Bacaan Surat – Surat Pendek Al Qur’an Yang Mudah Dihafal

Monday, February 27th 2017. | Al Qur'an
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Bacaan Surat Pendek Al Qur’an – Pengertian Al Qur’an merupakan Kitab Suci Al Qur’an didalam Ajaran Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara (Melalui) Malaikat Jibril dan menurut Hadist Shahih Riwayat Thobari dan An Nasai bahwa, ” Al-Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah di Langit Dunia. Kemudian diturunkan berangsur – angsur kepada Nabi Muhammad SAW dalam jangka waktu sekitar selama 23 tahun (HR. Thobari & An Nasai) ”.

Sebelum membahas tentang Suratan – Suratan Pendek Al Qur’an, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu tentang Keutamaan Kitab Suci Al Qur’an karena Al-Qur’an sangatlah penting bagi Setiap Manusia yang berguna sebagai petunjuk dan cahaya yg dapat menerangi Perjalanan hidup Seseorang serta dapat menuntunnya menuju keselamatan. Hal ini seperti diterangkan didalam Firman Allah SWT yang berbunyi, ” Wahai Umat Manusia, Sungguh sudah datang kpd kalian keterangan yg jelas dari Rabb kalian (Allah SWT) dan kami turunkan kpd kalian cahaya yg terang – benderang (QS. An Nisaa : Ayat 174) ”.

Kemudian didalam Ayat Suci Al Qur’an terdiri dari 114 Surah (Suratan) dan 30 Juzz, untuk Surat – Surat didalam Kitab Suci Al Qur’an terbagi menjadi Dua Macam yang antara lain Surat Makkiyah dan Surat Madaniyah jika dilihat dari Tempat dan Waktu Penurunan Surat tersebut. Adapun Surat Makkiyah itu adalah Suratan (Ayat) Al Qur’an yang turun di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah, sedangkan untuk Surat Madaniyah ialah Surat (Ayat) Al Qur’an yang diturunkan di Kota Madinah atau diturunkan saat setelah Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah.

Bacaan Surat Pendek Al Qur’an Yang Mudah Dihapalkan

surat pendek al qur'an

Sedangkan tujuan penulis memberikan Kumpulan Surah – Surah Pendek di dalam Al Qur’an dikarenakan Hukum Membaca Suratan Al Qur’an setelah membaca Surat Al Fatihah didalam Shalat baik Shalat Wajib dan Shalat Sunnah ialah Sunnah Haiat. Pengertian Sunnah Haiat ini adalah Amalan – Amalan Sunnah saat mengerjakan Shalat jika di kerjakan maka akan menambah Pahala yang didapatkannya, tetapi jika tidak dikerjakan (Ditinggalkan) maka tidak akan mendapatkan dosa dan tidak disunnahkan untuk melakukan Sujud Sahwi serta tidak akan membatalkan Shalat yg sedang dikerjakan.

Hanya saja sangat disayangkan sekali jika kalian Muslim Muslimah saat mengerjakan Shalat tidak membaca Suratan Al Qur’an setelah membaca Surat Al Fatihah di Raka’at Kesatu dan Raka’at Kedua, karena dengan tidak membaca Suratan Al Qur’an itu maka kalian tidak mendapatkan Pahala Sunnah Haiat saat mengerjakan Shalat. Oleh karena itu sangat bijak sekali jika kalian mulai menghafalkan Bacaan Surat – Surat Pendek di dalam Al Quran yg telah kami buatkan dibawah ini, yang nantinya bisa kalian amalkan dan bacakan setelah membaca Surat Al Fatihah agar bisa mendapatkan Pahala Sunnah Haiat saat kalian mengerjakan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Kemudian dibawah ini telah kami tuliskan 11 Ayat – Ayat Pendek Al Qur’an secara urut dari yang mempunyai Jumlah Ayat Sebanyak 3 Ayat seperti Surat Al Asr, Surat An Nasr dan Surat Al Kausar. Lalu Suratan dengan Jumlah Ayat sebanyak 4 Ayat seperti Surat Al Ikhlas dan Surat Quraisy, Suratan dengan Jumlah Ayat sebanyak 5 Ayat seperti Surat Al Lahab, Surat Al Fil, Surat Al Qadr dan Surat Al Falaq serta Suratan Al Qur’an yang mempunyai jumlah Ayat sebanyak 6 Ayat yang antara lain Surat An Nas dan Surat Al Kafirun.

