Waktu, Doa, Cara dan Niat Shalat Subuh

Shalat Subuh – Shalat Subuh merupakan salah satu kedalam Shalat Wajib 5 Waktu yg wajib untuk dikerjakan oleh setiap insan muslim diseluruh dunia karena mengerjakan Shalat merupakan salah satu Rukun Islam di ajaran islam. Sedangkan untuk Hukum Mengerjakan Sholat Subuh adlh Fardhu Ain atau Wajib dan bisa disimpulan secara lebih dalam bahwa Hukum Shalat Subuh ialah Wajib dan harus dikerjakan oleh setiap muslim baik itu pria maupun wanita yg sudah dewasa (Cukup Umur), Berakal (Tidak Gila) dan Sehat secara jasmani maupun rohani.

Kemudian untuk Waktu Mengerjakan Sholat Subuh ini bisa anda lakukan dg awali munculnya cahaya putih yg melintang dari ufuk timur dan berakhir ketika sang Matahari muncul atau terbit. Jika anda susah untuk mengetahui Waktu Shalat Subuh maka anda tinggal menunggu Adzan Subuh berkumandang dan lakukan Sholat Subuh secara berjamaah karena mengerjakan Shalat Wajib Berjamaah lebih besar pahalanya daripada mengerjakan Shalat Wajib secara sendiri.

Perlu andda ingatkan bahwa Jumlah Rakaat Sholat Subuh ini ialah 2 Raka’at sehingga hanya mempunyai satu salam, hanya saja pd Raka’at ke dua anda harus membaca Doa Qunut Sholat Subuh setelah Ruku atau saat mengerjakan Gerakan Itidal Sholat Subuh. Sedangkan Keutamaan Sholat Subuh dan Keistimewaan Shalat Subuh sudah diterangkan oleh Nabi Muhammad Saw dlm sabdanya saat membangunkan Fatimah RA yg berbunyi.

” Hal Fatimah bangunlah dan saksikanlah Rizki Rabbmu, karena Alloh membagi – bagikan Rizki kpd hambanya antara Sholat Subuh dan terbitnya matahari (HR. Al Mundziri) ”. dan Sabda Rasulullah lainnya yg berbunyi, ” Tidak akan masuk ke neraga bagi orang yg mengerjakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelam-nya”.

Cara Shalat Subuh dan Niat Shalat Subuh

cara mengerjakan shalat subuh terlengkapMelihat Sabda Nabi Muhammad Saw tentang Manfaat, Keistimewaan dan keutamaan Sholat Subuh diatas maka sangat disayangkan jika anda tidak mengerjakan Sholat Subuh ini karena mempunyai manfaat yg begitu banyak dan Cara Mengerjakan Shalat Subuh ini pun sangat mudah sehingga tidak ada kata untuk menolak mengerjakannya. Adapun untuk Cara Shalat Subuh dilihat dari segi Doa Sholat Subuh dan Gerakan Sholat Subuh tidakk ada perbedaan dg Cara Mengerjakan Shalat pada umumnya.

Karena Sholat Subuh ini pun di awali dg Bacaan Niat Shalat Subuh dan di akhiri dg Salam, hanya saja terdapat tambahan membaca Doa Qunut pada Raka’at kedua saat Gerakan Shalat Itidal atau setelah Ruku. Untuk lebih mudahnya anda Sholat Subuh Secara berjamaah saja karena Cara Mengerjakan Sholat Subuh tinggal anda mengikuti Imam Shalat sedangkan jika sendirian pun Cara Sholat Subuh masih sangat mudah untuk dikerjakan.

Bacaan Niat Shalat Subuh Terlengkap

Untuk Lafadz Niat Shalat Subuh sudah kami buatkan dibawah yg sdh dilengkapi dg Terjemahan dlm Bahasa Indonesia dan Tulisan Latin sehingga memudahkan anda dlm membaca dan menghafalkan Lafal Niat Sholat Subuh.

bacaan niat shalat subuh terlengkapLafaz Niat Shalat Wajib Subuh di atas tersebut diterapkan jika anda mengerjakan Sholat Subuh secara sendiri karena terdapat tulisan (ADAA-AN) dan jika anda mengerjakan Sholat Subuh secara makmum maka Niat Sholat Subuh Secara Makmum bisa anda tambahkan MAKMUUMAN setelah kalimat ADAA-AN serta jika akan menjadi imam maka Niat Shalat Fardhu Subuh Sebagai Imam ditambahkan saja IMAAMAN setelah kalimat ADAA-AN.

Sedangkan untuk Doa – Doa Shalat Subuh bisa anda lakukan seperti dibacakan saat mengerjakan Shalat Wajib lainnya dan diusahakan diawali dg Berdzikir Setelah Shalat Wajib yg bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Alloh Swt karena Alloh Swt sangat mencintai orang – orang atau hambanya yg rajin mengerjakan Shalat Wajib 5 Waktu dan mendekatkan diri dg Berdzikir kepada-nya.

Waktu, Doa, Cara dan Niat Shalat Subuh | Rukun | 4.5