Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pengertian Rukun Islam dan Penjelasan 5 Rukun Islam.

Sunday, February 22nd 2015. | Ajaran Islam
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Rukun Islam – Seorang muslim atau muslimah atau seseorang yg telah memeluk agama Islam tentunya sudah mengetahui tentang makna Rukun Islam dan penjelasannya karena Rukun Islam ini bisa dikatakan merupakan hal – hal wajib yang harus di lakukan oleh seseorang muslim atau pemeluk agama Islam. Pengertian Rukun Islam sendiri secara bahasa adalah ta’at dan secara hukum syar’a adalah ta’at kpd hukum – hukum Alloh S.W.T. Kemudian adapun Rukun Islam yang wajib dan harus kita laksanakan sebagai seorang Muslim (Pemeluk Agama Islam) antara lainn sebagai berikut :

5 Rukun Islam dan Penjelasaannya

rukun islam gambar

5 Macam Rukun Islam 

1. Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat

2. Mendirikan atau Mengerjakan Shalat

3. Membayar Zakat

4. Berpuasa Ramadhan


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

5. Berangkat Haji

Penjelasan 5 Rukun Islam

1. Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat

Rukun Islam yg pertama kali harus / wajib dilakukan bagi seseorang yg akan masuk agama Islam adalah mengucapkan 2 kalimat Syahadat yg mempunyai pengertian “ Meyakinkan tidak ada tuhan yg selain di sembah didunia ini kecuali Alloh S.W.T dan Sesungguhnya Nabi Muhammad Saw adlh utusan Allah. S.W.T. Lafal Syahadat bisa anda lihat dibawah ini beserta artinya.

2. Mendirikan Shalat

Rukun Islam ke Dua yang harus kita lakukan adalah mendirikan / menunaikan / melaksanakan Shalat, adapun jenis Shalat yg harus / wajib dilakukan oleh seorang muslim adalah 5 Shalat Wajib yang antara lain Shalat Subuh, Shalat Dhuhur, Shalat Asyar, Shalat Maghrib dan Shalat Isya. Kelima Shalat Wajib tersebut harus dilaksanakan dan didirikan oleh semua seorang Muslim maupun Muslimah karena Shalat merupakan ibadah badan nyata yg paling unggul mengalahkan ibadah yg lainnya seperti puasa, ibadah haji, zakat, shalat sunah dll sebagainya.

3. Membayar Zakat

Rukun Islam yang ke tiga yg harus kita lakukan adlah membayar Zakat dan adapun dari ibnu Umar Radhiyallahu anhuma, ia mengatakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda

“ Islam didirikan diatas 5 dasar yaitu bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan yg berhak di ibadahi (disembah) dg benar selain Allah dan Muhammad adlh utusan Allah, Mendirikan / Melaksanakan Shalat, Mengeluarkan / Membayar Zakat, Berhaji ke Baitulloh dan Berpuasa pd bulan Ramadhan.”

Adapun didlm Agama Islam memajibkan kita sebagai muslim dlm membayar zakat kpd orang2 yg berhak menerima zakat (Mustahiq) dan mustahiq zakat sendiri itu ada delapan kriteria orang yg antara lain

a. Orang Fakir yaitu orang yg tdk mempunyai harga dan juga pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

b. Orang Miskin yaitu yg mempunyai harta & Pekerjaan tetapi tidak menutupi kebutuhannya sehari – hari.

c. Amil yaitu orang yg bertugas untuk mengurus, menulis dan membagikan zakat pd orang2 Mustahiq

d. Muallaf yaitu orang yg baru masuk islam

e. Riqob yaitu hamba sahaya atau budak beli’an

f. Ghorim yaitu orang2 yg terbelit hutang baik yg tidak mampu untuk membayarkannya

g. Sabilillah yaitu orang yg berjuang dlm berjihad dijalan Allah S.W.T

h. Ibnu Sabil yaitu orang yg bepergian jauh yg perbekalannya tidak cukup sampai ketempat tujuan

4. Menunaikan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan rukun islam yg keempat, memang Berpuasa sendiri bisa dilakukan di hari – hari lainnya seperti Puasa di hari senin dan kamis dll. Tetapi yg dimaksud didlm Rukun Islam ke empat ini adlah diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan, pada bulan Syaban tahun kedua sesudah Nabi Muhammad Saw melakukan hijrah dan Puasa sendiri mempunyai 3 tingkatan yg antara lain sebagai berikut

– Puasa Umum yaitu Puasa yg hanya menahan layar, haus dan nafsu birahi

– Puasa Khusus yaitu Puasa yg menjaga seluruh anggota tubuh baik mata, bibir, kuping dari perbuatan maksiat atau dosa

– Puasa yg lebih khusus yaitu puasa yg memolahkan hatinya kpd urusan akhirat dan mengharapkan ridho Allah. S.W.T semata

5. Ibadah Haji bagi yang mampu

Kemudian Rukun Islam yang terakhir atau kelima adalah menunaikan haji bila mampu ke Makkah ( Arab Saudi ). Pengertian ibadah haji sendiri adlh bentuk ritual setiap tahun yg dilaksanakan kamus Muslim / Muslimah sedunia yg mampu baik material, fisik maupun ilmu dg berkunjung & melaksanakan beberapa kegiatan haji di beberapa tempat di Arab Saudi pd waktu musim haji (Musim Zulhijah).

Mungkin sekian dulu artikel dari kami yang membahas Pengertian 5 Rukun Islam dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,