Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Jum’at Berjamaah Lengkap

Cara dan Niat Sholat Jum’at Berjamaah – Pembahasan mengenai Sholat Jum’at didalam Ajaran Islam ialah salah satu Ibadah Sholat Wajib yang bisa dilakukan dan dikerjakan oleh setiap Muslim Laki – Laki di Hari Jum’at secara Berjamaah, sebagai pengganti Sholat Dzuhur di Hari Jum’at sehingga Sholat Jum’at ini dilakukan di Siang Hari karena dikerjakan sebagai Pengganti Sholat Dzuhur di Hari Jum’at. Selain itu Sholat Jum’at ini dilakukan sebanyak 2 Rakaat dan 1 salam dengan diawali oleh 2 Khutbah, dan menurut Madzhab Imam Syafi’i mengatakan bahwa Sholat Jum’at Berjamaah ini minimal dilakukan sebanyak 40 Orang Jamaah Muslim Laki – Laki.

Lalu didalam Hukum Mengerjakan Sholat Jum’at Bagi Laki – Laki Muslim adalah Wajib sehingga akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Jum’at yg banyak bagi Setiap Muslim – Muslimah yang mengerjakan Sholat Jum’at 2 Rakaat, dan akan mendapatkan Dosa Besar jika meninggalkan (tidak mengerjakan) Sholat Jum’at ini karena sekali lagi Sholat Jumat itu Wajib dikerjakan bagi Laki – Laki Muslim yg sudah Baligh dan Berakal. Hanya saja terdapat Golongan (Orang) Yg Tidak Diwajibkan untuk mengerjakan Sholat Jum’at ini seperti Hamba Sahaya (Budak), Musafir, Wanita, Orang Sakit, Orang Yg Tidur Pulas, Orang Gila dan Anak Kecil.

Dalil Hadits Tentang Sholat Jum’at

Kemudian didalam Dalil Hadits Mengerjakan Sholat Jum’at ini telah banyak diterangkan dan dijelaskan, salah satunya bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Al-Jumu’ah Ayat 9 bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman berbunyi : ” Hai Orang-Orang yg beriman, apabila diseru untuk mengerjakan Sholat Jum’at, maka bersegeralah km kepada mengingat Allah dan tinggalkan’lah Jual Beli. Yang demikian itu lebih baik bagi km jika km mengetahui (QS. Al-Jumu’ah, Ayat : 9). Selain itu bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Thariq bin Syihab bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi :

” Sholat Jumat ialah hak yg wajib atas setiap Muslim secara Berjamaah, selain atas 4 Golongan yakni Hamba Sahaya (Budak), Wanita, Orang Sakit dan Anak Kecil (HR. Abu Dawud) ”. Lalu Hadits Shahih dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Hendak-nya orang yg suka meninggalkan Sholat Jumat itu menghentikan kebiasan buruk-nya, atau Allah akan mengunci Mata Hatinya, lalu ia akan menjadi Orang Ghafilin atau Orang Lalai (HR. Muslim, No. 865) ”. Dari Jabir bin Abdillah bahwa Rasulullah SAW bersabda : ” Siapa yg meninggalkan Sholat Jum’at sebanyak 3 kali, bukan karna Darurat maka Allah akan mengunci hatinya (HR. Ibnu Majah) ”.

Dengan melihat Hadits dan Dalil Perintah Mengerjakan Sholat Jumat diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Sholat Jumat merupakan termasuk kedalam Sholat Wajib yang harus dikerjakan bagi Setiap Muslim Laki – Laki Yg Baligh dan Berakal karena Sholat Jumat dilakukan sebagai pengganti Sholat Dzuhur di hari Jumat. Oleh karena itu ada baiknya bagi kalian Pembaca Muslim di Rukun Islam ini untuk lebih memahami secara lebih detail mengenai ulasan Tata Cara Sholat Jumat dan Niat Sholat Jumat Secara Berjamaah yang telah ditulis secara lebih dalam dibawah ini karena sekali lagi Sholat Jum’at ini termasuk kedalam Sholat Wajib yang harus dikerjakan oleh Setiap Muslim Laki – Laki.

