Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Tahajud di Malam Hari

Waktu Terbaik Sholat Tahajud Sholat Tahajud merupakan salah satu amalan Sholat Sunnah yg baik dan istimewa karena didalamnya terdapat fadilah yang begitu besar, seperti akan mendapatkan Pahala banyak bagi setiap Muslim – Muslimah yang mengerjakannya. Dan perlu kalian ketahui bahwa Sholat Tahajud ini Hukumnya adalah Sunnah Muakkad, yakni Sholat Sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk dikerjakan oleh Setiap Muslim dan Muslimah.

Allah Subhanahu wa ta’ala sendiri sudah memerintahkan untuk mendirikan Sholat Sunnah Tahajud ini, seperti dijelaskan didalam Al-Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 bahwa Allah SWT Berfirman Berbunyi: ” Dan pada sebagian malam hari Sholat Tahajudlah km, sebagai suatu Ibadah Tambahan bagimu. Mudah – Mudahan Tuhan mu mengangkat km ke tempat yg terpuji (QS. Al Isra Ayat 79) ”. Dengan melihat Firman Allah tersebut, maka sudah bisa dikatakan bahwa Sholat Sunnah Tahajud ini dikerjakan sebagai Ibadah Tambahan bagi Kalian, supaya kalian diangkat oleh Allah SWT ke tempat yg terpuji.

Kemudian didalam Sholat Sunnah Tahajud ini bisa dikerjakan dengan Jumlah Raka’at minimal sebanyak 2 Raka’at dan maksimal dikerjakan sebanyak 12 Raka’at sehingga kalian bisa mengerjakan Sholat Tahajud ini dengan Dua Raka’at, Empat Raka’at, Enam Raka’at sampai Dua Belas Raka’at menurut dengan ke ikhlasan kalian sendiri. Hanya saja disetiap Dua Raka’at Sholat Sunnah Tahajud ini terdapat Satu Salam didalamnya sehingga jika kalian akan mengerjakan Sholat Tahajud Empat Raka’at, maka dilakukan sebanyak Dua Kali dan jika dikerjakan dengan Enam Raka’at maka dilakukan sebanyak Tiga Kali.

Waktu Terbaik Sholat Tahajud dan Penjelasannya Lengkap

waktu terbaik sholat tahajud lengkap

Setelah kalian sedikit memahami tentang Sholat Sunnah Tahajud yang telah dijelaskan di atas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud karena pada dasarnya Sholat Sunnah Tahajud ini dilakukan hanya di Malam Hari. Dan untuk Waktu Sholat Tahajud di Malam Hari ini lebih tepatnya dilakukan setelah masuk Waktu Sholat Wajib Isya dan berakhir ketika masuk Waktu Sholat Wajib Subuh, dengan demikian kalian tidak boleh mengerjakan Sholat Sunnah ini di Siang Hari karena Waktu Sholat Sunnah Tahajud ini hanya boleh di lakukan di Malam Hari.

Firman Allah SWT Berbunyi: ” Dan pada sebagian malam hari Sholat Tahajudlah km, sebagai suatu Ibadah Tambahan bagimu. Mudah – Mudahan Tuhan mu mengangkat km ke tempat yg terpuji (QS. Al Isra Ayat 79). Selain itu terdapat Syarat dan Ketentuan Sholat Sunnah Tahajud yang mesti kalian lakukan sebelum mengerjakan Sholat Sunnah ini, yakni kalian harus tidur terlebih dahulu jika akan menunaikan Sholat Sunnah Tahajud, walaupun tidurnya hanya sebentar saja karena jika kalian tidak tidur terlebih dahulu maka Sholat Sunnah tersebut bukanlah Sholat Sunnah Tahajud, melainkan Sholat Sunnah biasa.

Dibawah ini telah saya berikan Waktu Sholat Sunnah Tahajud Yang Baik dan Yang Terbaik karena untuk waktu malam sendiri itu dibedakan menjadi Tiga Macam Waktu Malam, dan mungkin bisa kalian lihat secara langsung ulasannya dibawah ini :

Waktu Sepertiga Malam Pertama

Golongan pembagian waktu yang pertama yaitu waktu antara pukul 19.00 Malam hingga pukul 22.00 Malam. Waktu ini disebut waktu yang baik untuk menunaikan sholat tahajud karena diwaktu ini biasanya kita kondisi kita masih Segar sehingga di waktu ini memungkinkan Kita untuk memperbanyak membaca Dzikir dan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud dengan Fokus dan Khusyu. Namun tentunya dengan ketentuan telah menunaikan sholat isya dan sudah tidur terlebih dahulu, walau hanya tidur sebentar.

Dan mungkin sedikit Saran saja bahwa kalian bisa Tidur terlebih dahulu setelah kalian mengerjakan Sholat Wajib Maghrib karena biasanya Kondisi Tubuh ketika di Jam – Jam Setelah Sholat Maghrib ini gampang sekali untuk tertidur, maka dari itu kalian bisa tidur terlebih dahulu di Jam Setelah Sholat Maghrib dan bangun di Waktu – Waktu Sepertiga Malam Pertama untuk mengerjakan Sholat Isya dan Sholat Tahajud.

Waktu Sepertiga Malam Kedua

Lalu Waktu Terbaik Sholat Tahajud Kedua adalah di Waktu Sepertiga Malam Kedua yaitu waktu antara pukul 22.00 malam hingga pukul 01.00 malam. Waktu ini disebut sebagai waktu sholat tahajud yang lebih utama dibandingkan yang pertama, karena lebih mendekati waktu sepertiga malam yang terakhir dan suasana diwaktu ini tentunya lebih tenang sehingga kalian bisa mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini dengan lebih Fokus dan Khusyu.

Namun sekali lagi kalian harus tidur terlebih dahulu ketika akan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud di Malam Sepertiga Malam Kedua ini. dan saat malam makin mendekati waktu akhir atau menjelang fajar subuh artinya makin besar mendapat kesempatan menemukan banyak ramat dari Allah SWT karena Mengingat pada waktu malam menjelang fajar adalah waktu turunnya rahmat Allah SWT beserta malaikat-malaikat Nya.

Waktu Sepertiga Malam Ketiga atau Terakhir

Kemudian untuk Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Tahajud yang paling utama adalah di waktu sepertiga malam terakhir, yaitu waktu antara 01.00 malam hingga masuknya waktu sholat subuh dan berkumandangnya adzan subuh. Waktu Sepertiga Yang Terakhir ini adalah waktu yang paling utama untuk sholat tahajud karena pada waktu tersebut Allah menurunkan rahmat dengan mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan kepada Nya.

Dan sesuai dengan hadits, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berikut ini : ” Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang-orang yang memohon , pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh ”.

Demikianlah pembahasan mengenai Waktu Terbaik Sholat Tahajud yang bisa kalian pilih dan kerjakan ketika akan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud di Malam Hari ini, namun kesimpulannya adalah kalian bisa dan boleh mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud di Waktu Malam manapun karena yang terpenting adalah dikerjakan setelah masuk waktu sholat isya sampai masuk waktu sholat subuh, selain itu dikerjakan setelah kalian tidur terlebih dahulu walaupun tidurnya hanya sebentar saja.

Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Tahajud di Malam Hari | Rukun Islam | 4.5