Hukum Menjalankan Puasa Tanpa Sahur Menurut Agama Islam

Friday, April 8th 2016. | Berpuasa, Bulan Ramadhan

Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Puasa Tanpa Sahur | Salah satu hal yang di anjurkan apabila mau menjalankan puasa ramadhan yaitu menyantap sahur sebelum tiba waktu subuh. Perlu kami perjelas lagi menyantap sahur sifatnya di anjurkan bukan sesuatu yang wajib. Adapun tujuan dari menyantap sahur yaitu agar tubuh kita mempunyai energi dan tidak lemas saat menjalankan rutinitas disiang hari,apalagi khususnya mereka yang bekerja dengan rutinitas yang padat sangat disarankan untuk menyantap sahur.

Puasa Tanpa Sahur

Meskipun sifat dari menyantap sahur tidak wajib atau hanya di anjurkan, akan tetapi banyak sekali umat muslim yang mempunyai pikiran bahwa orang yang akan menjalankan puasa di haruskan menyantap sahur. Bahkan ada yang sampai merasa jika tidak menyantap sahur pada puasa ramadhan, mereka meragukan keabsahan dari puasanya sendiri. Karena mereka yang belum tahu menganggap bahwa menyantap sahur merupakan inti dari puasa ramdhan. Padahal yang sebenarnya menyantap sahur bukanlah inti dari puasa, karena inti dari puasa sebenarnya yaitu mampu menjaga hawa nafsu kita semata mata hanya karena Allah SWT.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Puasa Tanpa Sahur

Dan yang cukup memprihatinkan, karena ketidak tahuannya mereka yang menganggap bahwa apabila tidak menyantap sahur maka puasanya kurang afdol. Tidak sedikit berdasarkan alasan tersebut, mereka lalu membatalkan puasanya. Padahal hal tersebut tidak dibenarkan sama sekali. Maka dari itu untuk mengetahui mengenai Hukum Puasa Tidak Sahur anda bisa melihat penjelasan dalilnya dibawah ini.

hadits puasa tanpa sahur

Pada hadist diatas dijelaskan bahwa Rasulullah pada saat itu bertanya kepada istrinya apakah ada makanan. Kemudian istri beliau yakni Aisyah Radhiyallahu anha menjawab tidak ada makanan. Mendengar jawaban dari istrinya, lalu Baginda Nabi berkata akan berpuasa.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Melihat penjelasan hadist tersebut bisa di jelaskan bahwa Nabi juga pernah menjalankan puasa ramdhan tanpa melakun sahur terlebih dahulu. Maka dari itu keliru apabila kita beranggapan bahwa jika sahur merupakan inti dari puasa.Dan melihat manfaat sahur sangat banyak, alangkah baiknya dalam menjalankan puasa sempatkan menyantap sahur walaupun hanya setetes air. Karena anjuran menyantap sahur juga sangat di anjurkan sebagaiamana sabda Nabi yang berbunyi Bersahurlah sebab dalam sahur terdapat sebuah berkah.Ya mentap sahur juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT,karena telah memberikan kita nikmat berupa hidangan makanan.

Kiranya hanya itu yang bisa kami bahas mengenai Hukum Puasa Tanpa Sahur yang bisa kami jelaskan untuk anda. Mudah mudahan adanya penjelasan tentang Hukum Puasa Tidak Sahur menambahkan ilmu agama kita serta dapat memperbaiki persepsi yang salah. Ya meskipun sah atau tidaknya, diterima atau tidaknya itu kembalikan ke Allah SWT. Yang kita bisa lakukan hanya berusaha semaksimal dan sebaik mungkin dalam menjalankan ibadah.

Dan apabila anda ingin menambah koleksi bacaan doa yang anda punya, anda bisa membaca berbagai macam bacaan doa yang sudah kami update. Salah satu bacaan doa yang kami update dikesempatan sebelumnya yaitu doa naik kendaraan, doa setelah shalat witir dan masih banyak yang lainnya.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: ,
Artikel Terkait :
loading...