Kapan Waktu Nuzulul Qur’an Terjadi di Ajaran Islam

Waktu Nuzulul Qur’an – Pengertian tentang Nuzulul Qur’an atau Malam Nuzulul Al Qur’an didalam Islam ialah Malam dimana diturunkan Al Qur’an sebagai Kitab Suci Agama Islam oleh Allah SWT, melalui Malaikat Jibril dan diberikan (Diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan Nabi dan Rosul Terakhir. Lalu untuk Wahyu Pertama yang diturunkan (Diwahyukan) oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW ialah Surat Al-Falaq Ayat 1 sampai 5 dan waktu itu Nabi Muhammad SAW sedang berdiam diri di Gua Hira saat diberikan Wahyu Pertama oleh Malaikat Jibril.

Oleh karena itu Peristiwa Malam Nuzulul Qur’an ini sangatlah penting didalam Agama Islam karena Al Qur’an merupakan Kitab Suci yang diberikan oleh Allah SWT untuk seluruh Umat Manusia dan Al Qur’an ini sangatlah istimewa karena Al Qur’an diturunkan sebagai Petunjuk, Cahaya, Rahmat dan Perniagaan yang tak akan merugi. Adapun Keistimewaan Al Qur’an ini telah banyak dijelaskan didalam Firman Allah SWT seperti yang berbunyi, ” Dan kami turunkan dari Al Qur’an suatu yg menjadi penawar dan Rahmat bagi orang2 yg beriman dan Al Qur’an itu tidak-lah menambah kpd orang2 yg zalim selain kerugian (QS. Al Isra : Ayat 82) ”.

Sedangkan didalam Surat Al Isra Ayat 9 yang berbunyi, ” Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan Petunjuk kpd Jalan yg lebih lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang2 Muk’min yg mengerjakan Amal Shaleh bahwa bagi mereka ada pahala yg besar (QS. Al – Isra : Ayat 9) ”. Lalu didalam Surat Al Baqarah Ayat 1 – 2 yang berbunyi, ” Alif Lam Lim. Inilah Kitab yg tidak ada sedikit pun keraguan pada-nya. Petunjuk bagi orang2 yg bertaqwa (QS. Al-Baqarah : Ayat 1 -2) ”.

Dan tentunya masih banyak lagi Firman Allah SWT didalam Al Qur’an yang menerangkan dan menjelaskan betapa istimewanya Kitab Suci Al Qur’an ini sehingga perlu ditekankan kepada kalian seluruh Umat Muslim Muslimah bahwa sangat baik dan bagus sekali bagi kalian untuk mengkhatamkan Al Qur’an ataupun membaca Al Qur’an karena menurut Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa Al Qur’an akan berguna sebagai Syafa’at di hari Akhir (Kiamat) kelak.

Kapan Waktu Nuzulul Qur’an di Ajaran Islam

waktu nuzulul qur'an

Kemudian untuk perihal Waktu Nuzulul Qur’an (Waktu Al Qur’an Diturunkan) itu terjadi di Bulan Ramadhan karena didalam Al Qur’an sendiri sudah menjelaskan secara lengkap dan sudah banyak Suratan didalam Al Qur’an yang menjawab Kapan Malam Nuzulul Qur’an Terjadi. Sebagai bukti didalam Surat Al Baqarah Ayat 185 yang berbunyi :

Bulan Ramadhan, Bulan yg di dlmnya diturunkan permulaan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi Manusia dan penjelasan2 mengenai Petunjuk itu dan pembeda antara yg hak dan yg batil. Karena itu barang siapa di Antara km hadir (di negeri tempat tinggal-nya) di Bulan itu (Ramadhan), maka hendak-lah dia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dlm perjalanan lalu dia berbuka,

Maka wajiblah baginya berpuasa sebanyak hari yg ditinggalkan-nya itu pada hari2 yg lain. Allah SWT menghendaki kemudahan bagi-mu dan tidak menghendaki kesukaran bagi kamu. Dan hendak-lah kamu mencukupkan bilangan-nya dan hendak-lah kamu mengagungkan Allah SWT atas petunjuk-nya yg diberikan kepada-mu agar km bersukur (QS. Al Baqarah : Ayat 185) ”.

Sedangkan didalam Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 pun telah menerangkan bahwa Waktu Nuzulul Qur’an terjadi di Bulan Ramadhan yakni di Malam Kemuliaan (Malam Lailatul Qadar) dan Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 yg berbunyi, ” Sesungguhnya kami telah menurunkan-nya (Al-Qur’an) pada Malam Kemuliaan, dan sudahkah engkau mengetahui apakah Malam Kemuliaan itu, Malam Kemuliaan itu lebih utama dari Seribu Bulan (Lailatul Qadar), pada malam itu Turun Malaikat2 dan Ar Ruh dg Izin Allah SWT untuk mengatur urusan, Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar (QS. Al-Qadr : Ayat 1 – 5) ”.

Oleh sebab itu sudah sangat jelas bahwa Waktu Terjadinya Nuzulul Qur’an atau Waktu Pertama Kali Wahyu Diturunkan Kepada Nabi Muhammad SAW itu terjadi di Bulan Ramadhan dan lebih tepatnya terjadi di Malam Kemuliaan dari Seribu Bulan yakni Malam Lailatul Qadar. Adapun didalam Cara Memperingati Nuzulul Qur’an ini yang sangat baik dan bijak ialah dengan membaca Doa Malam Nuzulul Qur’an atau membaca Al Qur’an maupun mengkhatamkan Al Qur’an, bukan hanya dengan ber Seremoni (Perayaan) malam Nuzulul Qur’an saja.

Karena bisa dibayangkan secara logika bahwa membaca Al Qur’an dihari – hari biasa sendiri sudah mendapatkan Pahala yang banyak, apalagi jika dibacakan atau dikhatamkan di Bulan Ramadhan dimana Bulan tersebut sangat istimewa, bulan dimana terdapat banyak sekali keberkahan dan Ampunan. Belum lagi membaca Al Qur’an di Malam Lailatul Qadar yang merupakan Malam Kemuliaan dari Seribu Bulan yang tentunya akan mendapatkan Pahala yang berlipat ganda.

Kapan Waktu Nuzulul Qur’an Terjadi di Ajaran Islam | Rukun | 4.5