Lafal, Teks dan Bacaan Ijab Kabul Bahasa Indonesia Arab

Teks Bacaan Ijab Kabul – Pengertian dan Maksud dari Ijab Kabul didalam Pernikahan Islam ialah suatu ucapan yang dilakukan oleh Orang Tua (Wali) mempelai Perempuan kepada Calon Mempelai Laki – Laki didalam Proses Pernikahan Putrinya, bisa dikatakan bahwa proses Ijab Kabul merupakan ucapan sepakat antara kedua belah pihak antara Wali Nikah Mempelai Wanita dengan Mempelai Laki – Laki dan biasanya terdapat Mahar didalamnya seperti contohnya Seperangkat Alat Shalat.

Kemudian untuk Hukum Membaca Ijab Kabul (Akad Nikah) didalam Pernikahan Islam ialah Wajib dilakukan atau Wajib dibacakan dan hal tersebut dikarenakan Ijab dan Kabul (Akad Nikah) merupakan termasuk kedalam Rukun Nikah yang harus dilakukan. Adapun untuk Rukun Dalam Nikah sendiri antara lain terdapat Pengantin Laki – Laki (Suami), terdapat Pengantin Perempuan (Istri), terdapat Wali, terdapat Dua Orang Saksi Lelaki dan Ijab Kabul (Akad Nikah).

Oleh karena itu dengan melihat Rukun Nikah Dalam Islam diatas maka sudah bisa dipastikan bahwa jika Ijab Qobul tidak dilakukan atau tidak dibacakan maka pernikahan tersebut tidaklah Sah dan hal itu pun berlaku untuk Rukun Nikah yang lainnya sehingga bagi kalian Muslim dan Muslimah yang akan Menikah harus benar – benar memahami Syarat Sah dan Rukun Nikah itu apa saja, tujuannya agar pernikahan yang dilangsungkan akan Sah.

Teks Bacaan Ijab Kabul Dalam Bahasa Indonesia dan Arab

bacaan ijab kabul dalam islam

Lalu muncul pertanyaan Bolehkah Ijab Kabul dibacakan selain dengan Bahasa Arab, atau bolehkan Akad Nikah dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia jika seorang Muslim tidak bisa menggunakan Bahasa Arab untuk melakukan Proses Akad Nikah (Ijab Kabul) menggunakan Bahasa Arab ??

Jawabannya adalah menurut pendapat Mazhab Hanafiyah dan Syafi’iyah mengatakan bahwa Akad Nikah (Ijab Kabul) tetap SAH dengan Bahasa apapun, meskipun orangnya dapat berbahasa Arab. Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qudamah mengatakan bahwa Kedudukan Bahasa Non Arab (Bahasa Indonesia) dengan Bahasa Arab sama saja karena orang yg memakai Bahasa selain Bahasa Arab dalam Proses Ijab Qobul mempunyai maksud yg sama dg orang yang Berbahasa Arab.

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa didalam Proses Ijab Qabul (Akad Nikah) bisa menggunakan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia maupun Bahasa yang lain seperti Bahasa Inggris, hanya saja lebih baik jika memakai Bahasa Arab. Tetapi jika menggunakan Bahasa yang lain (Bahasa Indonesia) maka Ijab Kabul Pernikahan tersebut tetap SAH karena yang terpenting ialah Syarat Sah dan Rukun Nikah harus ada.

Lafal Ijab Kabul Dalam Bahasa Arab

bacaan ijab qobul bahasa arab

Bacaan Ijab Kabul Dalam Bahasa Indonesia

Bacaan Ijab Kabul Bahasa Indonesia

Teks Ijab Kabul Dalam Bahasa Inggris

bacaan ijab qabul bahasa inggris

Itulah Lafal, Teks dan Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang bisa kalian hafalkan saat kalian melakukan Proses Pernikahan Dalam Islam. Mungkin sedikit Tips saja kepada kalian Calon Pengantin Pria bahwa saat melakukan Ijab Kabul diusahakan Tarik Nafas Panjang Dulu dan membaca Bismillah biar tidak merasakan Grogi karena biasanya Calon Mempelai Laki – Laki merasa Grogi (Gugup) saat melakukan Ijab Kabul sehingga ada Kata – Kata (Kalimat) yang salah dlm pengucapannya dan berdampak pada Proses Akad Nikahnya yang diulang karena Belum SAH.

Mungkin seperti itu saja penjelasan tentang Bacaan Ijab Kabul Pernikahan Islam dan semoga pembahasan Ijab Kabul ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena saya pribadi sebagai penulis meyakini masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang masih belum hafal dan ingin mengetahui Lafal Bacaan Ijab Qabul Pernikahan Dalam Islam.

Lafal, Teks dan Bacaan Ijab Kabul Bahasa Indonesia Arab | Rukun | 4.5