Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek

Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek – Sebelum membahas lengkap tentang Dzikir Pendek Setelah Sholat, ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim untuk lebih memahami terlebih dahulu tentang Apa Itu Dzikir didalam Ajaran Islam karena didalam Pengertian Dzikir Menurut Wikipedia Indonesia adalah sebuah Aktivitas Ibadah (Amalan) yang bisa dilakukan dan dibacakan oleh Setiap Muslim – Muslimah dengan cara mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala, diantaranya dengan cara memuji dan menyebut nama – nama Allah Subhanahu wa ta’ala, baik dibacakan secara lirih didalam Mulut maupun didalam Hati.

Adapun untuk Ibadah Dzikir didalam Ajaran Islam sendiri, merupakan salah satu Ibadah (Amalan) yang telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk dilakukan bagi Setiap Muslim dan Muslimah. Dalam aspek ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Kitab Suci Al Qur’an, diantaranya pada Al Qur’an Surat Al Insan Ayat 25 dan Ayat 26 berbunyi : ” Dan sebutlah nama Tuhan mu pada Waktu Pagi dan Petang. Dan pd sebagian dari malam, maka Sujud-lah kepada’nya dan bertasbih-lah kepadanya pada bagian yg panjang di malam hari (QS. Al-Insan Ayat 25 dan Ayat 26) ”.

Selain itu bisa kalian lihat juga Firman Allah Subhanahu wa ta’ala yang lain dalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 41 dan 42 berbunyi : ” Hai Orang2 yg beriman, Berdzikir-lah (dg menyebut nama) Allah, Dzikir yg sebanyak – banyaknya. Dan bertasbih-lah kepada-nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Al-Ahzab Ayat 41 dan 42) ”. Adapun Dalil dan Hadits tentang perintah membaca dzikir sendiri cukup banyak dan salah satunya ada didalam Hadits Shahih dari Muadz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Ahli Surga tidak akan menyesali apapun di dunia ini, kecuali atas waktu yg sudah mereka lalui tanpa Dzikrullah didlmnya (HR. Thabrani Baihaqi) ”.

Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek

wirid dan dzikir pendek setelah sholat lengkap

Kemudian setelah kalian melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa kalian Umat Muslim telah diperintahkan untuk selalu membaca Dzikir, baik di Siang Hari maupun di Malam Hari. Tetapi sangatlah penting sekali bagi kalian Umat Muslim, untuk Berdzikir Setelah Sholat karena hal ini termasuk kedalam Waktu Terbaik Membaca Berdzikir. Maka dari itu dibawah ini telah Penulis berikan tentang Bacaan Dzikir dan Wirid Setelah Sholat Yang Pendek, agar bisa diamalkan sendiri dirumah setelah mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek

lafadz wirid dan dzikir setelah sholat yang pendek

Diatas merupakan Bacaan Dzikir dan Wirid Pendek Setelah Sholat Yang bisa kalian amalkan ataupun bacakan ketika kalian selesai mengerjakan Sholat, baik Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah disetiap harinya. Selain itu tentu saja kalian sebagai Umat Muslim bisa mengamalkan Amalan Ibadah Dzikir Pendek ini disetiap kesempatan, tidak hanya ketika kalian selesai mengerjakan sholat. Tetapi bisa diamalkan ketika kalian mau tidur, bangun tidur, mau berangkat kerja maupun dikesempatan yang lainnya karena sekali lagi Umat Muslim telah diperintahkan Berdzikir untuk mengingat Allah disetiap waktu.

Keutamaan Membaca Dzikir Menurut Hadits

Kemudian sebagai tambahan informasi saja bahwa Keutamaan dan Rahasia Membaca Dzikir itu sangatlah banyak dan dalam hal ini ditulis menurut Hadits – Hadists Shahih sehingga bisa dipercaya dan bisa menjadi referensi kalian agar bisa semakin termotivasi untuk selalu Berdzikir disetiap harinya. Adapun didalam Keutamaan Berdzikir Menurut Hadits antara lain :

Keistimewaan Membaca Dzikir Menurut Hadits Shahih dari Abu Musa Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Perumpamaan orang2 yg berdzikir kepada Allah dan orang2 yg tak berdzikir kepada Allah, itu seperti orang yg hidup dan orang yg mati (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Hadits Shahih lainnya dari Ka’ab bin Ujrah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Kalimat dibelakang yg tak akan menyesal pembacanya maupun yg mengamalkannya disetiap selesai Sholat Wajib ialah Subhanallah 33x, Allahu Akbar 33x dan Alhamdulillah 33x (HR. Muslim) ”.

Selain itu Manfaat Membaca Dzikir Menurut Hadits Shahih dari Syaddad bin Aus Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : ” Barangsiapa mengucapkan Dzikir ini di Siang Hari dlm keadaan yg penuh keyakinan, lalu dia mati di hari itu sebelum sore hari, maka ia termasuk kedalam penghuni surga. Dan barangsiapa yg mengucapkan dzikir ini dimalam hari dlm keadaan yg penuh keyakinan, lalu dia mati sebelum Subuh, maka dia termasuk kedalam penghuni surga (Hadits Shahih Riwayat Muslim) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Bacaan Dzikir Setelah Mengerjakan Sholat Yang Pendek dan Keutamaan Membaca Dzikir Menurut Hadits Shahih. Semoga saja pembahasan tentang Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Pembaca Muslim – Muslimah di Laman Rukun Islam karena sekali lagi Ibadah Dzikir ini termasuk kedalam Amalan Ibadah yang telah diperintahkan untuk dilakukan bagi Setiap Muslim – Muslimah, selain Suratan Pendek Dalam Sholat sehingga sudah sangat bijak bagi kalian Para Muslim – Muslimah untuk memahami dan mengetahuinya agar kalian bisa selalu ingat untuk Berdzikir Setelah Sholat, baik Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah disetiap harinya.

Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek | Rukun | 4.5