Pengertian Hukum – Hukum Islam Terlengkap

Tuesday, March 31st 2015. | Ajaran Islam
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Hukum Islam – Pengertian Hukum ialah menetapkan sesuatu pd sesuatu (Menurut Bahasa) dan di dlm ajaran islam sendiri terdapat Hukum atau aturan yg harus dipatuhi oleh setiap Umat Muslim di dunia karena Hukum Islam tersebut berasal dari Al Qur’an dan Hadist. Adapun untuk Hukum Islam ini berlaku untuk orang yg sudah dewasa atau Baligh (Cukup Umur, Berakal sehat) yg berumur kira – kira 9 tahun – 13 tahun.

Untuk itu jika anda sudah merasa dewasa atau Baligh (Mukallaf) maka harus benar – benar menaati dan mengetahui Hukum – Hukum yg ada didlm ajaran Islam sehingga anda tidak terjerumus kedalam hal – hal yg dilarang oleh agama dan selalu berusaha menjadi orang yg beriman. Sedangkan untuk Pengertian Mukallaf adlh orang muslim yg dikenai kewajiban dan perintah untuk menjauhi segala larangan agama karena mereka telah dewasa dan berakal serta telah mendengar seruan agama.

Pengertian Hukum – Hukum Islam Terlengkap

penjelasan hukum islam terlengkap

Hukum Wajib di Ajaran Islam

Pengertian Wajib sendiri adlh suatu perkara yg apabila dikerjakan oleh seorang Muslim akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Hukum Wajib di Islam sendiri dibagi menjadi dua bagian yg antara lain ; (1.) Pengertian Wajib Ain, perkara yg mesti dikerjakan oleh setiap muslim sendiri seperti Shalat lima waktu, puasa dan lain – lain. (2.) Pengertian Wajib Kifayah, perkara kewajiban yg telah dianggap cukup apabila telah dikerjakan oleh sebagian dari orang – orang muslim dan berdosalah seluruhya jika tidak seorang muslim pun dari mereka mengerjakannya. Contohnya Shalat Jenazah dan Menguburkannya.

Hukum Sunah di Ajaran Islam

Pengertian Sunah sendiri adalah suatu hal yg apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala tetapi jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Hukum Sunah di Islam ini jg dibagi menjadi dua yg antara lain; (1.) Pengertian Hukum Sunah Mu’akkad ialah sunah yg sangat dianjurkan mengerjakannya seperti contoh, Shalat Tarawih, Shalat Hari Raya, dan sebagainya. (2.) Pengertian Hukum Sunah Ghairu Mu’akkad ialah Sunah Biasa.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Hukum Haram di Ajaran Islam

Pengertian Haram sendiri adalah suatu hal yg tidak boleh dilakukan karena jika seorang hamba melakuan suatu perkara atau hal tersebut maka ia akan mendapatkan dosa dan apabila ditinggalkan akan mendapatkan pahala. Contohnya, Minum Minuman keras, Berdusta, Berdurhaka ke Orang tua dan lain sebagainya.

Hukum Makruh di Ajaran Islam

Pengertian Makruh sendiri ialah suatu hal yg apabila dikerjakan tidak mendapatkan dosa dan apabila ditinggalkan mendapatkan pahala. Contohnya memakan petai dan berambang mentah dan sebagainya.

Hukum Mubah di Ajaran Islam

Pengertian Mubah di Islam sendiri ialah suaatu hal yg dikerjakan tidak mendapatkan pahala dan berdosa dan jika ditinggalkan juga tidak berdosa dan tidak mendapatkan pahala pula. Lebih lengkapnya boleh dikerjakan dan boleh ditinggalkan.

Hanya itu penjelasan dari kami tentang Hukum – Hukum Islam dan semoga dapat bermanfaat bagi setiap orang muslim yg membacanya. Sebelum mengakhiri tulisan ini kami sarankan kpd anda agar tidak banyak melakukan perbuatan yg di Haramkan oleh agama karena berdampak fatal dan merugikan anda sendiri kelak.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,