Pengertian Rukun Iman dan Penjelasan 6 Rukun Iman

Sunday, February 22nd 2015. | Ajaran Islam

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Rukun Iman – Pengertian Rukun Iman menurut Al-qur’an adalah membenarkan dg penuh keyakinan bahwa Allah SWT mempunyaii kitab2 yg diturunkan kpd hamba2nya dg kebenaran yg sangat nyata serta petunjuk yg jelas. Kemudian Rukun iman menurut Hadist ialah iman yg merupakan pembenaran batin dan Nabi Muhammad Saw menyebutkan hal2 lain sebagai iman seperti Akhlak yg baik, bermurah hati, sabar, cinta rosul, cinta sahabat rosul, mempunyai rasa malu dan lain sebagainya. Bisa disimpulan bahwa Rukun Iman merupakan pilar yg sangat penting yg menjadi pedoman hidup bagi seorang Muslim / Muslimah selain 5 Rukun Islam.

Nabi Muhammad Saw jg pernah bertanya kepada Malaikat Jibril tentang Rukun Iman dan beliau (Jibril) menjawab : “ Iman itu adlah kamu beriman kpd Alloh Swt, Malaikat-Malaikatnya, Kitab – Kitabnya, Rosul – Rosulnya, Hari akhir serta kamu beriman kpd Qodo dan Qadar yg baik maupun yg buruk (HR. Muslim)”.

Adapun firman Allah SWT dlm Surat (QS. Ali-Imran : 190) yg berbunyi : “ Sesungguhnya dlm penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda2 bagi orang2 yg berakal”..


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Pengertian dan Penjelasan 6 Rukun Iman

rukun iman gambar

6 Macam Rukun Iman

1. Iman Kepada Alloh

2. Iman Kepada Malaikat


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

3. Iman Kepada Kitab – Kitab

4. Iman Kepada Rosul

5. Iman Kepada Kiamat

6. Iman Kepada Qadha dan Qadhar

Penjelasan Tentang 6 Rukun Iman

1. Iman Kepada Allah SWT

Rukun Iman itu mempunyai 6 (enam) pilar dan yang pertama adalah imam / mempercayai Allah SWT tuhan sang pencipta alam itu ada serta menyakini bahwa tiada tuhan selain Allah karena orang yg beriman, percaya dan menyembah kpd Allah akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman jiwa yg muncul dari hati secara ikhlas. Seperti Firman Alloh SWT yang berbunyi :

“ Adapun Orang2 yg beriman kepada Alloh dan berpedang teguh kepada agamanya (Islam) niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dlm rahmat yg besar dari’nya (Surga) dan limpahan karunia’nya dan menunjuki mereka kpd jalan yg lurus untuk sampai kepada’nya (QS. An-Nisa : 175)”.

2. Iman Kepada Malaikat – Malaikat Gusti Alloh

Adapun Rukun Iman yg kedua adalah meyakini adanya Malaikat – Malaikate Gusti Alloh dan meyakini bahwa Alloh memiliki Malaikat2 yg diciptakan dari cahaya dan serta mereka (Para Malaikat) adlh hamba Alloh yg dimuliakan karena apapun yg Alloh perintahkan kpd mereka maka mereka akan langsung melaksanakannya.

3. Iman Kepada Kitab – Kitab Alloh

Yang mempunyai pengertian bahwa kita sebagai seorang Muslim harus meyakini bahwa Alloh memiliki kitab – kitab yg diturunkan kpd Nabi dan Rosul (Sebelum Al-qur’an) yg benar – benar merupakan kalam / Firman’nya dan ia (Kitabnya) adlah cahaya dan petunjuk serta apa yg terkandung didlmnya adlah suatu kebenaran. Adapun kitab – kitab Gusti Alloh yg disebutkan namanya oleh Alloh antara lain Kitab Taurat, Kitab Injil, Zabur dan Al – Qur’an, Kitab Al-Qur’an sendiri merupakan tolak ukur kebenaran dari kitab – kitab terdahulu.

4. Iman Kepada Para Rosul – Rosul

Rukun Iman yg ke empat adalah menyakini adanya para Rosul – Rosul atau Nabi utusan Alloh yang diberi wahyu oleh Alloh dan ditugaskan untuk menyampaikan pesan atau wahyu tersebut kpd hamba-hambanya yg intinya untuk memberikan jalan yg lurus yang dibenarkan oleh Alloh SWT. Sedangkan untuk Rosul atau Nabi merupakan sosok seseorang yg sdh ditinggikan derajatnya oleh Alloh dan Rosul atau Nabi yg diutus oleh Alloh berjumlah 25 orang.

5. Iman Kepada Hari Akhir / Kiamat

Rukun Iman yang kelima adlh menyakini bahwa hari akhir / kiamat itu ada dan bakal terjadi di dunia ini karena kita mengetahui sendiri bahwa kehidupan ini tidaklah kekal dan suatu saat pasti akan berakhir. Adapun kita sebagai umat muslim harus percaya bahwa urunan setelah dunia ini hancur beserta dg semua isinya akan di bangkitkan kembali semua umat manusia didlm kubur, lalu dikumpulkannya lagi di padang mahsyar, kemudian di hitungnya semua alam perbuatan manusia di dunia (Hisab), lalu ditimbangkan semua amal perbuatannya tersebut untuk mengetahui lebih banyak mana amal baik maupun amal buruknya, kemudian sampai kpd pembalasan di masukanya di dlm surga atau di neraka.

6. Iman Kepada Adanya Qadha dan Qadar

Rukun Iman yang terakhir adalah mempercayi dg adanya Qadha dan Qadar, Qadha sendiri mempunyai pengertian kehendak atau ketetapan hukum Alloh terhadap segala sesuatu.. Sedangkan Qadar adalh ukuran atau ketentuan Alloh SWT terhadap segala sesuatu.

Mungkin cukup sekian penjelasan dari kami terkaitt Pengertian Rukun Iman yg sudah kami jelaskan seperti diatas dan semoga artikel ini dapat bermanfaaat dan berguna bagi anda semua para pengunjung di blog Rukun Islam ini.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,
Artikel Terkait :
loading...