Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Syarat Sah Shalat di Agama Islam

Sunday, February 22nd 2015. | Shalat Wajib
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Syarat Shalat – Syarat Sah dalam Shalat merupakan salah satu yang dapat menghasilkan Shalat yang benar dan menghalalkan suatu shalat karena jika kita sebagai seorang muslim jika tidak menuruti apa yang ada didlm Syarat Shalat yg sudah ditetapkan di ajaran Islam maka suatu Shalat yg kita kerjakan akan batal atau percuma atau tidak mendapatkan pahala.

Jadi ada baiknya jika anda sebagai umat Muslim harus mengetahui secara jelas dan detail apa saja yang ada didlm Syarat – Syarat Shalat sehingga khualitas dan hasil shalat yg anda kerjakan mendapatkan pahala dan ridha dari Alloh SWT serta Shalat yg sudah kita kerjakan tidak mengalami kemubahan jika kita sudah mengetahui tata cara Shalatnya.

 Macam – Macam Syarat Sah Shalat

syarat sah dlm shalat

Syarat – Syarat Shalat

Ada beberapa Syarat – Syarat Shalat yg harus anda ketahui dan diperhatikan secara jelas akan maksudnya sehingga anda bisa melaksanakan Shalat dg baik dan benar. Adapun Syarat – Syarat Shalat tersebut antara lain :

1. Beragama Islam

2. Sudah Baligh / Dewasa dan Berakal


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

3. Suci dari Hadats

4. Suci Seluruh Anggota Badan

5. Menutup Aurat

6. Masuk Waktu Shalat

7. Menghadap Kiblat

8. Mengetahui Rukun dan Sunnah

Penjelasan Syarat Sah Shalat

1. Beragama Islam

Tentunya Syarat Shalat yg pertama adalah seseorang yg telah beragama Islam karena jika seseorang yg melakukan Shalat itu belum masuk islam atau bukan beragama Islam maka Shalat tersebut mubah (tak ada arti apa – apa). Seperti firman Alloh SWT pd surat Ali-Imran : 85 yang berbunyii ” Barang siapa mencarii agama selain Agama Islam maka sekali kali tidaklah akan diterima agama itu daripada-nya dan dia di akherat nanti termasuk tergolong orang2 yg merugi (Ali-Imran : 85)”.

2. Sudah Baligh dan Berakal

Maksud dari Baligh dan Berakal adalah sudah cukup umur ( Dewasa ) dan Sehat pikirannya tidaklah Gila untuk melakukan Shalat, adapun minimal umur sudah Baligh seperti yang ada di Hadist Nabi Muhammad Saw yang berbunyi : “ Perintahkan anak2mu mengerjakan Shalat di waktu usia mereka meningkat 7 (tujuh) tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukan Shalat di waktu mereka meningkat usia 10 tahun (HR. Abu Dawud)”..

3. Suci dari hadats

Maksud dari hadast adalah sebelum melakukan Shalat kita harus mensucikan dari segala macam Hadats seperti contoh kita harus junub dulu jika kita sudah selesai Menstruasi (Wanita) dan mengeluarkan mani (pria) baik bersetubuh dg istri kita ataupun mimpi basah sebelum melakukan Shalat serta jika hadats kecil bisa disucikan dg menyuci yg terkena Hadast dan langsung mengambil Wudhu. Sesuai dg Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : “ Allah tidak akan menerima Shalat tanpa bersuci (HR. Muslim) dan Allah jg tidak akan menerima Shalat orang yg berhadats hingga dia berwudlu (Muttafaqun’alaih)”..

4. Suci Anggota Badan, Pakaian dan Tempat

Sebelum melakukan Shalat ada  baiknya jika kita sudah mandi, keadaan Pakaian atau baju sudah bersih terhindar dari segala macam kotoran dan Tempat untuk melakukan ibadah Shalat juga sudah bersih dari segala macam najis.

5. Menutup Aurat

Untuk laki – laki auratnya antara pusat dan lutut sedangkan untuk wanita seluruh anggota badan’nya kecualii muka & dua belah tapak tangan. Adapun Sabda Nabi Muhammad Saw tentang Aurat yg berbunyi : “ Allah tidak akan menerima Shalat kaum wanita yg telah Haidh / Menstruasi yakni yg telah baligh kecuali dg khimar ( pakaian yg menutup seluruh tubuh seperti mukenah)”..

6. Masuk Waktu Shalat

Masuk Shalat yg telah ditentukan untk masing – masing Shalat. Seperti pada firman Alloh SWT yg berbunyi : “ Sesungguhnya Shalat itu adlah kewajiban yg ditentukan waktunya atas orang2 yg beriman (QS : An – Nisa : 103)”. Dan “ Dirikanlah shalat dari sesudah tergelincirnya matahari sampai gelap malam dan dirikanlah pula shalat subuh sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat ( QS : Al-Israa : 78)”..

7. Menghadap Ke Kiblat

Seperti Firman Alloh dalam Alquran (QS : Al-Baqarah : 144) yang berbunyi : “Sungguh kami melihat wajahmu sering menengadah ke langiit, maka sungguh kami akan memaliingkan km ke kiblat yg kamu sukai. Palingkanlah wajahmu kearah Masjidil-Haram dan dimana saja kaliman berada maka palingkanlah wajah kalian ke arah-nya (QS: Al-Baqarah : 144)..

8. Yang terakhir adalah mengetahui yang mana yg rukun dan mana yg sunat / sunah.

Cukup Sekian postingan kali ini yg membahas tentang Syarat – Syarat Sah Shalat semoga bermanfaat dan berguna bagi anda semua para pengunjung yg beriman. Wassalam..


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,