Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Penjelasan Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Friday, May 1st 2015. | Berpuasa
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Syarat Wajib Puasa – Pengertian Syarat Wajib Puasa adalah Syarat – Syarat yg harus di jalankan atau yg harus ada oleh seseorang yg akan mengerjakan Puasa baik itu Puasa Senin Kamis atau Puasa di Bulan Ramadhan karena kita sebagai seorang muslim harus benar – benar mengetahui Syarat – Syarat Wajib Puasa sehingga kadar atau Kwalitas Puasa kita benar – benar baik dan tidak mahruh, Mubah, ataupun Mubazir.

Bisa dikatakan bahwa orang – orang yg tidak masuk kedalam kriteria Syarat Wajib Mengerjakan Puasa maka seseorang tersebut tidak diwajibkan untuk melakukan Puasa Ramadhan karena perlu anda ketahui bahwa Hukum Berpuasa di Bulan Ramadhan ialah Wajib dan Manfaat Puasa Ramadhan itu banyak sekali baik untuk kesehatan kita maupun dari segi pahala dan ibadah sehingga sangat disayangkan jika kita dalam menjalani Puasa Ramadhan tidak dg sungguh – sungguh. Untuk itu disini saya akan menjelaskan macam – macam Syarat Wajib Puasa di Islam yg bisa anda pelajari dan sebagai tambahan ilmu baru untuk anda.

Penjelasan Syarat Wajib Puasa di Bulan Ramadhan

syarat wajib puasa terlengkap

Disini saya akan menjelaskan apa saja yang masuk kedalam Syarat – Syarat Wajib Puasa dan Jenis Syarat Wajib Puasa di Bulan Ramadhan secara lengkap dan jelas, yang pertama ialah Islam karena jika seseorang yg mengerjakan Puasa Ramadhan atau Puasa lainnya yg bukan beragama Islam maka sudah sangat jelas bahwa Puasa yg mereka lakukan itu tidak ada gunanya dan tidak mendapatkan pahala dari Alloh Swt.

Lalu Ketentuan Syarat Wajib Puasa yg kedua ialah Baligh atau cukup umur sehingga tidak diwajibkan berpuasa untuk anak kecil, adapun ciri – ciri anak sudah Baligh atau Cukup Umur ditandai dg keluarnya air mani ketika sadar ataupun sedang tertidur dan tumbuhnya bulu di kemaluannya. Adapun batas umur sudah dikategorikan Baligh atau Cukup Umur yaitu ketika sudah umur 7 tahun sudah mampu dan ketika usia 10 tahun tidak mampu berpuasa maka boleh dipukul anak tersebut (Al Iqna).

Sedangkan untuk Syarat Wajib Berpuasa Ramadhan yang ketiga adalah Berakal (Sehat Jasmani dan Rohani) karena jika seseorang yg gila akalnya, pingsan dan tidak sadarkan diri karena mabuk atau kelelahan maka tidak diwajibkan atas mereka untuk berpuasa ramadhan dan Syarat Wajib Puasa yg keempat ialah mampu untuk menjalankan puasa karena jika orang yg sedang mengalami sakit berat atau berada di dalam usia senja atau sakitnya tidak kunjung untuk sembuh maka tidak diwajibkan untuk berpuasa.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,