Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Rukun – Rukun Shalat Dalam Ajaran Islam

Sunday, February 22nd 2015. | Ajaran Islam
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Rukun Shalat – Rukun Shalat sendiri mempunyai pengertian dlm bahasa Arab ialah setiap perkataan / jugaa perbuatan yg akan membentuk hakikat suatu Shalat. Jika salah satu dari Rukun Shalat ini tidak ada atau tidak dilakukan oleh kaum muslim dlm melakukan Shalat maka shalat yg dikerjakan-nya tidak dianggaap atau tidak sah.

Untuk Rukun-Rukun Shalat sendiri mempunyai 13 macam Rukun yg harus dilakukan oleh para Muslim atau Muslimah jika sedang melakukan Shalat, Ke – 13 Rukun Shalat tersebut akan kamii bahas secara lengkap dan jelas dengan dilengkapi penjelasannya sehingga anda akan mengetahui dg pasti apa saja yg ada didlm Rukun – Rukun Shalat tersebut.

 Rukun – Rukun Shalat dan Penjelasannya Menurut Islam

Rukun iman dlm islam

13 Rukun – Rukun Shalat

1. Niat Shalat

2. Takbiratul Ihram,.

3. Berdiri tegak bagi yg sehat


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

4. Membaca Surat Al-Fatihah pd tiap2 Raka’at

5. Ru’ku dg Thumaninah

6. I’tidal dg Thumaninah

7. Sujud 2 kali dengan Thumaninah

8. Duduk antara dua sujud dg Thumaninah

9. Duduk tasyahud akhir dg Thumaninah

10. Membaca tasyahud akhir

11. Membaca Shalawat Nabi pada tasyahud akhir

12. Dua Kali salam

13. Tertib

Penjelasan 13 Rukun Shalat Wajib

1. Niat Shalat

Sebelum melakukan / mengerjakan Shalat di wajibkan seorang Muslim untuk mengucapkan Niat Shalat Wajib, didalam 5 Shalat Wajib sendiri terdapat perbedaan Lafal niatnya sehingga anda jangan sampai salah mengucapkan Niat Shalat Wajib.

2. Takbiratul Ihram

Ialah mengucapkan kalimat “ Allahu Akbar “ dan tidak boleh mengucapkan kata lain-nya lagi seperti pada Hadist yg berbunyi : “ Pembukaan (dimulainnya) shalat dg takbir dan penutupnya dg salam (HR. Abu dawud) “ dan “ Jika Kamu telah berdiri untuk Shalat maka bertakbirlah”..

3. Berdiri Tegak

Berdiri tegak pd saat melakukan Shalat fardhu adalah suatu kewajiban untuk orang mukmin yg masih sehat, tetapi jika seorang mukmin sedang mengalami sakit yg sangat parah sampai-sampai tidak bisa untuk berdiri maka dia (Orang sakit) itu boleh Shalat dg tidur atau duduk.

4. Membaca Al-fatihah

Bacaan Al-fatiah merupakaan bacaan yg sangat penting saat mengerjakan Shalat karena Bacaan ini harus di ucapkan di semua setiap Rakaat dlm Shalat. Sebagaimana tercantum didlm suatu Hadits oleh Muttafaqun ‘ alaih yg berbunyi : “ Tidak ada Shalat bagi orang yg tidak membaca / mengucapkan Al-fatihah”.

5. Ru’ku dg Thumaninah

6. I’tidal atau berdiri tegak setelah ruku dg Thumaninah

7. Sujud 2 kali dg Thumaninah atau tujuh anggota tubuh secara khusyu

8. Duduk diantara 2 Sujud

Hal ini seperti yang pernah di sampaikan didlm Firman Alloh SWT yang berbunyi : “ Wahai Orang – Orang yg beriman ber-Rukulah dan ber-sujudlah (QS : Al – Hajj : 77) “. Kemudian Nabi Muhammad Saw juga pernah bersabda dlm hadistnya yang berbunyi : “ Saya telah diperintahkan untuk sujud dg tujud sendi”.

9. Duduk Tasyahud akhir dg Thumaninah

10. Membaca Tasyahud Akhir

Tasyahud akhir adlh urutan rukun dlm shalat yg harus dikerjakan oleh para mukmin dlm mengerjakan suatu shalat, adapun dlm sabda Nabi Muhammad Saw dlm Tasyahud Akhir ini yg berbunyi : “ Jangan kalian mengatakan, Assalaamu alallahi min ibaadih ( Keselamatan atas Alloh azza wa jalla dari para hamba-nya); sebab sesungguhnya Alloh azza wa jalla dialah As-salam / Dzat yg memberi keselamatan akan tetapi katakanlah, ‘segala penghormatan bagii Alloh, shalawat dan kebaikan”..

11. Membaca Shalawat Nabi Muhammad Saw pada Tasyahud akhir

12. Dua kali salam

13. Tertib

Yang dimaksud Tertib disini adalah tertib pada urutan tiap rukun shalat yg akan dikerjakan, seperti Sabda Nabi Muhammad Saw kepada salah satu seorang muslim yg berbunyi : “ Jika kamu berdiri hendak melakukan suatu shalat, maka takbirlah, baca (Surat/ayat) apa yg mudah dari Al-Qur’an kemudian Rukulah hingga kamu tenang dlm ruku’, lalu bangkit hingga kamu tegak berdiri, lalu sujudlah hingga kamu tenang dlm sujud, bangkitlah hingga km tenang dlm duduk lalu lakukanlah hal itu pd semua Shalatmu (HR. Abu Dawud)”…

Seperti itulah penjelasan dari kami tentang Rukun Shalat Wajib dan semoga sajja artikel kami ini berguna dan bermanfaat untuk semua pengunjung di blog kamii ini karena tugas dari sesama muslim adalah membantu sesama muslim dan dlm hal ini kamii hanya membantu dlm memberikan informasi terkait Rukun didalam Shalat yg dibahas secara lengkap dan jelas.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,