Macam Shalat Wajib dan Shalat Sunnah di Agama Islam

Sunday, February 22nd 2015. | Ajaran Islam
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Macam Shalat – Pengertian Shalat sendiri adalah berhadap atau menghadap hati kpd Alloh sebagai ibadah, dlm bentuk beberapa perkataan & perbuatan yg dimulai dg takbir dan diakhiri dg salam serta menurut syarat – syarat yg ada dan telah ditentukan oleh syara baik doa maupun langkah – langkahnya. Pengertian Shalat atau Sholat secara umum ialah sesuatu ibadah yg harus dan wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia dan menurut hadist bahwa shalat itu adalah sebagai tiang agama seorang muslim.

Adapun dalil – dalil yg memajibkan seorang muslim untuk melakukan ibadah shalat sdh banyak sekali baik didlm kitab Al – Qur’an maupun didlm Hadist – Hadist Nabi Muhammad Saw, seperti dalil didlm Ayat Al-qur’an yg mempunyai artian : “ Dan dirikanlah Shalat dan keluarkanlah Zakat dan tunduklah / ruku bersama – sama orang – orang yg pada ruku (S. Al-Baqarah : 43)”.

Perintah Shalat tersebut hendaklah ditanamkan ke dlm hati dan jiwa mulai dari anak – anak dg cara pendidikan yg cermat dan dilakukan sejak kecil sehingga mereka (Anak2) sdh terbiasa melakukan aktifitas Shalat didlm hidupnya. Kemudian pembagian Shalat sendiri terbagi menjadi 2 macam Shalat yaitu Shalat Wajib dan Shalat Sunah serta penjelasannya sendiri sudah kami tulis dibawah ini :

Macam – Macam Shalat Wajib dan Shalat Sunah

macam - macam shalat

Shalat Wajib atau Fardhu

Pengertian Shalat Wajib adalah Shalat yang harus atau diwajibkan untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia dan jika kita menunaikan atau melaksanakan Shalat Wajib maka kita akan mendapatkan pahala tetapi jika kita tidak menunaikan shalat wajib maka kita akan mendapatkan dosa.

Kemudian Shalat Wajib atau Fardhu itu ada 5 dan masing – masing mempunyai waktu yg di tentukan dan diperintahkan, Kelima macam jenis Shalat Wajib tersebut antara lain


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

1. Shalat Zhuhur

2. Shalat Ashar

3. Shalat Mahgrib

4. Shalat Isya

5. Shalat Subuh.

Macam – Macam Shalat Sunah

Pengertian Shalat Sunah ialah Shalat yg jika dilakukan oleh seorang muslim maupun muslimah akan mendapatkan padahal tetapi jika tidak melakukan Shalat Sunah tersebut tidaklah dosa. Adapun Shalat Sunah didlm ajaran islam sendiri ada beberapa macam dan anda bisa melihat sendiri Macam – Macam Shalat Sunah yg sudah kami tulis dibawah ini :

Shalat Sunah Rawatib

Shalat Sunah Mutlak

Shalat Sunah Wudhu

Shalat Sunah Awwabin

Shalat Sunah Dhuha

Shalat Sunah Tasbih

Shalat Sunah Tahajjud

Shalat Sunah Taubat

Shalat Sunah Istikharah

Shalat Sunah Hajat

Shalat Tahiyyatul Masjid

Shalat Tarawih

Shalat Dua Gerhana

Shalat Sunah Witir

Shalat Sunah Istisqa

Shalat Id (Hari Raya)

Itulah Macam Shalat Wajib dan Shalat Sunah yang sudah kami jelaskan diatas dan Semoga artikel inni berguna dan bermanfaat bagi anda semua para pengunjung yg beriman.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,