Syarat, Niat, Doa dan Sunnah Puasa Ramadhan

Saturday, May 2nd 2015. | Berpuasa

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Puasa Ramadhan – Pengertian Puasa di Bulan Ramadhan yaitu menahan makan, minum dan hawa nafsu yg dilakukan selama 30 hari di Bulan Ramadhan dari waktu Imsak sampai terbenamnya matahari dan yang diwajibkan atas mereka untuk mengerjakan Puasa Ramadhan ini ialah orang – orang muslim baik Pria maupun Wanita yg sudah Baligh atau Cukup umur dan masuk kedalam kreteria Syarat Wajib Puasa dan Syarat Sah Puasa karena Hukum Puasa Ramadhan sendiri ialah Wajib atau Fardhu karena termasuk kedalam Rukun Islam yg ke 4 (Empat).

Perintah Berpuasa di Bulan Ramadhan sendiri sudah diterangkan oleh Alloh dlm Firman-nya di Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi, ” Wahai orang – orang yg beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan kpd orang – orang sebelum kamu agar kalian selalu bertaqwa (Al Baqarah, Ayat : 183)”. dan tentunya masih banyak lagi perintah – perintah Alloh Swt untuk mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan karena Keistimewaan Puasa Ramadhan dan Keutamaan Puasa Ramadhan sangatlah banyak.

Untuk itu kami sampaikan kepada anda bahwa jika anda mengalami atau bertemu kembali dg Bulan Ramadhan maka Berpuasalah dan manfaatkanlah dg betul Bulan Puasa tersebut dg cara memperbanyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Alloh Swt. Kemudian dibawah ini kami sudah membuat dan menjelaskan bazaan Niat Puasa, Doa Berbuka Puasa, Syarat Sah Puasa, Syarat Wajib Puasa dan Manfaat Puasa Ramadhan sehingga anda bisa mengamalkan sendiri dirumah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Syarat, Niat, Doa dan Sunnah Puasa Ramadhan

penjelasan puasa ramadhan terlengkap

Cara Berpuasa di Bulan Ramadhan dilakukan dari waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari dan dilakukan di Bulan Ramadhan selama 30 hari berturut – turut dan hal yg wajib dilakukan oleh anda semua sebelum mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan ini ialah membaca Bacaan Niat Berpuasa karena tanpa niat maka puasa yg dilakukan oleh anda mubazir atau mubah.

niat puasa di bulan ramadhan terleengkap


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Sedangkan untuk Bacaan Niat Puasa di Bulan Ramadhan diatas bisa anda bacakan setelah mengerjakan Shalat Isya atau Shalat Sunnah Tarawih dan intinya di bacakan sebelum masuk waktu Imsak.

Syarat Sah Puasa Ramadhan

Untuk Pengertian Syarat Sah Puasa Ramadhan sendiri ialah Syarat – Syarat yg harus dipunyai oleh seseorang yg akan menjalankan puasa sehingga puasa yg dikerjakannya mendapatkan pahala atau sah dan tidak mubah dan mubazir. Adapun untuk Syarat – Syarat Sah Berpuasa antara lain Niat Berpuasa, Beragama Islam, Berakal Sehat atau tidak gila, Suci dari Hadast setelah bersetubuh dg istri atau Onani, Tidak sd melakukan perjalanan yg jauh, Tidak dlm keadaan sakit keras dan tidak sedang masa Haid atau nifas serta mampu mengerjakan puasa.

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Untuk Syarat – Syarat Wajib Berpuasa yg di ajaran Islam antara lain Harus beragama Islam, Baligh atau cukup umur, Berakal atau sehat jasmani maupun Rohani-nya, Mampu menjalani puasa dan tidak dalam keadaan sakit. Kemudian untuk Syarat Wajib dan Syarat Sah Berpuasa diatas tersebut harus benar – benar ada oleh setiap orang Muslim yg akan menjalankan puasa karena jika salah satu Syarat tersebut tidak ada, maka orang tersebut tidak di wajibkan untuk berpuasa.

Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa

Sedangkan untuk Perkara Yang Membatalkan Puasa atau Hal – Hal Yang Membatalkan Puasa sendiri setidaknya ada beberapa macam dan harus dihindarkan oleh seseorang yg sedang berpuasa karena jika dilakukan maka puasa yg dikerjakan akan batal dan mubazir. Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan sendiri antara lain makan atau minum dg sengaja walaupun sedikit, Memuntahkan sesuatu dg sengaja, Wanita yg tiba – tiba mengalami Haids atau Nifas, Bercumbu dg Istri atau Pacar dan Keluar mani secara sengaja ataupun tidak.

Doa Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

Membaca Doa Buka Puasa Ramadhan merupakan suatu sunnah karena waktu doa yg dimustajab ialah Waktu saat berbuka puasa sehingga mulai dari sekarang anda sebaiknya jangan sampai lupa untuk Membaca Doa setiap anda akan berbuka puasa. Bacaan Doa Saat Berbuka Puasa dibawah ini bisa anda bacakan sebelum anda memakan sesuatu.

doa berbuka puasa ramadhan lengkap

Kemudian untuk tambahan saja bahwa Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan sangat banyak sehingga anda harus benar – benar dimanfaatkan secara maksimal dg cara memperbanyak mengerjakan Shalat Sunnah, Shalat Wajib, Membaca Kitab Suci Al-Qur’an, Shalat Sunnah Tarawih, Bersahur dan Bersedekah sehingga anda bisa mendapatkan keberkahan dan kemuliaan dari istimewaannya Bulan Ramadhan.

Mungkin cukup disini penjelasan yg dapat kami berikan kepada anda terkait Puasa di Bulan Ramadhan yg sudah kami ulas secara lengkap dan detail ini, semoga saja tulissan kamii ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda zemua. Wassalam….


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,
Artikel Terkait :
loading...