Waktu Terbaik Sholat Hajat,Lengkap Dengan Niat Sholat Hajat

Thursday, October 12th 2017. | Shalat Hajat
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Waktu Terbaik Sholat Hajat | Sudah semestinya sebagai manusia yang hidup di bumi memiliki urusan yang sedang dihadapi. Tak jarang sebagai seorang muslim memiliki keinginan, maksud, dan juga tujuan yang ingin dicapai baik dalam urusan duniawi maupun akhirat. Seperti halnya dengan sholat sunnah yang lain, sholat hajat memiliki keutamaan yang khusus. Salah satunya adalah Allah SWT akan mengabulkan doa permintaan hamba tersebut dan memasukkan ia ke dalam surga. Namun, untuk mencapai keutamaan tersebut, anda seharusnya mengetahui waktu terbaik mengerjakan sholat hajat. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sholat hajat ini digunakan untuk sarana ibadah meminta permintaan kepada Allah SWT.

waktu terbaik sholat hajat

Hajat manusia di muka bumi sungguhlah beragam baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Keinginan seseorang dalam hal jodoh, pekerjaan, dan lain sebagaimana. Asalkan seorang hamba tersebut tetap sabar dan juga bertawakal, Allah SWT akan mengabulkan permintaan kita tersebut. Amalan sholat hajat mustajab juga pernah terjadi pada jaman Rasulullah SAW, seperti :

Keledai yang hidup kembali

Berdasarkan hadist riwayat Baihaqi yang ceritanya dinyatakan shahih menyatakan bahwa :


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak

Kisah yang satu ini menyatakan bahwa ada seseorang yang meminta sesuatu kepada Utsman bin Affan akan tetapi beliau menolak. Kemudian orang ini bertemu dengan Utsman bin Hunaif untuk mengadukan masalahnya. Utsman bin Hunaif memerintahkan dirinya untuk menunaikan sholat hajat lalu ia pun mengerjakannya. Setelah itu, ia pergi untuk menemui kembali Utsman bin Affan dan tak disangka beliau pun mengabulkan permintaan seseorang tersebut.

Menurut hadist riwayat tirmidzi juga terdapat kisah tunanetra yang sembuh dari penyakitnya setelah ia menunaikan ibadah sholat hajat.

Waktu Terbaik Sholat Hajat

Waktu pelaksanaan sholat hajat dapat dikerjakan pada siang hari ataupun pada malam hari. Walaupun sholat hajat ini dapat dilakukan pada beberapa waktu, beberapa ulama menyarankan waktu terbaik sholat hajat adalah waktu sepertiga malam atau sama seperti sholat tahajjud, yaitu sekitar pukul 01.00 sampai dengan sebelum waktu subuh tiba. Alasannya karena pada pukul tersebut orang-orang sedang terlelap dan sebuah usaha yang lebih ketika seorang hamba bangun dari tidurnya dan melaksanakan sholat sunnah untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

Namun, anda juga harus memperhatikan waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat, seperti saat matahari terbit, saat tengah matahari meninggi, dan juga saat terbenamnya matahari yang akan memasuki waktu sholat maghrib. Sholat hajat ini dapat dilakukan minimal dua raka’at. Anda juga bisa menambahkan raka’at sholat hajat menjadi 4 raka’at, 6 sampai dengan 12 raka’at. Pelaksanaannya adalah setiap 2 raka’at diikuti oleh satu salam.

Tata cara melaksanakan sholat hajjat sama seperti sholat sunnah lainnya, yaitu diawali dengan niat sholat yang diakhiri dengan salam setelah 2 raka’at. Namun, perbedaannya terletak pada niat sholat hajat. Setelah niat, seorang muslim langsung bertakbiratul ihram dimana gerakannya dan bacaannya sama seperti sholat wajib atau sunnah pada umumnya. Pelaksanaan sunnah yang lain dianjurkan bagi anda yang mengerjakan sholat hajat untuk membaca surat alfatihah (sama sepeti sholat pada umumnya) dan membaca surat pendek Al-Ikhlas pada raka’at pertama dan membaca ayat kursi pada raka’at kedua. Niat sholat hajat adalah sebagai berikut :

niat sholat hajat

Demikianlah ulasan diatas mengenai waktu terbaik sholat hajat yang jarang orang ketahui. Apabila anda memiliki hajat atau keinginan yang sedang ingin dicapai, hendaklah mengerjakan sholat hajat ini dan teta bertawakl kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan permintaan hambaNya. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.


Laporkan Iklan Ini Tidak Layak
tags: , , ,