Syarat – Syarat Menjadi Imam Shalat di Islam

Wednesday, April 1st 2015. | Ajaran Islam
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Imam Shalat – Pengertian Imam Shalat sendiri ialah Seorang muslim yg ditugaskan untuk memimpin mengerjakan Shalat baik Shalat Wajib maupun Shalat lainnya yang dilakukan secara bersama – sama yang terdiri dari beberapa orang – orang Muslim baik perempuan maupun laki – laki yang sekurang – kurangnya atau minimal terdiri dari 2 (Dua) orang dan maksimal tidak terbatas. Hal tersebut bisa di katakan juga dg Shalat secara berjamaah, hanya saja posisinya menjadi seorang Imam.

Sedangkan untuk Hukum Shalat Jamaah bagi kaum Laki – Laki maupun perempuan ialah Sunah dan Shalat memang lebih baik dilakukan dg Berjamaah dari pada sendiri – sendiri, hal ini seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg membahas tentang Keutamaan Shalat Berjamaah seperti, ” Shalat Berjamaah itu lebih baik dan utama daripada shalat sendirian dg 27 derajat. ” dan ” Manusia yg paling besar pahalanya dlm shalat ialah yg paling jauh perjalanya, lalu yg selajutnya. Dan seseorang yg menunggu shalat hingga melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya daripada yg melakukan sendirian lalu tidur (HR. Muslim) ”.

Melihat sabda Nabi Muhammad Saw tentang Keutamaan Shalat Jamaah diatas maka kita menjadi tahu bahwa Shalat Berjamaah memang sangat penting sehingga mulai dari sekarang kita diharuskan untuk melakukan Shalat secara Berjamaah dan jika anda mampu dan pantas menjadi seorang Imam maka lakukan lah karena Manfaat Imam Shalat dan Pahala Imam Shalat yg didapat sangat besar.

Syarat – Syarat Menjadi Imam Shalat di Islam

imam shalat di islam terlengkap

Bacaan Niat Shalat Sebagai Imam

Jika anda ingin menjadi Imam Sholat maka bacaan Niat Imam Shalat seperti dibawah ini (Contoh Niat Shalat Maghrib).


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Niat Sholat Sebagai Imam

Syarat – Syarat Imam Shalat

Syarat Utama menjadi Imam Shalot seperti disebutkan dalam kitab Fiqh Al Islami Wa karya Syaikh Wahbah Al Zuhaili antara lain, ” Islam, Berakal, Baligh, Laki – Laki, Suci dari Hadats, Bagus Bacaan dan Rukunnya, Bukan Makmum, Sehat dan belum tua serta Lidahnya Fasih dapat mengucapakan Lafal Arab dg Tepat dan jelas.

Sabda Nabi Muhammad Saw , ” Jika ada 3 (Tiga) Orang, maka hendaklah memilih salah seorang di antara mereka menjadi imam dan yg paling berhak diantara mereka ialah yg paling bagus bacaannya (HR. Muslim) ”.

Yang Boleh Menjadi Imam Shalat

” Laki – Laki makmum kepada laki – laki, Perempuan makmum kpd Laki – Laki, Perempuan makmum kpd Perempuan, Banci makmum kpd Laki – Laki dan perempuan makmum kpd banci ”. dan yang tidak boleh menjadi Imam ialah, ” Laki – laki makmum kpd Banci, Laki – Laki makmum kpd Perempuan dan Banci makmum kepada Banci. Kemudian Perlu kalian pahami disini bahwa untuk Pengertian Banci menurut para ulama ialah seseorang yg tidak diketahui apakah dia laki – laki atau perempuan karena dia memiliki dua alat kelamin antara alat kelamin pria dan alat kelamin wanita yg sama – sama berfungsi dg baik, dlm hal ini telah dijelaskan didlm As Syarh Al Mumthi yg menyatakan,

penjelasan banci di islam

Sifat – Sifat Imam Shalat di Islam

Mempunyai Hafalan Al Qur’an yg cukup dan Bacaan yg bagus, Mengetahui Sunah – Sunah nabi Muhammad Saw, mempunyai Bacaan yang baik, Memiliki Aqidah yg benar terlebih jika dia juga seorang Khatib dan Memiliki kemampuan untuk berkhutbah yg beratsar pd pendengar.

Itulah penjelasan yg dapat kami berikan kepada anda terkait Pengertian dan Syarat Imam Shalat dan jika anda ingin atau berminat menjadi Imam maka hendaknya perbaiki akhlak anda dan yang paling penting perbaiki cara membaca Lafal bahasa Arab anda sehingga menjadi Fasih dlm membaca Bacaan Shalat dan Ayat – Ayat kitab suci Al Qur’an.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,