Bacaan Suratan Pendek Al Qur’an Terdiri 3 Ayat

Surat Pendek Al Ashr Terjemahan

Surat Al Asr merupakan Surat ke 103 dari Al Qur’an dan Surat Al Asr ini termasuk kedalam Surat Makkiyah (Surat yang diturunkan di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah) yang terdiri dari 3 (Tiga) Ayat.

Suratan Al – Asr ini menjelaskan bahwa sesungguhnya semua Umat Manusia itu berada dlm keadaan yang merugi kecuali dia termasuk kedalam orang – orang yang selalu beramal saleh, saling menasehati dlm kesabaran dan kebenaran.

Surah Pendek An Nasr didalam Al Qur'an

Surat Singkat Al Qur’an An Nasr terdiri dari 3 Ayat yang merupakan Surat ke 110 dalam Al Qur’an dan termasuk kedalam Surat Madaniyah ( Suratan yang diturunkan di Kota Madinah setelah Nabi Muhammad SAW Hijriah dari Mekkah ke Madinah). Lalu Surat An Nasr menjelaskan bahwa Janji Pertolongan Allah SWT akan datang dan Islam akan memperoleh kemenangan.

Suratan Pendek Al Kautsar di Al Qur'an

Surah Pendek Al Qur’an Al – Kautsar ini merupakan surat ke 108 didalam Al Qur’an yang mempunyai Jumlah Ayat sebanyak 3 Ayat dan termasuk kedalam Surat Makkiyah (Surat yang diturunkan di Kota Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah).

Pokok dari Isi Surat Al Kautsar ialah perintah mengerjakan Shalat dan berkorban karena Allah SWT telah memberikan banyak kenikmatan untuk mereka yg beriman, sedangkan para Kafir pembenci Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa keturunan Nabi Muhammad SAW terputus karena semua Putra Nabi Muhammad SAW Wafat maka sesungguhnya mereka lah yang terputus.

Bacaan Surat Pendek Al Qur’an Terdiri 4 Ayat

Ayat Pendek Al Qur'an Surat Al Quraisy

Surat Pendek Al Qur’an selanjutnya ialah Surat Al Quraisy karena Surat Al Quraisy terdiri dari Empat Ayat yang merupakan Surat ke 106 di dalam Al Qur’an dan tergolong kedalam Surat Makkiyah. Pokok Isi dari Surat Al Quraisy ini adalah menjelaskan kehidupan Orang Quraisy dan kewajiban – kewajiban yang seharus-nya mereka penuhi.

Ayat Pendek Al Ikhlas di Al Qur'an

Suratan Al Qur’an Yang Pendek diatas ialah Surat Al Ikhlas yang termasuk kedalam Surat Makkiyah dan merupakan surat ke 112 Al Qur’an yang terdiri dari Empat Ayat didalamnya. Lalu Pokok Surat Al Ikhlas ini adalah menegaskan keesaan Allah SWT dan menolak segala bentuk penyekutuan terhadapnya (menolak segala bentuk Musyrik).

