Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pengertian dan Macam Najis di Islam Terlengkap

Friday, March 27th 2015. | Ajaran Islam
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Najis di Islam – Pengertian Najis menurut bahasa mempunyai artian kotor sedangkan menurut istilah mempunyai arti kotoran yg harus atau wajib dihindari atau di bersihkan oleh setiap umat muslim mana kala terkena olehnya. Adapun didalam Najis yg terdapat di ajaran islam sendiri mempunyai beberapa Macam Najis dan Pembagian Najis hal ini dikarenakan Najis di Islam sangat berperan penting dlm sah atau tidaknya dlm mengerjakan Shalat.

Karena Shalat sendiri merupakan ibadah yg wajib di lakukan atau dikerjakan oleh semua umat muslim di dunia ini. Untuk itu bagi anda sebagai seorang Muslim harus benar – benar mengetahui Pengertian, Macam, Jenis dan Cara menghilangkan Najis itu seperti apa sehingga jika anda suatu saat terkena salah satu jenis Najis maka anda bisa dg cepat menghilangkan Najis tersebut. Kemudian Penjelasan tentang Najis di bawah ini semoga bissa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

najis di islam lengkap

Macam – Macam Najis di Islam

Penjelasan yg pertama ialah Macam – Macam Najis, didalam ajaran Islam terdapat 7 macam atau hal yg tergolong atau masuk kedlm Najis. Ke 7 (Tujuh) Macam Najis tersebut antara lain, Bangkai (Kecuali Manusia, Ikan dan Belalang), Darah, Nanah, Segala sesuatu yg keluar dari dubur dan kubul, Anjing dan Babi, Minuman Keras seperti Arak dan Sebagainya, dan yg terakhir (Ketujuh) Bagian anggota badan binatang yg terpisah karena dipotong dan sebagai-nya selagi masih hidup.

Pembagian Najis di Islam

Sedangkan untuk Pembagian Najis di ajaran Islam sendiri dibagi menjadi 3 (Tiga) golongan atau bagian,


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

1. Najis Mukhaffafah yaitu Najis yg masih tergolong Ringan kelasnya. Contoh Najis Mukhaffafah ialah air kencing seorang bayi laki – laki yg belum berumur 2 (Dua) tahun dan belum pernah makan sesuatu kecuali air susu ibu-nya.

2. Najis Mutawassithah yaitu Najis yg tergolong kedalam kelas Sedang. Contoh Najis Mutawassithah ialah segala sesuatu yg keluar dari kubul dan dubur manusia dan binatang, Kecuali Barang caiir yg memabukkan, Air Mani, susu hewan yg tidak halal dimakan, tulang, bangkai, dan bulu-nya. Kecuali Bangkai – Bangkai Manusia dan Ikan serta Belalang.

3. Najis Mughallazhah yaitu Najis terakhir yg masuk kedalam golongan Najis Berat. Contoh Najis Mughallazhah ini antara lain Najis Anjing dan Babi serta Keturunannya. Hal ini sudah disebutkan didlm Firman Alloh Swt yg berbunyi, ” Atau yg diharamkan juga Daging Babi itu Keji atau Najis (QR. Al An’am : 145) ”. Kemudian Hadist Nabi Muhammad Saw yg berbunyii, ”’ Apabilla anda dijilat anjing maka hendaklah dibasuh sebanyak 7 (Tujuh) kali yg salah satunya dicampur dg tannah (HR. Muslim) ”.

Jenis Najis Yang Dimaafkan Di Islam

Di antara ketiga Macam Najis di atas masih terdapat Jenis Najis Yang Bisa Dimaafkan yaitu Najis yg tidak usah dibasuh atau dicuci. Contoh Najis tersebut adlh Najis Bangkai Hewan yg tidak mengalir darah-nya, Darah atau Nanah yg sedikiit, Debu dan Air lorong – lorong yg memercik sedikit yg sukar untuk anda hindari. Adapun hewan Tikus ataupun cicak yg jatuh kedlm minyak atau makanan yg beku dan ia mati di dlmnya maka makanan yg wajib dibuang itu atau minyak  yg wajib di buang itu ialah makanan dan minyak yg di kenainya saja sedang yg lainya masih boleh di pakai atau di makan.

Cara Menghilangkan Najis di Islam

Adapun untuk Cara Menghilangkan Najis untuk ketiga Najis (Mukhaffafah, Mutawassithah, Mughallazhah) antara lain,

1. Cara Menghilangkan Najis Mukhaffafah ialah cukup dg diperciki air pd tempat atau badan yg terkena Najis Mukhaffafah tersebut.

2. Cara Menghilangkan Najis Mutawassithah ialah dpt dicuci dg cara dibasuk sekali asal sifat najis atau warna, bau dan rasanya itu hilang. Adapun bisa dg cara dicuci sebanyak 3 (Tiga) kali atau disiram lebih baik.

3. Cara Menghilangkan Najis Mughallazhah seperti jilatan Anjing maupun Babi ialah dg dibasuh 7 (Tujuh) kali dan salah satu diantara-nya dg air yg bercampur dg tanah dan hal tersebut wajib dilakukan oleh setiap Muslim yg terkena Najis tersebut.

4. Cara Menghilangkan Istinja atau sesuatu yg keluar dari qubul dan dubur seperti kencing dan berak wajib disucikan dg air hingga bersih bukan dg tisu atau kapas.

Itulah Pengertian dan Macam Najis yg bisa kami jelaskan kpd anda secara lengkap dan detail dan semoga saja tulisan yg kami buat ini bisa berguna dan bermanfaat serta untuk menambah ilmu baagi anda semua. Ingat Najis adalah sesuatu yg dapat Membatalkan Shalat kita atau menjadi mubah sehingga anda harus benar – benar memperhatikan pengertian dari Najis ini.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,