Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Tata Cara, Doa dan Niat Tayammum di Ajaran Islam

Wednesday, September 28th 2016. | Tayammum
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Niat Tayammum – Artian Tayammum menurut Bahasa bisa diartikan sebagai Al Qosdu yg artinya ialah bermaksud atau berniat dan dalam Pengertian Tayammum Menurut Istilah adalah tindakan atau sebuah Bentuk Ibadah Menyucikan diri kepada Allah Swt dengan cara mengusap wajah dan kedua tangan tanpa menggunakan Air tetapi memakai Sho’id (Tanah, Pasir atau Bebatuan) yang bersih sebagai pengganti Wudhu atau Mandi Wajib. Adapun Sho’id itu sendiri mempunyai artian seluruh permukaan Bumi seperti Tanah Kering, Tanah yg berair dan tanah yg lembab, Pasir dan Bebatuan yang bersih terhindar dari Hadast seperti tanah, pasir atau bebatuan yg tidak ada Kotoran Hewan yang dapat digunakan untuk Bertayammum.

Lalu didalam Hukum Tayammum didalam Islam sendiri dibolehkan dan tidak dilarang, asalkan Hukum Bertayammum yang dibolehkan tersebut sudah memenuhi Syarat Melakukan Tayammum. Oleh karena itu kalian sebagai seorang Muslim dan Muslimah tentunya harus mengetahui Hal – Hal Yang Membolehkan Untuk Bertayammum karena didalam Islam sudah dijelaskan Syarat – Syarat Bertayammum yang antara lain tidak ada Air yg cukup untuk Wudhu atau Mandi Besar, tidak mampu menggunakan Air karena Lemah, Dipenjara dan Takut Binatang Buas, Sedang Sakit dan jika terkena atau menggunakan Air maka bisa memperlambat penyembuhan Sakit-nya, jumlah Air yg ada sedikit dan Airnya dibutuhkan sekali untuk Minum (Menyambung Hidup).

Susah untuk mendapatkan Air seperti Air yg didalam Sumur tetapi tidak ada Alat untuk menimba atau mendapatkan Air didalam Sumur tersebut, jarak adanya air sangatlah jauh sehingga ditakutkan habis waktunya untuk Shalat dan kondisi cuaca yg sangat dingin sehingga jika Berwudhu atau Bermandi Besar menggunakan Air bisa Sakit. Itulah Syarat – Syarat Yang Membolehkan Melakukan Tayammum sehingga jika kalian sebagai seorang Muslim termasuk kedalam salah satu Syarat Tayamum tersebut maka kalian bisa melakukan Tayammum menggunakan Tanah, Pasir atau Bebatuan yang bersih dan suci sebagai pengganti Wudhu sebelum melakukan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah dan sebelum membaca Al Qur’an.

Cara, Doa dan Niat Tayammum di Ajaran Islam

cara-dan-niat-tayammum

Kemudian sebelum membahas tentang Cara dan Niat Bertayammum yang baik dan benar, ada baiknya jika kalian mengetahui Firman Allah SWT tentang Tayammum yg sudah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 6 (Enam) yg berbunyi, ” Hai Orang2 yg beriman, jika km akan melaksanakan Sholat maka basuhlah muka-mu dan tangan-mu sampai dg Siku dan Sapulah Kepalamu dan Basuh Kaki-mu sampai dg Kedua Mata Kaki-mu dan jika km Mandi Wajib maka Mandilah dan jika km Sakit atau dlm perjalanan atau kembali dari tempat Buang Air atau Menyentuh Wanita, lalu km tak memperoleh atau mendapatkan Air maka Bertayammum lah dg menggunakan Tanah yg baik (Bersih atau Suci),

Sapulah Muka-mu dan tangan-mu dg Tanah yg Bersih dan Suci itu. Allah SWT tidak hendak menyulitkan km, tetapi Allah SWT hendak membersihkan km dan menyempurnakan Nikmat-nya bagimu agar km bersyukur (QS. Al Maidah, Ayat : 6) ”. Lalu Perintah dan Cara Bertayammum dalam Islam pun sudah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam Sabdanya yang diterangkan didalam Hadist Shahih Riwayat Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW Bersabda yg berbunyi, ” Dijadikan bagi kami (Umat Nabi Muhammad SAW) permukaan Bumi sebagai Sesuatu (Thohur) yg bisa digunakan untuk Tayammum (Bersuci) sebagai pengganti Wudhu jika kami tidak menjumpai atau menemukan Air (HR. Muslim No. 522) ”.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Bacaan Niat Tayammum Arab Indonesia

niat-tayammum-dan-terjemahan-arab-indonesia

Bacaan Niat Melakukan Tayammum diatas bisa kalian bacakan dan amalkan ketika kalian sebagai seorang Muslim akan melakukan Tayammum dan kalian juga bisa membaca Niat Tayamum tersebut secara lisan maupun didalam Hati serta dapat mengamalkan nya dengan membaca Doa Tayammum Bahasa Arab atau Latin ataupun dengan menggunakan Bahasa Indonesia nya saja seperti membaca atau mengucapkan ” Saya Niat Tayammum untuk mengerjakan Shalat Wajib karena Allah Ta’alaa ” secara lisan ataupun didalam hati yang diawali dengan membaca atau mengucapkan Bismillah (Basmalah) karena semua ibadah itu tergantung dari Niatnya kita.

Tata Cara Tayammum Yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Tayammum sebagai pengganti Wudhu untuk Melaksanakan Shalat Wajib, Shalat Sunnah, Membaca Al Qur’an ataupun untuk melakukan Ibadah lainnya ialah dengan menyapu Muka-mu dan menyapu tanganmu dengan Tanah yang Baik, Bersih dan Suci.  Adapun Tata Cara Tayamum Sebagai Pengganti Wudhu dengan membasuh Muka dan Tangan sekali usapan dengan Tanah yang bersih dan suci bisa kalian lihat Gambar diatas sendiri dan sudah diterangkan juga oleh Firman Allah SWT didlm Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 6 yg sudah ditulis oleh kami diatas didalam artikel ini.

Kemudian untuk Tata Cara Melakukan Tayamum sebagai pengganti Mandi Wajib Yang Baik dan Benar Menurut Nabi Muhammad Saw jika tidak menemukan atau tidak terdapat Air bisa kalian lihat dibawah ini karena telah dijelaskan didalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim tentang Langkah – Langkah Bertayammum yang baik dan benar menurut Nabi Muhammad Saw dan Hadist Shahih Bukhari dan Muslim tersebut berbunyi, :

tata-cara-tayammum-yang-baik-dan-benar

Mungkin seperti itu saja penjelasan tentang Cara dan Niat Tayammum yang bisa kami jelaskan oleh kami kepada kalian para pembaca dan semoga saja artikel atau ulasan tentang Tayammum ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua Masyarakat Muslim dan Muslimah khususnya yang bertempat tinggal di Indonesia karena sudah menjadi tugas kami sebagai seorang Muslim untuk membagi Ilmu kepada sesama Muslim yang membutuhkan.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,