Bacaan Niat Sholat Jum’at Sebagai Imam dan Makmum

Sunday, February 5th 2017. | Shalat Wajib

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Niat Sholat Jum’at – Sebelum membahas tentang Niat Sholat Jum’at Secara Berjamaah yang ada Imam Shalat dan Makmum Shalatnya, ada baiknya jika kalian sebagai pembaca untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang Sholat Jum’at ini karena Pengertian Sholat Jum’at didalam Islam merupakan salah satu Sholat Wajib Fardhu A’in untuk seorang Pria (Laki – Laki) yang dilakukan pada hari Jum’at secara Berjama’ah dengan Jumlah Raka’at sebanyak 2 Raka’at dan dikerjakan sebagai pengganti Shalat Dzuhur di Hari Jum’at.

Oleh karena itu bisa diterangkan sekali lagi bahwa Hukum Sholat Jum’at adalah Fardhu Ain (Wajib) Bagi Kaum Laki – Laki sebagai pengganti Sholat Dhuhur di Hari Jum’at sehingga akan memperoleh Pahala bagi setiap Muslim Laki – Laki yang mengerjakan Sholat Jum’at di Hari Jum’at dan akan mendapatkan Dosa jika kalian sebagai Muslim Laki – Laki tidak mengerjakan Shalat Jum’at di Hari Jum’at karena sekali lagi Hukum Mengerjakan Shalat Jumat ini adalah Fardhu Ain atau Wajib bagi Kaum Muslim Laki – Laki.

Kemudian didalam Al Qur’an sendiri sebagai Kitab Suci Agama Islam sudah menerangkan perihal Perintah Mengerjakan Sholat Jum’at ini dan Perintah Allah SWT tentang Sholat Jum’at yang telah dituliskan didalam Al Qur’an Surat Al Jumu’ah Ayat 9 yang berbunyi, ” Hai Orang – Orang yg beriman, apabila diseru untuk mengerjakan Sholat Jum’at maka bersegeralah km kepada mengingat Allah dan tinggalkan-lah jual beli. Yg demikian itu lebih baik bagimu jika km mengetahui (QS. Al Jumu’ah Ayat 9) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sedangkan untuk Golongan Yang Diwajibkan Mengerjakan Sholat Jum’at antara lain Seorang Muslim yang telah Baligh (Cukup Umur) dan Berakal, Laki – Laki (Pria), Orang yang merdeka (Bukan Budak), Bukan Musafir (Orang yang menetap) dan Orang yang tidak mempunyai halangan apapun. Lalu Golongan Yang Tidak Diwajibkan Untuk Mengerjakan Sholat Jum’at antara lain Seorang Budak, Musafir, Anak Kecil, Wanita (Perempuan), Orang Yang Tertidur Pulas, Orang Sakit dan Orang Gila.

Adapun Waktu Mengerjakan Sholat Jum’at sendiri dilakukan di Waktu Sholat Dhuhur (Siang Hari) di Hari Jum’at karena Sholat Jum’at didalam Islam ini merupakan Sholat Wajib Fardhu Ain yang dilaksanakan oleh tiap – tiap Muslim Laki – Laki di Hari Jum’at menggantikan Sholat Dhuhur dan untuk Syarat – Syarat Sah Sholat Jum’at tersebut antara lain Tempat Untuk Mengerjakan Sholat Jum’at harus ditentukan, Dilakukan Dalam Waktu Sholat Dhuhur, Sebelum Sholat Jum’at didahului oleh Dua Khutbah dan Jumlah Orang yg Berjamaah Sholat Jum’at sekurang – kurangnya 40 Orang Muslim Laki – Laki.

Setelah mengetahui beberapa Point – Point Penting didalam Sholat Jum’at yang telah dijelaskan diatas, sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Bacaan Niat Shalat Jumat Sebagai Imam dan Sebagai Makmum secara lengkap karena sekali lagi Tata Cara Mengerjakan Sholat Jum’at ini dilakukan secara Berjamaah dengan Jumlah Raka’at sebanyak Dua Raka’at sehingga didalamnya ada Imam Shalat Jum’at dan ada Makmum Shalat Jum’at.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat Sholat Jum’at Sebagai Imam Sholat

niat sholat jum'at sebagai imam dan makmum

Bacaan Niat Sholat Jum’at Sebagai Makmum Sholat

niat shalat jumat sebagai imam dan makmum

Itulah Bacaan Niat Sholat Jumat Sebagai Imam dan Makmum yang sudah saya sampaikan dan tuliskan kepada kalian sebagai pembaca Muslim secara lebih lengkap karena didalamnya telah diberikan Terjemahan Dalam Bahasa Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesianya agar kalian bisa lebih mudah saat membaca dan menghafalkan Niat Shalat Jum’at Sebagai Imam dan Makmum tersebut, karena perlu ditekankan sekali lagi bahwa Sholat Jum’at dilakukan secara Berjamaah dengan sekurang – kurangnya 40 Orang Laki – Laki Muslim menurut Imam Syafi’i.

Adapun sebagai tambahan saja bahwa kalian sebagai seorang Muslim sangat baik sekali jika memperbanyak membaca Dzikir Setelah Sholat Jum’at karena Keutamaan Berdzikir sangatlah banyak dan beberapa contohnya ialah hati bisa menjadi lebih tenang, menjadi semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, akan mendapatkan Pahala Berdzikir yang banyak dan akan diberikan perlindungan oleh Allah SWT.

Tentunya setelah kalian membaca Dzikir, bisa dilanjutkan dengan membaca Doa Setelah Sholat Jum’at karena kita sebagai seorang Muslim memang sudah diperintahkan untuk berdoa dan meminta hanya kepada Allah SWT sehingga waktu yang sangat bagus untuk memohon dan meminta kepada Allah SWT ialah selepas mengerjakan Sholat baik itu Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...