Bacaan Surah Pendek Al Qur’an Terdiri 5 Ayat

Surat Al Lahab Terjemahan Lengkap

Surat Al Qur’an Yang Pendek diatas ialah Surat Al Lahab yang mempunyai Jumlah Ayat sebanyak Lima Ayat dan termasuk kedalam Surat Makkiyah yang merupakan Surat ke 111 didalam Al Qur’an. Lalu Pokok Isi Surat Al Lahab ini adalah berisi tentang Paman Nabi Muhammad SAW yang bernama Abu Lahab dan Istrinya yang diancam dg Siksa Neraka.

bacaan al qur'an surat al fil

Surat Pendek Al Qur’an selanjutnya yang bisa dibacakan oleh kalian saat mengerjakan Shalat ialah Surat Al Fil yang merupakan Surat ke 105 di dalam Al Qur’an dan termasuk kedalam Surat Makkiyah dengan Jumlah Ayat sebanyak Lima Ayat. Topik Surat Al Fil ini adalah Kisah Gagalnya usaha menghancurkan Ka’bah yang dilakukan oleh Abrahah (Raja Yaman) beserta 60.000 bala tentaranya termasuk diantaranya 13 Gajah didalamnya.

surat pendek al qur'an suratan al qadr ayat 1 - 5

Surat Pendek Al Qur’an diatas ialah Surat Al Qadr yang termasuk kedalam Surat Makkiyah dan terdiri dari Lima Ayat didalamnya. Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 ini menjelaskan tentang Malam Kemuliaan (Lailatul Qadar) dan turunnya Al Qur’an di malam Kemuliaan (Lailatul Qadar).

ayat al qur'an surat al falaq

Bacaan Surat Pendek Al Qur’an diatas ialah Surat Al Falaq yang merupakan Surat ke 113 dalam Al Qur’an yang terdiri dari Lima Ayat dan termasuk kedalam Surat Makkiyah. Pokok Kandungan Surat Al Falaq ini adalah perintah supaya Umat Manusia senantiasa Memohon Perlindungan kepada Allah SWT dlm menghadapi segala keburukan yg tersembunyi.

Bacaan Surat Pendek Al Qur’an Terdiri 6 Ayat

ayat pendek didalam al qur'an surat al kafirun

Bacaan Suratan Pendek Dalam Al Qur’an diatas ialah Surat Al Kafirun yang mempunyai Jumlah Ayat sebanyak Enam Ayat dan tergolong kedalam Surat Makkiyah. Kandungan Surat Al Kafirun tersebut ialah tidak di izinkannya kompromi dlm bentuk mencampur adukan ajaran agama.

suratan pendek al qur'an surat an naas

Bacaan Surah Pendek dalam Al Qur’an diatas ialah Surah An Naas yang merupakan Surah ke 114 dalam Al Qur’an dan tergolong dari Surah Makkiyah. Lalu Kandungan Isi Surah An Naas tersebut ialah Anjuran agar Manusia memohon perlindungan kepada Allah SWT terhadap pengaruh hasutan (Godaan) Jahat Setan yg menyelinap didalam diri.

Itulah Kumpulan Surat – Surat Pendek Al Qur’an yang bisa kalian bacakan setelah kalian membaca Surat Al Fatihah saat mengerjakan Shalat Wajib 5 Waktu ataupun Shalat Sunnah karena sekali lagi Hukum Membaca Suratan Al Qur’an setelah membaca Surat Al Fatihah ialah Sunnah sehingga akan mendapatkan Pahala jika dibacakan atau diamalkan oleh kalian sebagai seorang Muslim.

Mungkin cukup sekian saja pembahasan kali ini dan semoga saja apa yang sudah dituliskan di artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian para pembaca yang notabenya Masyarakat Indonesia khususnya para Muslim dan Muslimah. Sebagai tambahan saja untuk kalian bahwa sebaiknya kalian setelah selesai mengerjakan Shalat maka sebaiknya membaca Dzikir Setelah Sholat karena Keutamaan Berdzikir sangatlah banyak dan akan menambahkan pahala yang bisa kalian dapatkan dan sudah menjadi tugas sesama muslim untuk mengingatkan dan memberikan informasi atau ilmu yang bermanfaat bagi sesama Muslim.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , , ,