Fitri, sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengerti akan Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Secara Berjamaah baik yang bertindak sebagai Imam Sholat Idul Fitri maupun sebagai Makmum Sholat Idul Fitri karena salah satu Sunnah didalam Sholat Idul Fitri ialah dikerjakan secara Berjamaah dan Pahala Sholat Secara Berjamaah juga akan lebih banyak diperoleh daripada mengerjakan Sholat Secara Sendirian.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Sholat Idul Fitri Sebagai Imam

Niat Sholat Idul Fitri Sebagai Imam

Niat Sholat Idul Fitri Sebagai Makmum

niat mengerjakan sholat idul fitri sebagai makmum

Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Idul Fitri Secara Berjamaah (Imam dan Makmum Sholat) diatas telah ditulis secara lebih detail karena sudah dibuat dengan Bahasa Arab, Latin dan Artian Indonesia sehingga diharapkan mampu memberikan kemudahan kepada kalian para pembaca yang akan mengerjakan Sholat Sunnah Idul Fitri karena sekali lagi Sholat Idul Fitri merupakan salah satu Sholat Sunnah Muakkad yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap Muslim.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Fitri

Kemudian untuk Tata Cara Sholat Idul Fitri sangatlah gampang karena dikerjakan seperti mengerjakan Sholat Sunnah Dua Raka’at pada umumnya yang diawali dengan membaca Niat Sholat Idul Fitri dan diakhiri dengan Salam di Raka’at Kedua (Raka’at Terakhir). Hanya saja didalam Sholat Idul Fitri ditambah beberapa Sunnah – Sunnah seperti melakukan Takbir sebanyak Tujuh Kali di Raka’at Pertama dan melakukan Takbir sebanyak Lima Kali di Raka’at Kedua dengan membaca TASBIH setelah melakukan Takbir tersebut.

Dikerjakan secara Berjamaah dengan Jumlah Raka’at sebanyak Dua Raka’at dan disunnahkan membaca Surat Qaaf di Raka’at Pertama dan Surat Al Qamar di Raka’at Kedua atau membaca Surat A’la di Raka’at Pertama dan Surat Al Ghasiyah di Raka’at Kedua. Imam Sholat Idul Fitri menyaringkan Bacaannya di Kedua Raka’at Sholat Idul Fitri dan terdapat Dua Khutbah setelah mengerjakan Sholat Idul Fitri yang sebaiknya menerangkan (menjelaskan) tentang Zakat Fitrah didalam Khutbah Sholat Idul Fitri.

Itulah penjelasan tentang Cara dan Niat Sholat Idul Fitri Secara Berjamaah yang bisa saya tuliskan diartikel ini dan semoga apa yang sudah dituliskan disini dapat bermanfaat bagi kalian, khususnya para Muslim dan Muslimah yang ada di Indonesia karena sekali lagi Sholat Idul Fitri merupakan salah satu Sholat Sunnah Muakkad yang sangat dianjurkan sekali untuk dikerjakan oleh tiap – tiap Muslim sehingga sangat baik sekali bagi kalian untuk mengetahui Tata Cara, Niat dan Ketentuan Sholat Idul Fitri yang datang sekali dalam setahun di Bulan Syawal (Kalender Islam).


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...