Bacaan Niat Sholat Jum’at Secara Berjamaah

Dibawah ini Penulis Rukun Islam telah memberikan Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Jum’at Secara Berjamaah, baik sebagai Imam Sholat dan Makmum Sholat Jum’at karena sekali lagi perlu ditekankan disini bahwa Sholat Jum’at Dua Rakaat ini dikerjakan dan dilakukan secara Berjamaah, bukan secara Sendirian dirumah. Dibawah ini telah Penulis buatkan untuk kalian semua Bacaan Niat Menunaikan Sholat Jum’at Berjamaah dan Terjemahan Lengkap Arab, Latin dan Indonesia.

Bacaan Niat Sholat Jum’at Sebagai Imam

niat menunaikan sholat jumat sebagai imam

Bacaan Niat Sholat Jum’at Sebagai Makmum

niat mengerjakan sholat jumat sebagai makmum

Bacaan Niat Sholat Jum’at sebagai Imam dan Makmum diatas bisa kalian bacakan dan ucapkan ketika kalian akan mengerjakan Sholat Jum’at di Hari Jum’at, baik dibacakan secara lirih didalam Mulut maupun dibacakan didalam Hati. Hal tersebut dikarenakan menurut Madzhab Imam Syafi’i telah menjelaskan bahwa dibolehkan untuk melafalkan (membacakan) niat sebelum mengerjakan Sholat, baik Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah.

Tata Cara Sholat Jum’at Secara Berjamaah

Setelah kalian mengetahui Bacaan Niat Sholat Jum’at Secara Berjamaah dan Terjemahan Arab Latinnya, maka dibawah ini akan Penulis berikan Tata Cara Mengerjakan Sholat Jum’at Secara Berjamaah yang baik dan benar. Namun perlu ditekankan terlebih dahulu disini kepada kalian Para Pembaca Muslim, bahwa Sholat Jum’at itu dilakukan dengan Jumlah Rakaat Sholat Jum’at sebanyak 2 Rakaat dan sebelum mengerjakan Sholat Jum’at 2 Rakaat ini, terdapat 2 Khutbah yang dibacakan oleh Khotib Sholat Jum’at.

Tata Cara Sholat Jum’at Secara Berjamaah Sebagai Imam Sholat Jum’at, dilakukan di Rakaat Pertama dengan awalan membaca Niat Sholat Jum’at, dan dilanjutkan dg Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram dan membaca Doa Iftitah, Suratan Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an (Dianjurkan membaca Suratan Al Qur’an Yg Panjang dan Suaranya dinyaringkan biar Makmum Sholat bisa mendengarkan). Setelah itu dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Ruku, dilanjutkan dg Gerakan Sholat Itidal, dilanjut dg Gerakan Sholat Sujud Pertama, dilanjutkan Gerakan Sholat Duduk diantara 2 Sujud, dilanjutkan Gerakan Sholat Sujud Kedua dan dilanjutkan dengan berdiri kembali di Rakaat Kedua.

cara dan niat sholat jum'at secara berjamaah

Setelah berdiri kembali di Rakaat Kedua Sholat Jum’at ini, maka langsung membaca Surat Al Fatihah dan membaca Suratan Al Qur’an (Dianjurkan membaca Suratan Al Qur’an Yg Panjang dan Suaranya dinyaringkan biar Makmum Sholat bisa mendengarkan). Setelah selesai membaca Suratan Al Qur’an maka bisa dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Ruku, dilanjutkan dg Gerakan Sholat Itidal, dilanjutkan dg Gerakan Sholat Sujud Pertama, dilanjutkan Gerakan Sholat Duduk diantara 2 Sujud, dilanjutkan Gerakan Sholat Sujud Kedua dan dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Duduk Tahiyat Akhir, setelah selesai membaca Doa Tahiyat Akhir di Rakaat Kedua Sholat Jum’at maka diteruskan dg Gerakan Sholat Salam.

Ketika telah selesai melakukan Gerakan Sholat Salam di Rakaat Kedua (Rakaat Terakhir) Sholat Jum’at maka telah selesailah Sholat Jum’at yang dikerjakan oleh kalian, baik Imam dan Makmum Sholat. Lalu sebagai tambahan informasi saja bahwa Seorang Makmum Sholat Jum’at, harus mengikuti Gerakan – Gerakan Sholat Imam Sholat Jum’at dan Makmum Sholat tidak boleh mendahului Gerakan – Gerakan Sholat sebelum Imam Sholat melakukannya. Selain itu sangat dianjurkan sekali bagi kalian Umat Muslim Laki – Laki, bahwa telah dianjurkan untuk membaca Dzikir dan Doa Setelah Mengerjakan Sholat Jum’at karena salah satu Waktu Baik Membaca Doa ialah setelah mengerjakan Sholat.

Dzikir Pendek Setelah Sholat Jum’at Lengkap

dzikir setelah sholat jum'at yang pendek

Bacaan Dzikir Sesudah Sholat Jum’at Yang Pendek diatas bisa kalian amalkan dan bacakan setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Jum’at Dua Rakaat Secara Berjamaah dan sebelum membaca Doa Sesudah Sholat Jum’at. Dan tentunya kalian sebagai Seorang Muslim bisa mengamalkan Dzikir Setelah Sholat Jum’at sebanyak dengan keikhlasan hati kalian, karena semakin banyak maka akan semakin bagus dn semakin baik.

Bacaan Doa Sesudah Sholat Jum’at Sesuai Sunnah

doa setelah sholat jumat dan terjemahan lengkap

Bacaan Doa Setelah Sholat Jum’at dan Terjemahan Arab Latin diatas bisa kalian amalkan dan bacakan setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib Jum’at Dua Rakaat. Selain itu tentunya kalian bisa membacakan Doa – Doa Sholat Jum’at yang lainnya karena tidak ada doa yang khusus dibacakan setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Jum’at. Hanya saja terdapat Hadits dari Aisyah RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi :

” Barangsiapa yg membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas setelah Sholat Jum’at sebanyak 7 kali, maka Allah akan menghindarkannya dari kejahatan (keburukan) sampai Hari Jum’at berikutnya ”. Untuk itu dengan melihat Hadits dari Aisyah Ra tersebut, maka sudah sangat baik dan dianjurkan sekali bagi kalian Umat Muslim Laki – Laki untuk membaca doa yang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika selesai mengerjakan Sholat Jum’at.

Sunnah – Sunnah Didalam Sholat Jum’at

Adapun untuk Sunnah – Sunnah Pada Sholat Jum’at yang sangat dianjurkan dilakukan oleh Setiap Muslim, agar bisa mendapatkan dan memperoleh Pahala tambahan yang antara lain :

Mandi sebelum mengerjakan Sholat Jum’at, Bersiwak ataupun Sikat Gigi, Mengenakan Pakaian terbaik untuk Sholat Jum’at, memakai Parfum dan memotong Kuku Tangan ataupun Kuku Kaki, Memperbanyak membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW dan Memperbanyak Dzikir, Mendengarkan Khutbah dengan penuh perhatian dan diam, jangan sampai tertidur, datang lebih awal ke Majis agar tidak telat datang saat Khotib naik ke Mimbar dan mengucapkan Salam sebelum Berkhutbah, melakukan Sholat Sunnah sebelum Sholat Jum’at dan memperbanyak Amal baik seperti Bersedekah.

Mungkin hanya seperti itulah pembahasan mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Jum’at Secara Berjamaah yang bisa Penulis Rukun Islam sampaikan kepada kalian Para Pembaca Muslim. Semoga saja apa yang telah Penulis jelaskan dan tuliskan disini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana tidak sedikit Masyarakat Muslim Laki – Laki yang lalai dan mengabaikan dengan tidak mengerjakan Sholat Jum’at di Hari Jum’at. Hal tersebut tentunya sangatlah buruk, karena sekali lagi Sholat Jum’at termasuk kedalam Sholat Wajib yang harus dilakukan bagi Muslim Laki – Laki karena sebagai pengganti Sholat Dzuhur di Hari Jum’at.

Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Jum’at Berjamaah Lengkap | Rukun | 4.5